Sukses


Rapor Debut Jordi Amat bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2022: Beban Pemain Naturalisasi Eropa tapi Kualitasnya Terbukti

Bola.com, Jakarta - Laga Timnas Indonesia melawan Timnas Kamboja, Jumat (23/12/2022) tak akan dilupakan Jordi Amat. Laga babak grup Piala AFF 2022 itu menjadi debut Amat bersama Timnas Indonesia.

Pemain berusia 30 tahun itu dipasang sebagai bek tengah. Amat menjadi rekan duet bagi bek senior yang lain, Fachruddin Aryanto.

Penampilan Jordi Amat secara umum tidak terlalu spesial. Apalagi dalam laga itu gawang Timnas Indonesia berhasil dibobol sekali oleh Timnas Kamboja.

Kebobolan itu seharusnya bisa dicegah. Sebab, sebelum bola masuk ke gawang, para pemain belakang Timnas Indonesia termasuk Amat tampak salah dalam melakukan koordinasi.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Kalah Cepat

Jordi Amat juga terlihat tidak terlalu memiliki kecepatan. Pemain Johor Darul Ta'zim itu beberapa kali kesulitan ketika harus beradu spirnt dengan para pemain Kamboja.

Beberapa kali Pratama Arhan harus bekerja keras untuk melakukan cover ketika Jordi Amat kalah dalam adu sprint.

Namun, ada satu hal yang bisa menjadi nilai positif dari Jordi Amat. Eks pemain Swansea City itu tampak nyaman dalam membangun serangan dari lini belakang.

Bahkan, Amat hampir memberikan satu assist pada laga itu. Sayangnya umpan terobosannya gagal dimanfaatkan oleh Egy Maulana Vikri.

3 dari 5 halaman

Beban Laga Perdana

Penampilan Jordi Amat secara umum membaik pada babak kedua. Koordinasinya dengan Fachruddin Aryanto dan kedua bek sayap pun membaik.

Jordi Amat bisa saja diserang kegugupan yang luar biasa pada babak pertama. Sebab, laga melawan Kamboja merupakan laga debutnya bersama Timnas Indonesia.

Laga itu juga dihadiri oleh penonton. Sesuatu yang tidak dirasakan sepak bola Indonesia selama lebih dari 2 bulan.

Selain itu, Jordi Amat juga menanggung beban harapan yang tinggi. Sebagai pemain yang berpengalaman di Eropa, tentu publik sepak bola Tanah Air menaruh harapan tinggi terhadap pemain keturunan Spanyol itu.

4 dari 5 halaman

Klasemen Sementara

 Klasemen Grup A

Pos Tim M K S Poin
1 Thailand 1 0 0 3
2 Filipina
3 Indonesia
4 Kamboja 1 1
5 Brunei 0 2 0 0

Jadwal dan Hasil Pertandingan Grup A

Kamboja Vs Filipina (3 - 2)

Brunei Vs Thailand (0 - 5)

Filipina Vs Brunei (5 - 1)

Indonesia Vs Kamboja (2 - 1)

Brunei Vs Indonesia

Thailand Vs Filipina

Kamboja Vs Brunei

Indonesia Vs Thailand

Thailand Vs Kamboja

Filipina Vs Indonesia

 

Klasemen Grup B

Pos Tim M K S Poin
1 Vietnam
2 Malaysia
3 Singapura
4 Myanmar
5 Laos 0 1 0 0

Jadwal dan Hasil Pertandingan Grup B

Myanmar Vs Malaysia (0 - 1)

Laos Vs Vietnam (0 - 6)

Singapura Vs Myanmar

Malaysia Vs Laos

Laos Vs Singapora

Vietnam Vs Malaysia

Myanmar Vs Laos

Singapora Vs Vietnam

Vietnam Vs Myanmar

Malaysia Vs Singapora

 

5 dari 5 halaman

Laga Selanjutnya

Brunei Vs Indonesia

Kuala Lumpur FA Stadium

Senin (26/12/2022)

Pukul 17.00 WIB

Video Populer

Foto Populer