Sukses


10 Klub Indonesia Raih Lisensi Klub Profesional AFC

Bola.com, Jakarta - Departemen Lisensi Klub PSSI memastikan 10 klub Liga 1 2018 telah lolos verifikasi dan mendapatkan lisensi klub profesional AFC. Persija Jakarta, Persib Bandung, dan Arema FC menjadi tiga klub yang mendapatkan lisensi tanpa catatan.

Kepala Departemen Lisensi Klub PSSI, Tigor Shalomboboy, menjelaskan, proses mendapatkan lisensi klub profesional AFC sudah dimulai sejak April 2018, di mana ke-18 klub mengikuti proses tersebut, termasuk memasukkan dokumen melalui AFC CLAS (Club Licensing Administration System).

Setelah melewati enam bulan proses, diputuskan 10 dari 18 klub Liga 1 2018 mendapatkan lisensi klub profesional AFC. Hal ini menjadi sebuah kemajuan bagi klub Indonesia setelah pada musim lalu hanya ada lima klub yang mendapatkan lisensi tersebut.

"Semua dokumen masuk lewat sistem, bukan manual ke departemen klub lisensi. Ada tambahan waktu karena adanya potensi beberapa klub mendapatkan lisensi," kata Tigor Shalomboboy dalam keterangan persnya di Kantor PT Liga Indonesia Baru, Jakarta, Selasa (23/10/2018).

"Komite Lisensi sudah memutuskan dan memberikan hasil ke seluruh klub pada 15 Oktober. Ada tiga klub yang dalam posisi granted, yaitu Arema, Persib, dan Persija. Jadi per 15 Oktober tiga klub, termasuk Persib sudah mendapat lisensi," lanjutnya.

Selain tiga klub tersebut, empat klub lain, yaitu Bali United, Persipura Jayapura, Borneo FC, dan Bhayangkara FC telah mendapatkan lisensi dengan adanya catatan. Keempat klub tersebut memenuhi 33 kriteria A, tapi ada yang belum di kriteria B.

"Artinya ada tujuh klub yang mendapatkan lisensi per 15 Oktober," ujar Tigor.

Sementara itu, tiga klub lain, yaitu PSM Makassar, Madura United, dan Barito Putera mendapatkan lisensi setelah melakukan banding dan mendapatkan waktu sampai 18 Oktober untuk menyelesaikannya. Selain ketiga klub itu, Persib Bandung juga sempat mengajukan banding yang sebenarnya tidak perlu dilakukan karena kriteria A dan B sudah terpenuhi.

"Khusus Persib Bandung, mereka tidak berpengaruh kepada hasil lisensi yang diperoleh. Mereka ingin melengkapi kriteria C. Banding yang dilakukan Persib berbeda dengan tiga klub lain. Persib banding atau tidak, tentu tidak memengaruhi lisensi yang diterima. Persib sempurna di 33 kriteria A, 8 kriteria B dan itu sudah dipenuhi," papar Tigor Shalomboboy.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 2 halaman

Daftar 10 Klub

Persib Bandung, Persija Jakarta, Arema FC, PSM Makassar, Madura United, dan Barito Putera 

Bali United, Persipura Jayapura, Borneo FC, dan Bhayangkara FC 

 

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer