Sukses


Mantap! Liga Esports Nasional 2024 Dimeriahkan 2 Gim Lokal Karya Anak Bangsa

Bola.com, Jakarta Pengurus Besar Esports Seluruh Indonesia (PBESI) mengumumkan peresmian pembukaan Liga Esports Nasional 2024, Kamis (24/6/2024). Berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya mempertandingkan Mobile Legends, LEN 2024 akan menghadirkan 4 game ekshibisi.

Liga Esports Nasional adalah kompetisi liga yang mempertemukan para pemain esports, mulai dari amatir hingga profesional. Kompetisi tersebut akan diwadahi oleh Garudaku sebagai platform resmi dari PBESI. Tiap pecinta esports berkesempatan menunjukkan bakatnya dengan mendaftar gratis di situs Garudaku.

Tidak seperti tahun sebelumnya yang hanya mempertandingkan Mobile Legends, LEN 2024 akan terdapat game ekshibisi. Dalam peluncuran itu, COO Garudaku Ricky Setiawan menyebut tahun ini ada penambahan 4 game ekshibisi. Game tersebut adalah Battle of Guardians, Wardeka, E-Football, dan Tekken.

Menariknya, dua dari empat gim tersebut merupakan karya anak bangsa, yakni Battle of Guardians dan Wardeka Battleground.

“Jadi, akan ada setidaknya empat game ekshibisi, yang pertama adalah Battle of Guardians yang merupakan gim lokal hasil pengembangan studio di Bali, dan Wardeka Battleground gim lokal yang dikembangkan oleh seorang dosen asal Manado,” ungkap Ricky.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Seruan buat Pencinta Esports

Kehadiran kedua gim tersebut tentu menjadi opsi yang menarik bagi para pecinta esports karena masih baru sehingga dapat menjadi lahan basah untuk bertumbuh. Selain itu, hadirnya kedua gim lokal itu tentu akan menjadi motivasi bagi para pengebang gim dalam negeri lainnya untuk terus berkarya dan bersaing.

Di sisi lain, munculnya gim ekshibisi juga mengubah skema Liga Esports Nasional 2024. Tahun lalu, LEN 2023 dilaksanakan di 5 kota besar di Indonesia, sementara tahun ini hanya akan dilaksanakan di Jakarta, tepatnya di mall Taman Anggrek. COO Garduka mengeklaim hal tersebut dilakukan karena ingin memfokuskan pada jumlah gim yang dipertandingkan.

“Memang tahun lalu ramai sekali, sekarang kita fokus karena satu kota karena akan lebih fokus pada jumlah gim. Selain itu perlu diakui tantangan logistik untuk menggunakan lima kota cukup besar. Makanya, sekarang cuma satu kota, tetapi gimnya bertambah,” imbuh Ricky.

3 dari 3 halaman

ekshibisi

Sementara itu, Ricky juga menambahkan bahwa alasan keempat gim tersebut masih bersifat ekshibisi adalah untuk memastikan kesiapan dalam format liga. Menurutnya, gim tersebut terlebih dulu harus diuji beberapa kali hingga akhirnya nanti dapat menjadi gim utama di Liga Esports Nasional.

Bersamaan dengan konferensi pers tersebut, pendaftaran pun resmi dibuka di situs Garudaku.com mulai tanggal 27 Juni hingga 22 Juli 2024. Tiap individu dapat memilih untuk mendaftar pada salah satu dari tiga jalur yang tersedia, yakni jalur solo, terbuka, dan pro untuk memperebutkan total hadiah Rp3,2 miliar.

Video Populer

Foto Populer