Sukses


Nova Arianto: Shin Tae-yong Bertanya Mengapa Para Pemain Indonesia Tidak Bisa Melebihi Batas Kemampuan

Bola.com, Jakarta - Asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto membocorkan pertanyaan besar dari pelatih Shin Tae-yong terhadap para pemain Indonesia.

Nova mengungkapkan, Shin Tae-yong menyampaikan kebingungannya terkait etos kerja para pemain yang kerap berpuas diri dengan kualitasnya.

"Mengapa pemain Indonesia tidak bisa memaksa untuk melebihi batas kemampuannya? Itulah pertanyaan besar dari pelatih kepala kami," tulis Nova dalam akun Instagram, @novarianto30.

"Sebagai mantan pemain, mungkin ketika bermain kita tidak merasakannya. Tapi ketika menjadi pelatih, kita baru sadar dan tahu apa kelemahan pemain saat ini," jelas Nova.

Nova melihat satu di antara faktor terbesar Timnas Indonesia kering gelar selama ini disebabkan karena kualitas para pemain.

"Melihat Timnas Indonesia berprestasi mungkin menjadi harapan terbesar saya dan seluruh pecinta sepak bola nasional," jelas Nova.

"Tetapi, selama tidak ada perubahan dalam diri pemain, harapan itu hanya akan seperti sebuah mimpi," kata asisten pelatih berusia 42 tahun itu.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Janji Nova Arianto

Nova bersama Shin Tae-yong dan staf pelatih lainnya lainnya berjanji untuk mengubah pola pikir para pemain demi kemajuan Timnas Indonesia.

"Kami, staf pelatih akan berusaha untuk mencoba mengubah mental pemain walau itu tidak akan mudah. Sebab, sudah menjadi kebiasaan dan semoga berjalannya waktu pemain bisa mengubah mindset mereka untuk bekerja lebih keras," ungkap Nova.

"Pengalaman yang kita dapatkan akan membuat kita melakukan evaluasi untuk memperbaiki agar ke depannya bisa menjadi lebih baik lagi," papar mantan pemain Persib Bandung dan Persebaya Surabaya itu.

3 dari 4 halaman

Sedang Pimpin Pemusatan Latihan Timnas Indonesia U-18

Saat ini, Nova dan Shin Tae-yong sedang memimpin pemusatan latihan tahap kedua Timnas Indonesia U-18.

Pemusatan latihan itu bertujuan untuk mematangkan dan mencuri start persiapan demi Piala Dunia U-20 2023.

Timnas Indonesia U-18 memanggil total 72 pemain untuk pemusatan latihan kali ini, dengan 36 nama di antaranya telah mengikuti kegiatan pada pekan lalu.

4 dari 4 halaman

Unggahan Nova Arianto

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Nova Arianto (@novarianto30)

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer