Sukses


Berkolaborasi dengan Pancoran Soccer Field, Garuda Anak Nusantara Kembali Gelar Liga U-12 dan U-14

Bola.com, Jakarta - Garuda Anak Nusantara Football Community kembali menggelar event sepak bola usia dini. Berkolaborasi dengan Pancoran Soccer Field, Garuda Anak Nusantara mengggelar LiGANa PSF U-12 dan GAN PSF League U-14 pada Juni hingga Oktober 2022.

Sepak bola Indonesia perlahan tapi pasti mulai bangkit setelah sempat terhenti karena pandemi COVID-19 yang menyerang sejak awal 2020. Setelah kompetisi sepak bola profesional digelar sejak pertengahan 2021, kini sepak bola usia dini dan remaja pun mulai kembali marak digelar.

Satu di antaranya adalah LiGANa PSF U-12 dan GAN PSF League U-14 2022. Kompetisi sepak bola usia remaja yang digarap oleh Garuda Anak Nusantara dan berkolaborasi bersama Pancoran Soccer Field itu digelar untuk kembali menggairahkan semangat anak-anak Indonesia untuk berlatih dan bertanding sepak bola lagi setelah pandemi COVID-19.

"Event ini boleh dikatakan sebuah rencana yang tertunda akibat pandemi. Awal 2020, GAN Sebenarnya sudah punya rencana menggelar event ini setelah tahun-tahun sebelumnya rutin menggelar event berbentuk festival," ujar Ketua Garuda Anak Nasional Football Community, Endra Gunawan, kepada Bola.com, Sabtu (9/4/2022).

"Sekarang, karena pandemi sudah mulai mereda, GAN merasa sudah saatnya untuk kembali mengajak anak-anak beraktivitas di lapangan. Sudah pasti, kami tetap waspada dengan protokol kesehatan dan menjadikan vaksinasi sebagai persyaratan," lanjutnya.

Sebelum menggelar liga untuk U-12 dan U-14 di Pancoran Soccer Field pada Juni hingga Oktober 2022 mendatang, Garuda Anak Nusantara sudah lebih dulu menggelar Festival U-10 dan U-12 serta turnamen U-14 di Yogyakarta pada Maret 2022.

Keberhasilan Garuda Anak Nusantara kembali menggulirkan turnamen dan festival sepak bola usia dini di Yogyakarta menjadi awalan dari kembali bergairahnya sepak bola usia dini sebagai pembinaan untuk perkembangan sepak bola Indonesia di masa yang akan datang.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Pembinaan dan Pencarian Bakat

 

Turnamen LiGANa PSF U-12 dan GAN PSF U-14 League ini diharapkan bisa menjadi ajang bagi talent scouting klub amatir dan profesional untuk merekrut bakat-bakat muda yang akan berkompetisi.

Pembinaan pun menjadi fokus yang didukung oleh Chairman Pancoran Soccer Field, Gede Widiade, untuk berkolaborasi dengan Garuda Anak Nusantara menggelar kompetisi untuk anak U-12 dan U-14 itu.

"Kita punya tujuan yang sama, ingin menggelar sebuah turnamen usia dini. Sebuah pembinaan tanpa alat untuk mengukurnya akan sia-sia. Pembinaan dengan alat ukur kompetisi dan turnamen akan sangat baik. Saya melihat tujuan GAN dan PSF ini sama. Jadi saya mencoba untuk berkolaborasi dan memberikan kesempatan kepada yang juara untuk menempatkan pemainnya di PSF Academy yang punya tim di Liga 3 dan Liga 2," ujar Gede Widiade dalam keterangannya yang diterima Bola.com.

"Jadi dari turnamen ini, khususnya yang U-14, mereka yang lolos dan bisa memenuhi kriteria dari PSF akan menerima beasiswa dari akademi PSF untuk U-15. Kami berharap dengan awal yang bagus ini, bisa muncul talenta baru untuk membantu federasi (PSSI) mendapatkan talenta baru di dunia SSB," lanjutnya.

 

3 dari 3 halaman

Sistem Pertandingan

 

Mengingat LiGANa PSF U-12 dan GAN PSF U-14 League ini bertujuan untuk menggairahkan kembali sepak bola usia muda, Garuda Anak Nusantara dan Pancoran Soccer Field menggelar pertandingan setiap akhir pekan, yaitu Sabtu dan Minggu, mulai 18 Juni 2022. Berlangsung selama tujuh pekan, tim-tim terbaik akan bertanding di semifinal dan final pada Oktober 2022.

Khusus untuk liga U-12, pertandingan akan mempertemukan dua tim yang terdiri dari 9 pemain setiap tim di lapangan, bermain di lapangan berukuran 40 meter x 60 meter, atau setengah lapangan sepak bola yang sesungguhnya, dengan durasi 2x15 menit waktu bersih.

Sementara untuk liga U-14, Garuda Anak Nusantara mempersiapkan laga digelar dengan format seperti sepak bola pada umumnya, yaitu pemain berjumlah 11 orang, dengan lapangan berukuran penuh dan durasi laga 2x30 menit.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer