Sukses


5 Klub dengan Komposisi Pemain Asing Paling Mewah di BRI Liga 1: Ada Persib dan Persija Tentunya

Bola.com, Jakarta - Sepak bola Indonesia telah menjadi magnet bagi para pemain asing berkualitas dalam beberapa tahun terakhir. Klub-klub berlomba mendatangkan pemain asing terbaik untuk bisa bersaing meraih trofi Liga 1.

Para pemain yang mencicipi atmosfer Liga 1 belakangan ini merupakan sosok berkualitas. Mereka datang dengan pengalaman membela klub elite di Eropa hingga Amerika Selatan.

Sejumlah klub Indonesia berani membayar mahal jasa seorang pemain asing karena ambisi gelar. Ambisi itulah yang membuat liga di Indonesia menjadi kompetisi yang menarik bagi para pemain asing.

Kekuatan finansial menjadi kunci dalam merekrut pemain asing berkualitas. Klub akhirnya membebani target tinggi pada sang pemain asing karena sudah menyanggupi pembayaran gaji mahal dan fasilitas yang diberikan.

Hubungan timbal balik inilah yang membuat karier pemain asing di Indonesia jarang ada yang langgeng. Bila semusim gagal memberikan penampilan yang diharapkan, maka pemutusan kontrak bakal dilakukan pada akhir musim.

Bola.com mencatat, ada lima klub yang memiliki komposisi pemain asing mewah di BRI Liga 1 2021/2022. Penilaian ini bersifat subyektif dengan mengacu pada latar belakang pemain dan kualitasnya di lapangan.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

PSIS Semarang

PSIS Semarang berhasil melengkapi komposisi pemain asing pada BRI Liga 1 2021/2022. Klub berjulukan Laskar Mahesa Jenar diperkuat Bruno Silva, Walace Costa, Jonathan Cantillana dan Brian Ferreira.

Tiga nama awal merupakan pemain yang sudah membela PSIS sejak 2019. Sehingga soal kualitas, ketiganya tak perlu diragukan lagi.

Adapun Brian Ferreira merupakan wajah baru di PSIS Semarang. Namun, sang pemain sudah bermain di Indonesia sejak 2019 sehingga bisa menambah kualitas di skuad PSIS.

Brian Ferreira merupakan gelandang yang punya visi bermain jelas. Sang pemain bahkan juga memiliki akurasi tembakan yang patut diwaspadai.

3 dari 6 halaman

Bhayangkara FC

Bhayangkara FC bisa disebut sebagai tim yang punya kemampuan mumpuni di sektor pemain asing. Bhayangkara FC sukses merekrut pemain-pemain berkualitas untuk mengisi semua lini.

Di lini belakang, ada Anderson Salles asal Brasil. Bukan rahasia lagi bila sang pemain merupakan bek tengah tangguh yang juga andal mencetak gol.

Adapun di lini tengah ada Lee Yoo-joon asal Korea Selatan. Pemain tersebut andal dalam mengatur serangan di lini tengah Bhayangkara FC.

Sementara itu, di sektor sayap ada nama Renan Silva. Pemain asal Brasil itu punya kemampuan mumpuni dalam mengatur serangan dan juga mencetak gol.

Adapun Ezechiel N'Douassel merupakan ujung tombak Bhayangkara FC. Pemain asal Chad bisa menggunakan seluruh tubuhnya untuk mencetak gol dan punya kondisi fisik mengangumkan dalam urusan duel-duel fisik.

4 dari 6 halaman

Borneo FC

Borneo FC mendapatkan tambahan wajah baru pada komposisi pemain asing. Klub berjulukan Pesut Etam itu berhasil mendatangkan Jonathan Bustos dan Francisco Torres.

Keduanya merupakan pemain-pemain dengan kemampuan mumpuni pada spesialisasinya. Jonathan Bustos merupakan seorang gelandang yang musim ini menjalani debut di Indonesia, sedangkan Francisco Torres merupakan penyerang yang penampilannya di lini depan tak perlu diragukan lagi.

Adapun dua nama lainnya adalah Nuriddin Davronov dan Javlon Guseynov. Tak perlu diragukan lagi, keduanya sudah membuktikan kemampuan gemilang dalam beberapa musim terakhir di Borneo FC.

5 dari 6 halaman

Persija Jakarta

Tak ada perubahan berarti pada komposisi pemain asing Persija Jakarta di BRI Liga 1 2021/2022. Persija hanya mendapatkan tambahan satu pemain asing anyar yakni Yann Motta.

Pemain asal Brasil itu berperan sebagai bek tengah. Pada Piala Menpora 2021, Yann Motta tampil gemilang dan sukses mengantarkan Persija menjadi juara.

Adapun tiga pemain asing Persija lainnya adalah Marco Motta, Rohit Chand, dan Marko Simic. Ketiganya juga merupakan sosok-sosok krusial di Persija.

Marco Motta yang bermain di posisi bek kanan kerap membantu serangan di sektor sayap. Adapun Rohit Chand yang merupakan seorang gelandang bertahan memastikan dalam pengendalian lini tengah, sedangkan Marko Simic merupakan ujung tombak Persija di lini depan.

6 dari 6 halaman

Persib Bandung

Persib Bandung bisa dikatakan sebagai klub BRI Liga 1 2021/2022 dengan komposisi pemain asing paling mewah. Persib saat ini dihuni empat pemain asing dari berbagai negara.

Di lini belakang, Persib mengandalkan seorang Belanda bernama Nick Kuipers. Secara kualitas, Nick Kuipers tentu tak perlu diragukan lagi karena punya pemain mumpuni sebagai pemain belakang.

Adapun di posisi tengah, Persib mengandalkan pemain asal Palestina bernama Mohammed Bassim. Tak ada referensi pasti terhadap jejak karier sang pemain sehingga kualitasnya masih harus dibuktikan.

Sementara itu, Persib mengandalkan Wander Luiz dan Geoffrey Castillion di lini depan. Keduanya merupakan penyerang tangguh yang punya naluri mencetak gol baik.

Video Populer

Foto Populer