Sukses


Thomas Doll Meradang! Dony Tri Dipanggil ke Timnas Indonesia Vs Burundi tapi Berlatih dengan Timnas U-20, Senggol Shin Tae-yong Lagi?

Bola.com, Tangerang - Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll diam-diam mengamati aktivitas Timnas Indonesia dan timnas U-20. Arsitek asal Korea Selatan itu lalu menemukan kejanggalan.

Thomas Doll melihat bahwa bek Persija, Dony Tri Pamungkas, berlatih dengan timnas U-20, bukan bersama Timnas Indonesia untuk beruji coba dua kali dengan Timnas Burundi dalam FIFA Matchday Maret 2023.

Persija dan Timnas Indonesia sempat berlatih sebelah-sebelahan di lapangan latihan Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara pada 23 Maret 2023.

Ketika itu, Persija berlatih untuk lanjutan BRI Liga 1 2022/2023 yang masih digelar dalam periode FIFA Matchday, sementara Timnas Indonesia bersiap untuk melawan Burundi pada 25 dan 28 Maret 2023.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

6 Pemain Persija Dipanggil Timnas Indonesia

Dony Tri menjadi satu dari lima pemain Persija yang dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia bersama Witan Sulaeman, Syahrian Abimanyu, Hansamu Yama, Riko Simanjuntak, dan Muhammad Ferarri.

Namun, Shin Tae-yong juga memercayakan Dony Tri, Ferarri, dan enam pemain muda Persija lainnya ke timnas U-20 yang tengah menggelar pemusatan latihan di Jakarta pada 20 Maret-1 April 2023.

Keenam youngster Persija itu ialah Ginanjar Wahyu, Frengky Missa, Achmad Maulana Syarif, Resa Aditya Nugraha, Cahya Supriadi, dan Alfriyanto Nico.

3 dari 7 halaman

Penglihatan Thomas Doll

"Kami mendapatkan surat bahwa beberapa pemain akan pergi ke Timnas Indonesia. Ada pemain muda juga yaitu Dony Tri yang masuk daftar," ujar Thomas Doll dalam konferensi pers sebelum Persija melawan Persita Tangerang.

"Akan tetapi, ketika Timnas Indonesia berlatih, dia tidak ikut. Dia berlatih bersama timnas U-20 di lapangan yang sama namun di sudut yang berbeda," tutur Thomas Doll.

Kala berlatih di JIS pada 23 Maret 2023, Timnas Indonesia memang berlatih bareng dengan timnas U-20 di lapangan yang sama karena sama-sama dipimpin Shin Tae-yong.

4 dari 7 halaman

Ungkapan Thomas Doll

"Jadi itulah mengapa saya mengatakan banyak hal. Mereka tidak benar di sini. Saya senang ketika semua orang pergi ke Timnas Indonesia," ungkap Thomas Doll.

"Tetapi itu tidak mungkin terjadi. Mereka mengundangnya secara resmi Timnas Indonesia dan kemudian dia berlatih dengan timnas U-20 karena mereka berlatih bersebelah-sebelahan."

"Ini sangat tidak benar. Ketika Anda mengundangnya, biarkan dia berlatih dengan Timnas Indonesia untuk berlatih taktik dan jangan mengirimnya ke timnas U-20 untuk melakukan sprint dan segalanya," terangnya.

5 dari 7 halaman

Belum Lepas Pemain ke Timnas U-20

Persija masih menahan para pemainnya bergabung ke timnas U-20 karena masih membutuhkan tenaganya buat melawan Persita Tangerang di Indomilk Arena, Tangerang, Selasa (28/3/2023) malam WIB.

"Bagaimana mereka melakukan ini untuk mendapatkan pemain dari kami. Sebab, pemain timnas U-20 kami, mereka masih ada di sini," ungkap pria berusia 56 tahun tersebut.

Thomas Doll merasa, sepanjang kariernya sebagai pesepak bola termasuk puluhan kali membela Timnas Jerman Timur dan Timnas Jerman, lalu menjadi pelatih selama 20 tahun lebih, baru kali ini ia melihat kondisi seperti ini.

6 dari 7 halaman

Keluh Kesah Thomas Doll

"Saya sudah lama di sepak bola. Saya bermain sekitar 50 kali buat tim nasional. Saya sudah lama menjadi pelatih. Saya tidak pernah melihat hal seperti ini," tutur Thomas Doll.

"Apa yang terjadi di sekitar tim, tidak ada yang mengatakan sepatah kata pun kepada saya. Sungguh, ini tidak benar. Tapi saya harus menerima semuanya di sini dan semua orang ingin melihat Persija sukses."

"Berapa menit yang didapatkan Dony Tri ketika Timnas Indonesia melawan Burundi? Berapa? Nol! Jadi itu saja," ucap bekas juru taktik Hamburg SV hingga Borussia Dortmund tersebut.

7 dari 7 halaman

Berpeluang Debut

Dony Tri memang tidak dimainkan Shin Tae-yong ketika Timnas Indonesia menang 3-1 atas Burundi dalam uji coba pertama di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi pada 25 Maret 2023.

Namun, pemain serbabisa berusia 18 tahun itu berpeluang untuk melakoni debutnya bersama Timnas Indonesia ketika beruji coba jilid kedua dengan Burundi di Stadion Patriot pada Selasa (28/3/2023) malam WIB.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer