Sukses


2 Klub yang Pernah Sabet Treble Winners Domestik di Jepang: Torehan Bersejarah

Bola.com, Jakarta - Treble Winners adalah sebutan untuk klub sepak bola yang mampu meraih tiga gelar sekaligus dalam satu musim.

Biasanya, sebutan ini diberikan kepada mereka yang juara liga dan ajang piala di negara masing-masing, ditambah juara kompetisi kontinental.

Akan tetapi, istilah ini juga kerap digunakan untuk siapa saja yang mampu meraih trigelar dalam semusim.

Di beberapa tempat, ada negara yang memiliki kompetisi domestik tiga atau lebih. Ini memungkinkan bagi sebuah klub untuk meraih teble winners domestik.

Di Inggris misalnya, setiap klub berpeluang meraih gelar Liga Inggris, Piala FA, dan Piala Liga Inggris setiap musim. Hal serupa juga terjadi di Jepang.

Setiap musim, klub-klub di Negeri Sakura berkesempatan meraih tiga gelar juara turnamen domestik sekaligus, yaitu trofi J League, J League Cup, dan Piala Kaisar Jepang.

Meski begitu, sama dengan di tempat lain, meraih trigelar dalam semusim bukanlah perkara mudah.

Sejak era J.League dimulai pada 1993, baru ada dua klub saja yang pernah meraih treble domestik di Negeri Matahari Terbit.

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Kashima Antlers (2000)

Kashima Antlers jadi klub pertama yang meraih treble domestik saat juara J League, J League Cup, dan Piala Kaisar pada musim 2000.

Saat itu, J League masih menggunakan sistem Championship alias laga final kompetisi liga. Kashima Antlers juara J1 League setelah menang 3-0 lawan Yokohama F. Marinos di laga final yang dikenal dengan nama Suntory Championship.

Selain itu, pasukan Rusa Kashima juga juara J.League Cup dengan menang 2-0 lawan Kawasaki Frontale.

Rentetan gelar ini ditutup dengan torehan juara Piala Kaisar Jepang setelah menang 3-2 lawan Shimizu S-Pulse lewat perpanjangan waktu.

Kashima Antlers 2000

  • J League: Kashima Antlers 3-0 Yokohama F. Marinos (Suntory Championship alias final J.League)
  • J League Cup: Kashima Antlers 2-0 Kawasaki Frontale
  • Piala Kaisar: Kashima Antlers 3-2 Shimizu S-Pulse (a.e.t/after extra time)

 

3 dari 3 halaman

Gamba Osaka (2014)

Setelah itu, baru pada musim 2014 ada klub kedua yang mampu meraih prestasi serupa. Gamba Osaka adalah aktornya, menahbiskan diri sebagai salah satu klub terbesar di Jepang.

Musim itu, Gamba Osaka jadi juara J1 League dengan torehan 63 poin, dan menang 3-2 lawan Sanfrecce Hiroshima di final J League Cup.

Terakhir, mereka menang 3-1 lawan Montedio Yamagata di final Piala Kaisar Jepang.

Gamba Osaka 2014

  • J League: 63 poin
  • J League Cup: Gamba Osaka 3-2 Sanfrecce Hiroshima
  • Piala Kaisar:  Gamba Osaka 3-1 Montedio Yamagata

Kini, siapa klub selanjutnya yang akan mampu meraih treble domestik di Jepang?

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer