Sukses


Di Tengah Rumor Gantikan Erik ten Hag di MU, Xavi Dibidik Jadi Pelatih Timnas Qatar

Bola.com, Jakarta - Juara Piala Asia 2034, Qatar, sedang menggoda Xavi untuk memimpin timnas mereka guna meningkatkan performa dalam waktu dekat.

Posisi pelatih saat ini, 'Tintin' Marquez Lopez, berada dalam bahaya setelah penampilan buruk Timnas Qatar di kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Di Grup A, Qatar hanya mampu menang melawan Kirgistan, ditahan imbang oleh Korea Utara, kalah dari Uni Emirat Arab, dan yang paling parah, dikalahkan Iran dengan skor 1-4.

Sebagai juara Asia dan satu di antara kandidat kuat untuk lolos ke Piala Dunia 2026, Qatar saat ini berada di peringkat keempat Grup A dengan poin empat, jauh di belakang Uzbekistan dan Iran yang sudah mengumpulkan poin 10.

Kesempatan terbaik mereka saat ini adalah bersaing untuk tiket ke putaran keempat, tetapi diprediksi sulit untuk bermimpi mendapatkan tiket langsung.

Dalam konteks ini, menurut surat kabar Al Raya, Asosiasi Sepak Bola Qatar (QFA) telah mengirim pesan kepada Xavi dengan harapan dapat membawanya sebagai pelatih baru timnas.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Kembali ke Qatar

Minggu lalu, Xavi juga berada di Doha untuk bertemu dengan perwakilan QFA. Langkah ini menunjukkan bahwa Xavi cukup tertarik dengan prospek bekerja di Asia Barat, di mana ia sukses membangun "kerajaan tak terkalahkan" Al Sadd dengan meraih enam gelar juara di Qatar dari 2019 hingga 2021.

Jika Xavi menerima tawaran QFA, ia akan menjadi pelatih kelima Timnas Qatar hanya dalam tiga tahun terakhir.

Setelah berpisah dengan Felix Sanchez pada 2022, QFA menunjuk Bruno Pinheiro (2022-2023), Carlos Queiroz (2023), dan Lopez sebagai pelatih.

Lopez membawa Qatar memenangkan Piala Asia 2023, tetapi performa tim dalam kualifikasi Piala Dunia 2026 menurun drastis, dan ia kini menghadapi risiko kehilangan posisinya.

QFA ingin segera mengganti pelatih kepala karena pada bulan November, mereka akan menghadapi dua pertandingan penting, yaitu melawan Uzbekistan pada 14 November, dan pertandingan lanjutan melawan Uni Emirat Arab pada 19 November.

3 dari 3 halaman

Rumor Xavi Diincar MU

Di sisi lain, Xavi saat ini juga dirumorkan jadi satu di antara kandidat menggantikan Erik ten Hag sebagai manajer Manchester United.

Menurut The Daily Mail, delegasi Manchester United yang terdiri dari empat orang, yang dipimpin oleh kepala eksekutif Omar Berrada, baru-baru ini terbang ke Barcelona untuk melakukan pembicaraan dengan mantan pemain internasional Spanyol tersebut.

Namun, klub membantah dan menyatakan bahwa perjalanan tersebut terutama untuk mendukung pemilik bersama Sir Jim Ratcliffe, yang terlibat dalam pelayaran America's Cup bersama timnya Ineos Britannia.

Selain dikaitkan dengan kursi panas di Manchester United, Xavi menolak tawaran dari AC Milan musim panas lalu dan juga didekati untuk melatih timnas Korea Selatan untuk Piala Dunia 2026.

Namun, menurut surat kabar Spanyol, AS, pria berusia 44 tahun itu saat ini sedang menjalani cuti panjang di dunia sepak bola dan tidak berencana untuk mengakhirinya.

 

Sumber: Al Raya, Manchester Evening News

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer