Sukses


3 Fakta Menarik Herve Renard, Pelatih Baru Rasa Lama Timnas Arab Saudi

Bola.com, Jakarta - Timnas Arab Saudi tak butuh waktu lama untuk mendapatkan pengganti Roberto Mancini. Federasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF) resmi menunjuk Herve Renard sebagai pelatih baru tetapi rasa lama.

Mancini meninggalkan jabatan pelatih Timnas Arab Saudi menyusul hasil yang dianggap buruk sejak Piala Asia 2023 dan terutama di kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, yang memengaruhi kans ke Piala Dunia 2026.

Hingga empat pertandingan di Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, The Green Falcons di bawah Mancini baru mengumpulkan poin lima. Jumlah tersebut sama yang dikumpulkan Australia di posisi kedua dan Bahrain di peringkat keempat.

Timnas Arab Saudi yang berada di peringkat ketiga, berselisih lima poin dari Jepang, pemuncak klasemen sementara. Hasil yang kurang oke itu membuat Roberto Mancini harus menyudahi 14 bulan sebagai pelatih The Green Falcons pada 24 Oktober 2024.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Tunjuk Herve Renard

Setelah mendepak Mancini, SAFF akhirnya mengumumkan Herve Renard sebagai pelatih anyar Timnas Arab Saudi pada Sabtu (26/10/2024) waktu setempat. Pelatih asal Prancis tersebut bukan sosok asing bagi Timnas Arab Saudi.

Sebelumnya, dia melatih Arab Saudi pada 2019 sampai 2023. Herve Renard memulai kiprah pertamanya menjadi pelatih Arab Saudi di Kualifikasi Piala Dunia 2022, yang sukses dijalaninya dan Arab Saudi pun lolos ke Qatar.

Kini, Herve Renard memiliki tugas tak mudah untuk membawa The Green Falcons lolos ke putaran final Piala Dunia 2026. Apalagi dalam waktu dekat, mereka bakal menjalani dua laga tandang di Grup C, yakni melawan Australia (14/11/2024) dan Timnas Indonesia (19/11/2024).

Beberapa fakta menarik tersaji terkait Herve Renard, pelatih baru tetapi rasa lama di Timnas Arab Saudi. Berikut ini ulasannya.

 

3 dari 5 halaman

Pernah Bungkam Timnas Argentina

Herve Renard memiliki catatan yang cukup oke pada periode pertama menangani Timnas Arab Saudi. Mengasuh Arab Saudi dari 29 Juli 2019 sampai 28 Maret 2023, Renard memimpin timnya dalam 45 pertandingan.

Dari 45 duel tersebut, pelatih berusia 56 tahun itu berhasil membawa anak asuhnya memetik 20 kemenangan, 10 hasil imbang, dan menelan 15 kekalahan. Satu di antara kemenangan fenomenal Timnas Arab Saudi di bawah asuhan Herve Renard adalah ketika bersua Argentina.

Meladeni Tim Tango pada laga perdana Grup C Piala Dunia 2022 di Lusail Stadium, 22 November 2022, tim yang dijuluki The Green Falcons tersebut menang dengan skor 2-1.

Meski secara mengejutkan berhasil membungkam Timnas Argentina, Arab Saudi gagal lolos ke-16 besar Piala Dunia 2022. Di sisi lain, Argentina sukses menembus hingga ke final dan berhasil menjadi kampiun.

 

4 dari 5 halaman

Sapu Bersih Kemenangan Lawan Tim Asia Tenggara

Pada edisi pertama duduk di kursi pelatih Timnas Arab Saudi, Herve Renard pernah bersua tim asal Asia Tenggara. Berdasarkan data di Transfermarkt, dia empat kali bersua tim Asia Tenggara, yakni dua pertandingan kontra Vietnam dan dua laga melawan Singapura.

Dari empat pertandingan tersebut, Herve Renard sukses membawa pasukannya menyapu bersih kemenangan. Timnas Arab Saudi membungkam Vietnam dengan skor 1-0 dan 3-1, serta dua kali menang 3-0 atas Singapura.

Torehan tersebut membuat Timnas Indonesia kudu waspada ketika meladeni Arab Saudi di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Apalagi, Timnas Arab Saudi racikan Herve Renard, berbeda ketika masih diasuh Roberto Mancini.

 

5 dari 5 halaman

Prestasi Mentereng

Herve Renard bukan lah pelatih kaleng-kaleng. Mulai menjabat sebagai pelatih pada 1999, pria asal Prancis tersebut pernah mengasuh berbagai tim.

Namun, prestasinya yang paling mentereng adalah ketika mengasuh timnas. Dia tercatat pernah membawa Timnas Zambia merengkuh trofi Piala Afrika 2012.

Bagi Zambia, itu adalah trofi perdana di turnamen antarnegara di Afrika tersebut. Selain itu, Herve Renard juga membantu Zambia menjuarai COSAFA Cup 2013.

Tak hanya bersama Zambia, Renard juga merasakan gelar juara Piala Afrika ketika melatih Timnas Pantai Gading. Dia berhasil membawa Pantai Gading menjadi kampiun pada Piala Afrika 2015.

Video Populer

Foto Populer