Sukses


Kylian Mbappe dan 4 Pesepak Bola Eropa yang Berinvestasi di Bidang Teknologi: Digemari Pensiunan Lapangan Hijau

Bola.com, Jakarta - Dunia sepak bola tidak hanya tentang mencetak gol dan memenangkan trofi. Semakin banyak pesepak bola top yang mengalihkan perhatian mereka ke dunia bisnis, khususnya investasi teknologi. Salah satunya adalah Kylian Mbappe.

Beberapa tahun terakhir, makin menarik melihat banyaknya pesepak bola yang memutarkan kekayaan untuk berinvestasi di bidang teknologi.

Tren ini terbilang baru, mengingat dulu pemain lebih suka membeli aset terlihat, seperti properti, barang mewah, dan lainnya.

Salah satu nama besar yang baru-baru ini bergabung dalam tren ini adalah Kylian Mbappe. Bintang Real Madrid dan Timnas Prancis itu dilaporkan telah membeli saham di perusahaan elektronik mewah asal Jerman, Loewe Technology. 

Investasi ini dilakukan melalui perusahaan investasinya, Coalition Capital. Laporan ini makin mengukuhkan posisi Kylian Mbappe dalam daftar salah satu atlet dengan portofolio investasi paling menggiurkan di dunia.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Profil Loewe Technology

Loewe Technology adalah perusahaan yang bergerak di bidang elektronik mewah. Berdiri sejak 1923 di Berlin, Jerman, hingga kini Loewe berkembang pesat serta memiliki rencana bisnis yang terbilang ambisius bagi perusahaan teknologi.

Dalam beberapa tahun ke depan, perusahaan ini saja telah menargetkan tingkat keuntungan pendapatan tahunan yang besar, dari 60 juta euro menjadi 300 juta euro.

3 dari 4 halaman

Kekayaan Kylian Mbappe

Seperti dilansir dari Bloomberg, Kylian Mbappe kini memiliki 10 persen saham di Loewe, investasi ini bisa memuluskan rencana perusahaan untuk melakukan IPO (Initial Public Offering), di mana masyarakat bisa menjadi pemegang saham perusahaan.

Meskipun besar transaksi investasi Mbappe tidak diungkap ke publik, tapi diyakini sangat besar. Kekayaan bersih Mbappe sendiri, menurut Forbes, mencapai 98 juta euro pada Mei 2024.

Angka tersebut bisa melonjak tajam mengingat gaji Mbappe di Real Madrid menembus 15 juta euro per musim dan ada bonus-bonus besar lainnya.

4 dari 4 halaman

Mbappe Bukan Satu-satunya

Ternyata Kylian Mbappe bukanlah satu-satunya pesepakbola yang melakukan investasi di bidang teknologi. Sejumlah nama besar Eropa lain juga tercatat telah melakukan langkah serupa. 

Misalnya, mantan kiper Spanyol, Iker Casillas, memiliki portofolio investasi di berbagai startup teknologi di negara asalnya, Spanyol.

Iker Casillas fokus pada perusahaan yang bergerak di kesehatan, seperti Idoven, dan aplikasi nutrisi, Indiya. Selain itu, ia juga mendirikan program akselerator teknologi olahraga.

Untuk sektor fintech, legenda Manchester United, Rio Ferdinand, juga dilaporkan berinvestasi di perusahaan teknologi keuangan seperti Yonder dan Sokin.

Ferdinand juga terlibat dalam Sorare, platform NFT sepak bola asal Prancis yang memiliki valuasi USD4,3 miliar pada 2021.

Gelandang Timnas Prancis, Blaise Matuidi, malah tercatat sudah mendirikan perusahaan venture capital (VC) yang menargetkan berbagai konsumen startup di Eropa dan Amerika Serikat pada tahun 2022.

Selain itu, juga ada nama Cesc Fabregas, mantan pemain Arsenal ini telah berinvestasi sejak tahun 2014 di berbagai startup teknologi, termasuk Grabyo dan Heura.

Penulis: Muhamad Luthfi Ma'ruf

Video Populer

Foto Populer