Sukses


Keluarga Otavio Dutra Bersiap Menyusul Jadi WNI

Bola.com, Jakarta - Otavio Dutra telah resmi menyandang status sebagai warga negara Indonesia (WNI). Status itu otomatis didapatnya setelah mengucap sumpah atau janji setia kepada NKRI di Kanwil Kemenkum dan HAM Jawa Timur, Surabaya, Jumat (27/9/2019).

Status ini membuat sang stoper secara resmi bisa membela Timnas Indonesia di berbagai ajang internasional. 

Setelah Dutra melepas paspor Brasil miliknya, akan ada dua anggota keluarganya yang juga menjalani proses naturalisasi. Mereka adalah istri dan anaknya, yaitu Tatiane Dutra dan Luana Dutra. Keduanya juga hadir saat Dutra menguncak janji setia.

“Sekarang memang saya dulu yang sudah jadi WNI. Ke depan, istri dan anak saya juga ingin jadi orang Indonesia. Memang rencananya saya harus selesai dulu baru mereka,” kata Dutra kepada Bola.com.

Sebenarnya, keluarga Dutra ini berasal dari Brasil. Namun, mereka sama-sama pindah ke Indonesia lantaran Otavio Dutra berkarier bersama Persebaya pada 2010. Sejak saat itu, ketiganya menetap di Surabaya meski Otavio Dutra hijrah ke klub lain.

 Tatiane mengaku sudah betah tinggal di Indonesia sehingga lebih memilih menjadi WNI. “Nanti perlu proses semuanya. Yang utama, Otavio dulu setelah selesai ini,” ujarnya berkomentar soal rencana itu.

 Otavio Dutra menyebut anaknya, Luana, juga tak kalah antusias untuk menjadi WNI. Sebab, remaja berusia 14 tahun itu sudah tinggal di Indonesia sejak usia lima tahun pada 2010. Sejak saat itu, Luana bersekolah di Surabaya.

 “Anak saya itu kalau bicara bahasa Indonesia lebih lancar. Coba saja bicara sama dia, logatnya Indonesia sekali. Berbeda dari saya yang masih ada campur Portugis. Luana itu lebih Indonesia dari saya malahan,” terang Otavio Dutra sambil tertawa.

 

Mau tahu bagaimana Otavio Dutra menyanyikan lagu Indonesia Raya? Simak video di bawah ini:

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 2 halaman

Curhat Sang Putri

Luana pun tidak membantah soal keinginan keluarganya untuk menjadi WNI semua. Dia akan mengikuti sang ayah karena juga merasa sangat nyaman tinggal di Surabaya.

 “Aku senang banget melihat papa resmi jadi WNI, karena itu salah satu keinginannya sejak lama. Terus terang, aku senang. Papa juga ingin bergabung timnas (Indonesia). Aku juga mau jadi WNI, tapi tunggu dulu nanti sama mama,” ucap Luana.

“Selama ini, semua teman-temanku ya orang Indonesia. Kalau pulang ke Brasil, aku malah nggak punya teman, paling malah saudara-saudara dari keluarga papa sama mama,” imbuh Luana.

“Aku suka tinggal di Surabaya. Keamanan di sini lebih bagus. Brasil sebenarnya juga tidak terlalu aman seperti Indonesia. Aku juga suka makanan di sini. Jadi, semuanya sudah terasa nyaman,” tuturnya.

Belum dipastikan kapan Tatiane dan Luana bakal mengajukan permohonan untuk menjadi WNI. Yang jelas, sekarang keluarga Dutra sedang berbahagia melihat anggotanya mendapat status baru tersebut.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer