Sukses


Cerita Ondrej Kudela Saat Baru Gabung Persija: Terkesima Antusiasme The Jakmania

Bola.com, Jakarta - Pemain asing Persija Jakarta, Ondrej Kudela, saat ini tengah pulang ke kampung halamannya karena mendapatkan panggilan memperkuat Timnas Republik Ceska. Momen kepulangan itu membuat Ondrej Kudela banyak bercerita mengenai Persija ke media negaranya, termasuk soal antusiasme The Jakmania.

Ondrej Kudela baru saja bergabung bersama Persija Jakarta di BRI Liga 1 2022/2023. Pemain asal Republik Ceska itu diboyong oleh Thomas Doll yang juga baru musim ini menangani Macan Kemayoran.

Keputusan Ondrej Kudela bergabung bersama Persija cukup membuat banyak kerabatnya, termasuk media massa Republik Ceska. Kepada isport.cz, Ondrej Kudela berbagi cerita mengenai keputusan bergabung dengan Persija Jakarta dan perasaan takjub melihat The Jakmania.

Dalam wawancara eksklusifnya bersama media Rep. Ceska itu, Ondrej Kudela mendapatkan pertanyaan mengenai proses adaptasi yang harus dilewatinya di Indonesia bersama Persija Jakarta.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Terkejut dengan Gairah The Jakmania

Dalam jawabannya, pemain Persija Jakarta pun mengungkapkan keterkejutan dirinya ketika baru tiba di Jakarta. Hal itu sudah langsung dirasakannya ketika baru tiba di bandara, di mana penggemar Persija Jakarta sudah menyambutnya ketika baru menginjakkan kaki.

"Saya sempat bertanya-tanya akan seperti apa nantinya. Dan ketika saya tiba di bandara dan dikelilingi oleh banyak orang, saya berpikir ' Apa yang mereka lakukan di sini? Saya bukan bintang'. Tapi, begitulah cara mereka melihat saya," ujar Kudela kepada iSport.cz.

"Manajer kemudian memperingatkan saya bahwa penggemar sudah menunggu saya. Ketika pintu terbuka ternyata sudah ramai dan mereka mengatakan 'Jakmania'. Saya bingung, apa yang mereka lakukan di sini? Kemudian saya mengerti mereka sangat bersemangat soal sepak bola," lanjut pemain Persija Jakarta itu.

3 dari 5 halaman

Cuaca Jadi Tantangan Adaptasi Terbesar

Datang dari Eropa ke Indonesia tentu banyak tantangan yang harus dihadapi oleh Ondrej Kudela. Pemain Persija Jakarta itu pun mengaku cuaca adalah tantangan terbesar yang harus dirasakannya, di mana perbedaan suhu udara dan kelembabannya benar-benar luar biasa.

"Masalah terbesar adalah beradaptasi dengan cuaca. Perubahannya jika dibandingkan Republik Ceska sangat besar. Membiasakan diri dengan kelembabannya tidak mudah," ujar Kudela.

"Anda berjalan di jalanan dan panasnya luar biasa. Anda seperti memanggang di bawah sinar matahari dan udaranya lembab. Namun, kami sudah mengetahui itu sebelumnya," lanjutnya.

 

4 dari 5 halaman

Banyak Orang Senang Membantu

Keramahan masyarakat Indonesia pun mendapatkan pujian dari Ondrej Kudela. Menurutnya, banyak orang yang senang membantunya meski dirinya tak pernah ada masalah jika orang lain tidak peduli atau tidak membantunya.

"Saya sangat senang dengan mentalitas orang-orang di sana. Saya tidak punya masalah dengan siapa pun yang tidak mau membantu saya. Semua orang baik, suka membantu," ujar Kudela.

"Agama berperan besar di sana, kebanyakan orang adalah Muslim, jadi mereka berdoa sebelum latihan, setelah latihan, sebelum makan, setelah makan. Saya hanya duduk dan menyaksikannya," lanjutnya.

Sumber: iSport.cz

5 dari 5 halaman

Posisi Persija di BRI Liga 1 Saat Ini

Video Populer

Foto Populer