Sukses


Wayne Rooney Jujur Tak Menyangka Inggris Tunjuk Thomas Tuchel, Proses Wawancara Juga Aneh

Bola.com, Jakarta Pada Januari 2025 mendatang, Timnas Inggris akan dipimpin Thomas Tuchel. Pria Jerman berusia 51 tahun itu baru saja didapuk sebagai pelatih Tiga Singa dan segepok pekerjaan rumah menantinya di depan.

Thomas Tuchel menjadi pelatih asing ketiga yang menukangi Inggris setelah Sven-Göran Eriksson (Swedia) dan Fabio Capello (Italia).

Thomas Tuchel bukan wajah baru di sepak bola Inggris. Pada musim 2021/2022 ia pernah menukangi Chelsea dan mempersembahkan trofi Liga Champions, namun akhirnya dipecat karena gagal mengawinkannya dengan gelar Premier League.

Selain The Blues, Thomas Tuchel juga pernah mengarsiteki Borussia Dortmund, Paris Saint-Germain, dan terakhir Bayern Munchen pada musim 2023/2024. Nasibnya di Die Roten juga apes, didepak alias tak mendapat perpanjangn kontrak.

Dari segi pencapaian, Thomas Tuchel sebenarnya tak jelek-jelek amat. Saat membesut Borussia Dortmund, ia memenangkan DFB-Pokal 2016/2017.

Di PSG, ia sukses menggondol Ligue 1 2018/2019 dan 2019/2020. Sebelum meninggalkan Bayern Munchen, Thomas Tuchel mempersembahkan jawara Bundesliga 2023/2024.

Terkait penunjukannya sebagai pelatigh Inggris, tak sedikit yang melayangkan protes. Henry Redknapp misalnya, pelatih kawakan tersebut mengkritik FA karena telah menunjuk pelatih yang kerap dipecat klubnya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Legend Kaget

Wayne Rooney, legenda Inggris, juga heran dengan keputusan FA yang justru menunjuk Thomas Tuchel sebagai bos baru bagi Jude Bellingham cs.

"Saya kira dia  adalah seorang pelatih bagus, tapi kejutan bahwa FA mempekerjakannya," ketus Wayne Rooney.

Ironisnya, sebelum menjatuhkan kepada Thomas Tuchel, FA ternyata sudah menyusun daftar kandidat pelatih Timnas Inggris untuk menggantikan Gareth Southgate dan berencana melakukan wawancara.

Dua nama di antaranya adalah Graham Potter Eddie How. Keduanya menambah panjang calon pelatih yang belum diwawancarai oleh Fa.

Pada hari Rabu, kepala eksekutif FA Mark Bullingham mengklaim bahwa organisasi tersebut telah mewawancarai sekitar 10 pelatih yang mencakup 'beberapa kandidat nakhoda Inggris' sebelum menunjuk Thomas Tuchel.

3 dari 4 halaman

7 Pelatih Lokal

Namun, diketahui bahwa setidaknya tujuh pelatih lokal yang paling cocok tidak diwawancarai oleh FA.

Pada Jumat sore, bos Real Madrid Carlo Ancelotti juga membantah bahwa dirinya didekati untuk jabatan tersebut.

Potter, menurut sumber terpercaya, tidak diwawancarai untuk jabatan tersebut. Howe ditanya apakah ia termasuk di antara mereka yang diajak bicara.

 

Sean Dyche, Frank Lampard, Gary O’Neil, Steve Cooper, dan Russell Martin termasuk di antara pelatih Inggris yang juga belum diwawancarai.

 

4 dari 4 halaman

Misterius

Pep Guardiola telah dipertimbangkan untuk mengisi posisi tersebut pada penutupan musim. Manajer Manchester City, Guardiola, menghindari isu tersebut.

Meskipun sejumlah manajer atau perwakilan yang disebutkan di atas kemungkinan besar telah diwawancarai terkait lowongan pelatih Inggris sebelumnya, informasi Mail Sport terkait mereka yang tidak diwawancarai memang menimbulkan tanda tanya atas proses perekrutan FA.

"Mereka menyebutkan sekitar 10, saya tidak tahu berapa perkiraannya," kata manajer Everton, Dyche.

"Ada 10 atau tidak. Saya cukup tertarik dengan hal itu. Dari 10 orang tersebut, saya kira ada beberapa pelatih Inggris atau Britania Raya. Saya tidak tahu. Saya jelas tidak diwawancarai, bukan berarti saya meminta untuk diwawancarai."

Sumber: Dailymail

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer