Sukses


Erling Haaland Torehkan Sejarah Lagi: 34 Gol Hanya dalam 36 Laga Internasional, Jadi Top Scorer Sepanjang Masa Norwegia

Bola.com, Jakarta - Erling Haaland kembali mencetak sejarah, kali ini dengan menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa Norwegia hanya dalam pertandingan internasional ke-36-nya.

Striker Manchester City tersebut kini telah mencatatkan 34 gol, mengalahkan rekor sebelumnya yang telah bertahan selama 90 tahun.

Erling Haaland mencetak dua gol dalam kemenangan 3-0 Norwegia atas Slovenia di ajang Nations League, Jumat dini hari WIB (11/10/2024), menjadikannya pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk timnas dengan 34 gol.

Dalam pertandingan di Ullevaal Stadion itu, ia juga memimpin tim sebagai kapten, menggantikan Martin Odegaard yang absen karena cedera.

"Tentu saja, ini besar dan bersejarah. Saya senang, dan ini adalah rekor yang fantastis untuk dicapai ... Saya masih punya banyak tahun lagi. Saya menikmatinya," ujar Haaland dalam wawancara setelah pertandingan.

Pada menit ketujuh, Erling Haaland mencetak gol pembuka setelah Jan Oblak gagal mengamankan tendangan keras Antonio Nusa. Gol tersebut menyamakan rekornya dengan Joergen Juve.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Rekor Berusia 90 Tahun

Juve berhasil mencetak 33 gol dalam 45 pertandingan untuk Norwegia antara tahun 1928-1937 - mencetak gol terakhir untuk negaranya pada 1934 - tetapi Haaland menyamai rekornya dalam 36 pertandingan, sembilan pertandingan lebih sedikit.

Tidak puas hanya dengan menyamai rekor Juve, pemain berusia 24 tahun itu mencatatkan gol ke-34 untuk negaranya setelah setelah menerima umpan sempurna dari Sorloth, yang diakhiri dengan tendangan kaki kiri khasnya, pada menit ke-62.

Selain mencetak gol, pemain berusia 24 tahun ini juga menunjukkan performa solid di seluruh lapangan, membantu dalam pertahanan dan mengatur serangan Norwegia.

Pertandingan ini dianggap sebagai satu di antara penampilan terbaik Timnas Norwegia dalam beberapa tahun terakhir di depan pendukung mereka.

"Ini adalah pertandingan yang dieksekusi dengan baik. Saya bangga. Itu adalah rekor yang bertahan lama ... Saya merasa senang. Sudah lama sejak saya memiliki energi sebanyak ini di lapangan," kata Haaland.

 

3 dari 3 halaman

Tantangan Selanjutnya

Norwegia, yang belum lolos ke turnamen besar sejak Euro 2000, kini berada di puncak Grup 3 Liga B dengan tujuh poin, unggul tiga poin dari Austria dan Slovenia, sementara Kazakhstan berada di posisi terbawah dengan satu poin.

Tantangan selanjutnya bagi tim asuhan Stale Solbakken adalah menghadapi Austria di laga tandang yang berat, Minggu mendatang.

"Sekarang kami punya laga tandang yang berat - meski menang di kandang, kami tak boleh terlalu berharap, tak boleh terlalu membesar-besarkan harapan," tegas Haaland.

 

Sumber: Independent

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer