Sukses


Polemik Inter Miami di Piala Dunia Antarklub 2025: FIFA Tuai Kritik Tajam, Menganakemaskan Messi?

Bola.com, Jakarta - Keputusan FIFA memberikan undangan kepada Inter Miami untuk berpartisipasi di Piala Dunia Antarklub 2025 telah menuai banyak kritik.

Banyak yang meyakini bahwa partisipasi tim yang baru berusia enam tahun ini merupakan bentuk bantuan untuk Lionel Messi oleh Presiden FIFA, Gianni Infantino.

Beberapa hari yang lalu, Presiden FIFA, Gianni Infantino, secara langsung mengumumkan bahwa Inter Miami lolos ke Piala Dunia Antarklub 2025 karena mereka telah membuktikan diri sebagai "satu di antara klub terbaik di dunia".

Pernyataan flamboyan ini mengejutkan banyak pihak karena tim yang didirikan pada 2018 ini bahkan belum menjadi yang terbaik di Amerika Serikat.

The Herons hanya memenangkan Supporters' Shield, babak kualifikasi Wilayah Timur Major League Soccer (MLS), dan masih harus melalui babak play-off untuk memenangkan Piala MLS.

Dalam upayanya menciptakan kompetisi klub yang setara dengan Liga Champions Eropa, FIFA memperluas Piala Dunia Antarklub menjadi 32 tim.

Kriteria masuknya cukup ketat, hanya memperbolehkan juara kontinental dan beberapa tim dengan hasil konsisten di kompetisi kontinental berdasarkan peringkat.

Namun, Inter Miami menjadi tim ke-31 yang berpartisipasi di Piala Dunia Antarklub, dan satu-satunya klub yang lolos berdasarkan hasil di turnamen domestik.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Keputusan Ceroboh

Amerika Serikat menjadi tuan rumah Piala Dunia Antarklub 2025 dan memang layak mendapatkan tempat wild card.

Namun, alih-alih menunggu hingga pemenang Piala MLS ditentukan atau menunjuk juara MLS yang berkuasa, Columbus Crew, FIFA dengan tergesa-gesa memilih Inter Miami hanya karena mereka memuncaki klasemen Wilayah Timur, dan mengabaikan fakta bahwa Los Angeles FC telah dinobatkan sebagai juara Wilayah Barat.

Bahkan surat kabar New York Times tidak setuju dengan keputusan FIFA.

"Keputusan yang ceroboh ini membuat FIFA menjadi bahan olokan, dan reputasi dari apa yang mereka sebut sebagai kompetisi klub terbesar dan paling komprehensif di dunia mengalami pukulan besar," tulis New York Times.

 

3 dari 3 halaman

Karena Reputasi Messi?

Surat kabar Spanyol, AS, meyakini bahwa preferensi FIFA terhadap Inter Miami hanyalah karena reputasi Lionel Messi.

Dalam konteks kesulitan menjual hak siar dan menarik kontrak komersial untuk Piala Dunia Antarklub, kehadiran Messi membuat tugas ini menjadi lebih mudah.

Selain itu, dengan melihat stadion-stadion MLS dipenuhi di mana pun Messi bermain, FIFA percaya bahwa penonton akan makin banyak, dan tayangan televisi juga akan melonjak jika Messi menghadapi tim-tim besar dari Eropa, seperti mantan rivalnya Real Madrid atau Manchester City.

Piala Dunia Antarklub 2025 akan dimulai pada 15 Juni 2025, di 12 stadion di seluruh Amerika Serikat. Undian akan berlangsung pada bulan Desember, setelah tim ke-32 dipastikan, yaitu juara Copa Libertadores 2024.

 

Sumber: Soha

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer