Sukses


Profil Herve Renard, Pelatih Timnas Arab Saudi yang Hadapi Timnas Indonesia di SUGBK pada November 2024: Pernah Kalahkan Argentina!

Bola.com, Jakarta - Federasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF) baru saja menunjuk Herve Renard sebagai pelatih menggantikan Roberto Mancini. Herve Renard bukanlah sosok asing bagi The Falcons, di mana pelatih asal Prancis ini pernah membawa Salem Al-Dawsari dkk. mengalahkan Timnas Argentina di laga pertama Piala Dunia 2022.

Timnas Arab Saudi tengah berjuang di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. The Falcons bersaing dengan Jepang, Australia, China, Bahrain, dan Timnas Indonesia di Grup C.

Saat ini, Arab Saudi berada di posisi ketiga dalam klasemen Grup C dengan torehan lima poin, hasil dari satu kemenangan dan dua hasil imbang dari empat laga yang sudah mereka mainkan.

Arab Saudi mengawali kiprah di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ini dengan bermain imbang 1-1 saat menjamu Timnas Indonesia di King Abdullah Sports City Stadium, Jeddah, pada 5 September 2024.

Meski kemudian sempat menang 2-1 saat bertandang ke markas China pada 10 September 2024, Arab Saudi kemudian kalah 0-2 dari Jepang di King Abdullah Sport City Stadium.

Tanpa kemenangan dalam dua laga kandang yang sudah dimainkan Timnas Arab Saudi, Roberto Mancini pun jadi sorotan hingga akhirnya resmi berpisah. Sebagai penggantinya, Herve Renard ditunjuk SAFF untuk menjadi pengganti Mancini.

Menariknya, ketika pertama kali ditunjuk, Mancini juga merupakan sosok yang menggantikan Renard. Jadi boleh dibilang Arab Saudi lagi cinta lama bersemi kembali (CLBK) dengan Herve Renard.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Punya Memori Indah meski Gagal

Penunjukan Herve Renard menjadi pelatih Timnas Arab Saudi kali ini membuatnya menangani tim yang sama dua kali dalam sepanjang karier kepelatihannya. Pelatih asal Prancis itu sebelumnya menangani Arab Saudi pada 2019 hingga 2023.

Ditunjuk pada Juli 2019, Herve Renard membawa Arab Saudi mengarungi Kualifikasi Piala Dunia 2022. Bahkan ia menjadi manajer asing yang memberikan kemenangan terbanyak dalam sejarah Timnas Arab Saudi, yaitu 18 kemenangan.

Satu yang sangat mudah diingat dari karier Herve Renard bersama Arab Saudi adalah keberhasilannya membawa The Falcons membuat kejutan pada laga pertama Piala Dunia 2022 di Qatar. Ya, Arab Saudi mengalahkan Argentina dengan skor 2-1 dalam pertandingan tersebut.

Sayangnya, pengalaman indah mengalahkan Argentina itu menjadi satu-satunya hal positif yang didapatkan Arab Saudi di Piala Dunia 2022. Arab Saudi kemudian kalah saat menghadapi Polandia dan Meksiko, dan kemudian tersingkir dari Piala Dunia 2022. Sementara Argentina malah sukses menjadi juara.

Setelah gagal mengantar Arab Saudi melangkah jauh di Piala Dunia 2022, Herve Renard kemudian menjalani laga terakhirnya bersama Arab Saudi ketika kalah 1-2 dari Bolivia. Renard kemudian digantikan oleh Roberto Mancini.

3 dari 6 halaman

Sudah Berkarier 25 Tahun Sebagai Pelatih

 

Herve Renard yang saat masih aktif bermain berposisi sebagai bek memulai karier kepelatihan pada 1999 dengan menangani klub yang pernah dibelanya, Draguignan.

Setelah itu sejumlah klub dan tim nasional pernah ditanganinya. Klub yang pernah ditanganinya adalah Cambridge United di Inggris, Nam Dinh di Vietnam, Cherbourg di Prancis, USM di Aljazair, Sochaux dan Lille di Prancis.

Sementara di level tim nasional, selain menangani Arab Saudi, Herve Renard pernah menangani Zambia, Angola, Pantai Gading, Maroko, dan Timnas Putri Prancis. Pengalamannya menangani tim nasional membawa Herve Renard beberapa kali meraih prestasi.

4 dari 6 halaman

Prestasi Herve Renard

 

Sebagai pelatih Timnas Zambia, Herve Renard membawa tim asuhannya menjuarai Piala Afrika 2012 dan Piala Afrika Selatan 2013, di mana ia juga menjadi pelatih terbaik Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) pada 2012 dan juga 2015 dan 2018.

Keberhasilannya menjadi pelatih terbaik pada 2015 tak lepas dari kesuksesannya membawa Pantai Gading menjuarai Piala Afrika pada 2015.

Sementara ketika menangani Timnas Putri Prancis, Renard membawa tim asuhannya mencapai perempat final Piala Dunia Wanita 2023, di mana Prancis kalah dari Australia melalui drama adu penalti.

Padahal saat pertandingan pertama melawan Brasil, di mana Prancis menjadi pemenang, Herve Renard menjadi pelatih pertama yang pernah sukses meraih sebuah kemenangan baik saat menangani tim putra dan putri di level Piala Dunia.

5 dari 6 halaman

Mengincar Kemenangan di SUGBK?

Timnas Arab Saudi saat ini berada di posisi ketiga dalam klasemen Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Arab Saudi memiliki poin yang sama dengan Australia yang berada di posisi kedua dan Bahrain yang ada di posisi keempat.

Dengan hanya meraih satu kemenangan dan dua hasil imbang dari empat laga yang sudah dijalani, Arab Saudi mengincar poin dalam enam laga yang tersisa, yang akan digelar pada November 2024, Maret 2025, dan Juni 2025. Itulah yang menjadi tugas Herve Renard bersama The Falcons saat ini.

Terdekat, yaitu pada November 2024, Arab Saudi akan menjalani dua laga tandang. Dengan pengalaman menang 2-1 di markas China pada laga kedua, walau kalah 0-2 di markas Jepang pada laga ketiga, Arab Saudi mengincar poin penting lagi di markas Australia dan Timnas Indonesia.

Ya setelah menghadapi Australia di Melbourne Rectangular Stadium pada 14 November 2024, Timnas Arab Saudi asuhan Herve Renard akan bertandang ke Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, untuk menghadapi Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong pada 19 November 2024.

6 dari 6 halaman

Persaingan di Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026

Hasil Matchday 1

  • Australia Vs Bahrain 0-1
  • Jepang Vs China 7-0
  • Arab Saudi Vs Timnas Indonesia 1-1

Hasil Matchday 2

  • China vs Arab Saudi 1-2
  • Timnas Indonesia vs Australia 0-0
  • Bahrain vs Jepang 0-5

Hasil Matchday 3

  • Australia vs China 3-1
  • Bahrain vs Timnas Indonesia 2-2
  • Arab Saudi vs Jepang 0-2

Hasil Matchday 4

  • Jepang Vs Australia 1-1
  • China Vs Indonesia 2-1
  • Arab Saudi Vs Bahrain 0-0

                                 Klasemen Grup C

Pos Tim Play Win Draw Lost SG Poin
1 Jepang 4 3 1 0 15-1 10
2 Australia 4 1 2 1 4-3 5
3 Arab Saudi 4 1 2 1 3-4 5
4 Bahrain 4 1 2 1 3-7 5
5 Indonesia 4 0 3 1 4-5 3
6 China 4 1 0 3 4-13 3

 *Klasemen per Rabu, 16 Oktober 2024 pukul 03.30 WIB

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer