Sukses


Ditunjuk Lagi Jadi Pelatih Timnas Arab Saudi, Herve Renard: Cerita Belum Selesai, Saya Kembali!

Bola.com, Jakarta - Federasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF) telah memastikan Herve Renard kembali menjadi pelatih Timnas Arab Saudi, menggantikan Roberto Mancini yang baru saja mereka pecat. Keputusan ini pun cukup mengejutkan banyak pihak.

Herve Renard memang bukanlah sosok asing bagi Timnas Arab Saudi. Sebelumnya, pelatih berkebangsaan Prancis ini pernah menangani The Green Falcons pada 2019 hingga 2023.

Ia mengantarkan Arab Saudi lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar dan berhasil mengalahkan Argentina pada laga pertama fase grup dengan skor 2-1.

Dalam sebuah video yang diunggah oleh SAFF di media sosial, Renard mengungkapkan rasa gembiranya bisa kembali menangani Timnas Arab Saudi.

"Saya tidak pernah melupakan hubungan antara publik dan negara serta semua kenangan yang ada. Kisah saya dengan Arab Saudi belum berakhir, saya kembali," tegas Herve Renard dalam video tersebut seperti dilansir France24.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Sudah Mengenal Tim dengan Baik

Menurut France24, Herve Renard telah menandatangani kontrak selama dua tahun untuk menangani Timnas Arab Saudi. Menurut sumber media Prancis itu, kembalinya Renard tak lepas dari pemahamannya yang cukup mendalam mengenai The Green Falcons.

"Kembalinya Renard memicu banyak kontroversi, tetapi fakta bahwa ia sudah mengenal tim dengan baik menjadi faktor penentu. Mari berharap dia bisa memperbaiki situasi di Kualifikasi Piala Dunia," ujar sumber dari France24.

Renard menjadi sorotan internasional setelah memimpin timnas Arab Saudi meraih kemenangan mengejutkan atas juara dunia, Argentina, di Piala Dunia 2022.

Namun, ia meninggalkan posisi tersebut pada Maret tahun lalu untuk mengambil alih tim wanita Prancis. Dia mengundurkan diri dari jabatannya pada bulan Agustus setelah timnya terhenti di perempat final oleh Brasil di Olimpiade 2024 Paris.

3 dari 5 halaman

Bakal Bangkit?

Mancini, pelatih asal Italia yang menggantikan Herve Renard, hanya bertahan selama 14 bulan sebelum dipecat akibat hasil buruk di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Kritik terhadap mantan pelatih Manchester City dan Inter Milan itu dimulai ketika hanya bermain imbang 1-1 melawan Timnas Indonesia.

Meski sempat menang saat bertandang ke China, kritik semakin tajam setelah kekalahan di kandang dari Jepang dan hasil imbang melawan rival regional Bahrain dalam kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pembicaraan mengenai pemecatan Mancini dimulai setelah kekalahan dari Jepang, dan sekarang fokus beralih kepada Renard untuk membangun kembali timnas yang kuat.

Arab Saudi, yang telah mengeluarkan lebih dari satu miliar dolar untuk mendatangkan pemain baru tahun lalu, juga menjadi satu-satunya kandidat untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034.

Dengan kembalinya Renard, harapan untuk memperbaiki performa timnas Arab Saudi menjelang kualifikasi Piala Dunia 2026 makin besar.

Semua mata kini tertuju kepada pelatih asal Prancis ini untuk melihat apakah ia mampu mengulangi kesuksesannya di masa lalu.

4 dari 5 halaman

Hadapi Timnas Indonesia

Kembalinya Herve Renard ke Timnas Arab Saudi akan dimulai dengan dua laga tandang yang harus dijalaninya pada laga Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada November 2024.

Timnas Arab Saudi akan lebih dulu bertandang ke markas Australia pada 14 November 2024.

Setelah itu, Herve Renard akan memimpin timnya bertandang ke Jakarta untuk melawan Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta.

Sumber: France24

5 dari 5 halaman

Persaingan di Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026

Hasil Matchday 1

  • Australia Vs Bahrain 0-1
  • Jepang Vs China 7-0
  • Arab Saudi Vs Timnas Indonesia 1-1

Hasil Matchday 2

  • China vs Arab Saudi 1-2
  • Timnas Indonesia vs Australia 0-0
  • Bahrain vs Jepang 0-5

Hasil Matchday 3

  • Australia vs China 3-1
  • Bahrain vs Timnas Indonesia 2-2
  • Arab Saudi vs Jepang 0-2

Hasil Matchday 4

  • Jepang Vs Australia 1-1
  • China Vs Indonesia 2-1
  • Arab Saudi Vs Bahrain 0-0

                                 Klasemen Grup C

Pos Tim Play Win Draw Lost SG Poin
1 Jepang 4 3 1 0 15-1 10
2 Australia 4 1 2 1 4-3 5
3 Arab Saudi 4 1 2 1 3-4 5
4 Bahrain 4 1 2 1 3-7 5
5 Indonesia 4 0 3 1 4-5 3
6 China 4 1 0 3 4-13 3

 *Klasemen per Rabu, 16 Oktober 2024 pukul 03.30 WIB

Video Populer

Foto Populer