Sukses


2 Kali Bawa Persebaya Tundukkan Bali United, Aji Santoso Kirim Pujian untuk Kaptennya

Bola.com, Denpasar - Persebaya Surabaya mengganggu pesta juara Bali United. Bajul Ijo mampu memetik kemenangan 3-0 dalam laga pekan ke-33 BRI Liga 1 2021/2022 itu di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Jumat (25/3/2022) malam.

Tiga gol Persebaya Surabaya disumbang oleh Bruno Moreira lewat titik putih (64’), serta dua lainnya merupakan brace dari Samsul Arif (70’ dan 81’).

Sebelum laga ini, Bali United sudah dipastikan juara mengemas 72 poin. Sebab, hanya menit jelang duel ini, Persib Bandung bermain imbang 0-0 kontra Persik Kediri. Maung Bandung hanya mengoleksi 68 angka dan tak mungkin menyalip Bali United di sisa satu laga.

Justru situasi itu dimanfaatkan oleh para pemain Persebaya untuk tampil maksimal mendulang poin penuh. Alhasil, Bajul Ijo sukses mempecundangi klub yang sudah dinyatakan sebagai kampiun musim ini.

Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, justru mengirim pujian kepada kapten Rachmat Irianto, alih-alih dua pemain pencetak gol. Dia merasa pemain yang akrab disapa Rian itu punya peran penting kemenangan timnya di laga ini.

“Saya tidak membawa pemain yang mencetak gol. Saya membawa Rian karena Rian adalah pemain terbaik dalam pandangan saya. Bintangnya adalah Rian. Terima kasih buat Rian yang telah fight luar biasa,” ucap Aji Santoso.

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Tampil Apik

Rian sendiri memang tampil apik di posisi gelandang bertahan menahan laju serangan Bali United. Dia mampu memimpin rekan-rekannya dan membuat tim kampiun gagal mencetak gol sekaligus kekalahan pertama dalam 16 laga terakhir.

“Saya sampaikan bahwa Rian itu Aji Santoso banget. Apa yang dimiliki dia itu sesuai dengan apa yang saya harapkan. Dia selalu pas di antara lawan, berani pegang bola, berani satu dua sentuhan. Ini memang gaya permainan saya seperti itu,” ujar Aji.

Selama babak pertama, Bali United sangat mendominasi permainan dan mengurung pertahanan Persebaya. Mereka seolah ingin menunjukkan bahwa status juara memang layak disematkan kepada Bali United.

Tapi, babak kedua sudah lain cerita. Persebaya tampil trengginas memanfaatkan kelengahan Bali United. Tampil dominan, Samsul Arif dkk. tidak memberi ampun kepada tim lawan yang setelah laga sudah pasti bersorak merayakan titel juara.

Penampilan Rian sendiri sempat mendapat kritik dari Bonek karena dianggap kurang sesuai memainkan posisi sebagai breaker. Tapi, pemain asli Surabaya itu membuktikan bahwa dirinya adalah sosok penting di tim dengan kualitasnya di lini tengah.

“Sebenarnya Rian bagus tidak hanya malam ini saja. Setiap penampilan Rian bagus di mata saya. Jadi, Rian ini salah satu bagian terpenting di Persebaya. Hanya saja mungkin kalau kami tidak menang pandangan berbeda. Kalau dari kacamata saya, Rian selalu tampil konsisten,” imbuhnya.

3 dari 4 halaman

Rekor Mentereng

Di sisi lain, Persebaya menjadi satu-satunya tim yang berhasil dua kali menundukkan Bali United di BRI Liga 1. Sebelumnya, Bajul Ijo menang 3-1 atas Serdadu Tridatu dalam putaran pertama pada 5 Januari 2022.

Dua kemenangan Persebaya ini jadi kekalahan terbesar Bali United musim ini. Atas hasil tersebut, Aji Santoso sempat mengklaim sebutan juara tanpa mahkota karena tim kampiun tak pernah mendapat poin kontra Persebaya.

Hasil ini membawa Persebaya untuk sementara naik ke peringkat ketiga dengan 63 poin. Mereka berpeluang besar masuk daftar tunggu tim yang bisa menembus Piala AFC musim depan.

4 dari 4 halaman

Yuk Tengok Posisi Persebaya Saat Ini

Video Populer

Foto Populer