Sukses


7 Pesepak Bola dengan Nilai Pasar Tertinggi ketika Mereka Pensiun: Harganya Masih Ratusan Miliar!

Bola.com, Jakarta - Setiap pesepak bola pada akhirnya akan mencapai momen di mana mereka harus menggantung sepatu dan mengakhiri karier di lapangan hijau.

Beberapa pemain memilih pensiun setelah bertahun-tahun berjaya di puncak permainan, seperti Toni Kroos dan Raphael Varane, sementara yang lain mungkin menghabiskan karier mereka di liga-liga yang lebih rendah.

Namun, nilai mereka di pasar sering kali tetap tinggi, mencerminkan kontribusi besar mereka bagi dunia sepak bola.

Situs Transfermarkt baru-baru ini merilis daftar pesepak bola dengan nilai pasar tertinggi ketika mereka memutuskan untuk pensiun.

Daftar ini mencakup nama-nama yang telah membuat dampak luar biasa di klub-klub besar, berpartisipasi dalam kompetisi elit seperti Liga Champions, atau bahkan menjadi ikon di liga-liga domestik.

Meski tidak lagi bermain, penghargaan finansial terhadap pemain-pemain ini tetap menjadi cerminan dari kualitas dan pengaruh mereka dalam olahraga.

Berikut ini tujuh pesepak bola yang, meski sudah meninggalkan permainan, tetap dihargai sangat tinggi di pasar. Dari gelandang berkelas hingga bek tangguh, para pemain ini menunjukkan bahwa bahkan di akhir karier mereka, warisan mereka tetap hidup dan diakui.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

=6. Toni Kroos - Thiago Alcantara

=6. Toni Kroos

Satu di antara gelandang terhebat sepanjang masa, telah pensiun dari dunia sepak bola setelah kekalahan Jerman di perempat final Euro 2024 melawan Spanyol.

Kroos memang memenangkan La Liga dan Liga Champions selama musim terakhirnya di Real Madrid, tetapi sayangnya kesuksesan di kandang sendiri di Euro 2024 belum diraihnya.

Ia pensiun dari olahraga ini dengan nilai pasar sebesar 10 juta pound (Rp203,5 miliar). 

 

=6. Thiago Alcantara

Thiago mengumumkan pengunduran dirinya pada Juli 2024 setelah meninggalkan Liverpool di akhir musim sebelumnya.

Gelandang berusia 33 tahun ini, yang juga bermain untuk Barcelona, ​​Bayern Munchen, dan timnas Spanyol, dirundung masalah cedera selama berada di Merseyside, tetapi tetap menjadi pengumpan bola yang tak tertandingi dan dihargai sebesar 10 juta pound (Rp203,5 miliar).

3 dari 7 halaman

5. Philipp Lahm

Satu di antara bek terhebat dalam sejarah sepak bola, Lahm pensiun pada akhir musim 2016-17 di usia 33 tahun.

Setelah memenangkan setiap trofi dalam pertandingan klub bersama Bayern Munchen, dan mengangkat trofi Piala Dunia edisi 2024 sebagai kapten untuk Jerman, Lahm tentu tidak meninggalkan panggung dengan perasaan tidak puas.

"Saya telah mempertimbangkannya selama lebih dari setahun terakhir," katanya saat mengumumkan keputusannya.

"Anda harus terus menguji diri sendiri, Anda harus terus bertanya pada diri sendiri 'bagaimana keadaannya', hari demi hari, minggu demi minggu di lapangan latihan, apa perasaan Anda."

Lahm dianggap bernilai 11 juta pound (Rp224 juta) pada musim semi tahun 2017.

4 dari 7 halaman

4. Zinedine Zidane

Semua orang ingat hari-hari terakhir karier Zidane, memimpin tim Prancis yang berpengalaman ke Final Piala Dunia 2006 dengan penampilan solo yang luar biasa melawan Spanyol dan Brasil.

Anda juga pasti ingat tindakan terakhir dalam kariernya adalah membenturkan dahinya ke dada Marco Materazzi.

Zidane memiliki nilai pasar sekitar 12,5 juta pound (Rp254,6 miliar) saat ia meninggalkan lapangan Olympiastadion pada usia 34 tahun.

5 dari 7 halaman

3. Sergio Aguero

Pada usia 33 tahun, Aguero telah menghabiskan sebagian besar kariernya, memenangkan banyak trofi dan menjadi satu di antara pencetak gol Premier League terhebat saat bermain untuk Manchester City.

Namun, ia masih memiliki ambisi untuk diwujudkan di Barcelona saat dipaksa pensiun pada Desember 2021, setelah didiagnosis menderita penyakit jantung.

Saat mengumumkan keputusan untuk pensiun, Aguero berkata: "Saya bangga dengan karier yang saya jalani dan beruntung hal itu terjadi pada saya sekarang, bukan sebelumnya."

"Saya tidak tahu apa yang menanti saya di kehidupan selanjutnya, tetapi saya tahu ada banyak orang yang mencintai saya dan menginginkan yang terbaik untuk saya."

Striker produktif itu bernilai 15 juta pound (Rp305,6 miliar) saat mengakhiri kariernya, yang menunjukkan bahwa ia masih memiliki banyak hal untuk diberikan sebelum takdir mengintervensi.

6 dari 7 halaman

2. Enock Mwepu

Mwepu tampil gemilang untuk Brighton selama musim pertamanya bersama klub tersebut dan diharapkan akan semakin membaik di tahun-tahun berikutnya, tercermin dari nilai pasarnya sebesar 18 juta pound (Rp366,7 miliar)

Pada Oktober 2022, gelandang tersebut pensiun dari sepak bola profesional di usia 24 tahun setelah didiagnosis dengan kondisi jantung bawaan yang langka. Ia kini melatih Brighton Under-9.

7 dari 7 halaman

1. Raphael Varane

Bek Manchester United, Real Madrid, dan Prancis Varane pensiun dari dunia sepak bola pada September 2024 di usia 31 tahun.

Varane bergabung dengan klub Italia, Como, dengan status bebas transfer pada Juli, tetapi mengalami cedera lutut saat debutnya melawan Sampdoria bulan lalu.

“Saya berusaha keras, saya ingin tampil kuat, tidak hanya bertahan dalam permainan,” tulisnya di Instagram.

“Dibutuhkan keberanian yang besar untuk mendengarkan hati dan insting Anda.”

Bek tersebut memenangkan banyak trofi, termasuk 18 trofi bersama Real Madrid, Piala Dunia bersama Prancis, dan Piala FA musim lalu bersama Manchester United.

Ia jelas merupakan satu di antara yang terbaik di eranya dan dihargai 20 juta pound (Rp407,5 miliar), persis sebelum pensiun.

 

Sumber: Planet Football

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer