Sukses


Arsene Wenger Kritik Keras Penunjukan Thomas Tuchel sebagai Manajer Baru Inggris : Seharusnya Pelatih Lokal!

Bola.com, Jakarta Mantan manajer Arsenal, Arsene Wenger, kembali menyuarakan pendapat kontroversial. Kali ini, pria yang akrab dipanggil The Professor mengkritik keras keputusan Federasi Sepak Bola Inggris (FA) yang menunjuk Thomas Tuchel sebagai manajer baru Timnas Inggris

Menurutnya sebuah negara sebesar Inggris seharusnya dipimpin oleh pelatih lokal. Wenger mempertanyakan keputusan Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) untuk menunjuk pelatih asal Jerman itu, terutama bagi sebuah negara dengan sejarah sepak bola panjang seperti Inggris.

Penunjukan Tuchel dilakukan setelah Gareth Southgate mengundurkan diri pasca Euro 2024. Proses pencarian pengganti Southgate berlangsung cukup lama, FA bahkan sampai pertimbangkan 10 kandidat pelatih sebelum akhirnya memilih mantan pelatih Chelsea dan Bayern Munchen itu.

CEO FA, Mark Bullingham, menyebutkan jika pemilihan Tuchel diharapkan bisa membawa Inggris menjadi salah satu tim favorit juara pada Piala Dunia 2026.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Komentar Arsene Wenger

The Professor tidak meragukan kemampuan Tuchel. Ia mengakui jika pelatih asal Jerman itu adalah sosok yang sangat kompeten dan memiliki rekam jejak yang mumpuni. 

Namun, Wenger menegaskan untuk tim nasional, sebaiknya manajer berasal dari negara yang sama. Wenger mengungkapkan selama kariernya, juga pernah mendapat tawaran dari Timnas Inggris dan Jerman, tetapi merasa lebih nyaman melatih negaranya sendiri, Prancis.

“Mengapa pemain harus berasal dari negara itu, tapi tidak dengan pelatihnya?" Kata Arsene Wenger

“Saya selalu berpikir tim nasional adalah peran yang berbeda, mungkin pekerjaan paruh waktu dengan sedikit pertandingan per tahun. Saya merasa lebih tepat jika tim nasional memiliki pelatih dari negara sendiri,” tambah mantan manajer Arsenal itu.

3 dari 3 halaman

Tanggapan Thomas Tuchel

 

Thomas Tuchel, dalam konferensi pers pertamanya sebagai manajer Inggris, memilih untuk tidak langsung menyatakan sikapnya untuk mengikuti berbagai tradisi di Timnas Inggris.

Ketika ditanya apakah ia akan menyanyikan lagu kebangsaan Inggris, God Save the King, saat perkenalan di Wembley, Tuchel menjelaskan belum mengambil keputusan apakah akan menyanyikan lagu kebangsaan Inggris atau tidak.

"Saya mengerti itu adalah keputusan pribadi jika saya menyanyikannya, Ada manajer yang menyanyikannya dan ada yang tidak. Saya belum membuat keputusan, saya ingin jujur kepada Anda," kata Thomas Tuchel.

"Lagu kebangsaan sangat menyentuh. Lagu kebangsaan Inggris sangat mengharukan, saya mengalaminya beberapa kali di Wembley. Bahkan dengan para pemain di final Piala FA, itu sangat menyentuh," tutup pelatih asal Jerman pada konferensi pers pertamanya sejak melatih Inggris.

Sumber: Metro

Penulis: Muhamad Luthfi Ma'ruf (Magang MSIB 7)

 

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer