Sukses


Cerita Pemain Sierra Leone Mencari Peruntungan di Indonesia

Bola.com, Jakarta - Sierra Leone tentu nama tersebut kurang familiar di telinga masyarakat pecinta sepak bola. Pasalnya negara yang terletak di Afrika Barat itu tidak mempunyai sesuatu yang membanggakan dalam hal sepak bola.

Mereka kalah terkenal bila dibandingkan dengan negara Afrika Barat lainnya seperti Nigeria, Pantai Gading, dan juga Togo. Meskipun tidak terkenal, para pemain ā€ˇSierra Leone tetap menjadi komoditas menarik bagi klub-klub Tanah Air untuk direkrut.

Sebut saja Pasafa Mustapha Sama yang pernah membela Persija Jakarta. Ia merupakan pesepak bola dari Sierra Leone yang pernah mencicipi atmosfer sepak bola Indonesia. Selain itu ada nama Sakha Bangura yang memperkuat tim Macan Kemayoran pada Trofeo Persija tahun 2013.

Kedua pemain tersebut adalah contoh dari para pemain Sierra Leone yang berada di Indonesia. Mereka rela terbang jauh dari Afrika ke Indonesia demi mendapatkan kontrak profesional dari klub-klub Tanah Air.

Selama belum mendapatkan kontrak dengan klub, biasanya mereka berlatih dengan para pemain Sierra Leone lainnya di lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Semua itu dilakukan guna menambah kemampuan dan kekuatan fisik yang mereka punyai.

"Setiap hari kami berlatih, kecuali hari Sabtu dan Minggu melakukan latih tanding dengan lawan yang mengajak kami bermain," kata Edward salah satu pemain asal Sierra Leone kepada Bola.com, setelah melakoni uji coba dengan Munial Sport Group (MSG) di Stadion Lebak Bulus.

"Kami fokus untuk mencari kerja di Indonesia, kami berharap bisa menjadi pemain sepak bola profesional di sini," ia menambahkan dengan nada semangat.

Edward menyebut masih terus menunggu adanya kontrak dari klub Indonesia. Padahal ia sudah berada di negara ini lebih dari tiga tahun dan sudah mengikuti beberapa tes dengan klub Tanah Air.

"Selama tidak ada kontrak dari klub, kami mengisi waktu dan mencari penghasilan dengan bermain tarkam satu ke tarkam lainnya," ujarnya.

Lebih lanjut Edward berharap agar kompetisi di Indonesia bisa kembali berjalan. "Semoga liga bisa berjalan agar saya mendapat pekerjaan dari klub Indonesia," imbuhnya.

Baca Juga:

PSSI Belum Berniat Kurangi Jumlah Pemain Asing di ISL

Saha Datang, PSGC Gunakan 3 Pemain Asing di Piala Presiden

Piala Kemerdekaan Tanpa Pemain Asing?

Video Populer

Foto Populer