Sukses


Rencana Timnas Indonesia Vs Argentina untuk FIFA Matchday Juni 2023, Pengamat: Bergengsi Pasti, Bermanfaat?

Bola.com, Jakarta - Dunia sepak bola Indonesia tengah ramai membicarakan rencana PSSI mengajak Argentina melakukan laga persahabatan internasional dengan Timnas Indonesia untuk FIFA Matchday Juni 2023.

Jurnalis Argentina, Gaston Edul, adalah yang mengungkapkan adanya rencana Timnas Argentina menjalani tur Asia pada Juni 2023 dengan China dan Indonesia menjadi destinasi.

Kemudian ada pula Rory Smith dari The New York Times yang mencoba mengkalkulasi biaya yang perlu dikeluarkan untuk mengundang Argentina. Ia menyebut biayanya mencapai USD 5 juta atau sekitar Rp73 miliar.

Pro dan kontra mengenai rencana mengundang Argentina pun muncul. Ada yang setuju karena biaya mahal itu wajar harus dikeluarkan oleh PSSI karena Argentina merupakan juara Piala Dunia 2022.

Namun, tentu ada pula yang tidak setuju dan menganggap biaya tersebut sangat mahal, sementara dampak untuk Timnas Indonesia belum tentu signifikan.

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Perlu Menghadapi Argentina?

Menyikapi hal itu pengamat sepak bola Indonesia, Kesit Budi Handoyo, mengatakan siapa pun lawan Timnas Indonesia beruji coba tak jadi masalah. Namun, dengan beban biaya yang luar biasa, Kesit menilai aspek 'perlu' harus menjadi pertimbangan.

"Intinya boleh-boleh saja kalau Timnas Indonesia bisa uji tanding melawan juara dunia, Argentina," ujar Kesit Budi Handoyo kepada Bola.com, Selasa (9/5/2023).

"Hanya saja, menurut saya, kalau untuk saat ini belum perlu kita melakukan sebuah pertandingan persahabatan dengan Argentina," lanjutnya.

 

3 dari 4 halaman

Banyak Alternatif Lain

Menurut Kesit, PSSI harus segera mempertimbangkan segala hal, termasuk jika harus membatalkannya. Menurut pria yang sering menjadi komentator pertandingan di beberapa stasiun televisi nasional ini, Timnas Indonesia lebih baik menggelar uji coba melawan tim-tim Asia, Timur Tengah, atau Afrika.

"Masih banyak negara lain di kawasan Asia, seperti Jepang atau Korea, yang masih lebih worth it menjadi lawan tanding. Mereka juga tim yang main di level dunia dan menjadi langganan Piala Dunia. Melawan kedua negara ini saja belum tentu Indonesia menang, apalagi kalau melawan Argentina," ujarnya.

"Dari sisi bisnis, biaya mendatangkan Argentina tidak akan sebanding dengan pemasukan yang bakal didapatkan oleh penyelenggara. Siapa pun promotornya, menurut saya, pasti akan merugi," lanjutnya.

 

4 dari 4 halaman

Bergengsi Pasti, tetapi Bermanfaat?

Kesit juga menegaskan, jika ada rasa gengsi atau enggan mendatangkan tim dari Asia, PSSI bisa mencari alternatif dengan mendatangkan negara Eropa dengan anggaran yang lebih murah ketimbang mendatangkan Argentina.

Namun, hal itu tergantung dari PSSI. Kesit melihat uji coba Timnas Indonesia melawan Argentina saat ini bukanlah sebuah keharusan, kecuali ada maksud dan tujuan lain dengan mendatangkan Argentina ke Indonesia.

"Kalau enggan mendatangkan tim dari Asia misalnya, dari Eropa atau Afrika juga kelasnya tidak kalah. Sebut saja Kroasia atau Serbia, atau Maroko dan Mesir. Banyak juga pemain hebat dari negara-negara tersebut. Peringkat mereka di Ranking FIFA juga di atas Indonesia," ujar Kesit.

"Saya curiga ini hanya proyek mercusuar saja. Buat Timnas Indonesia juga belum tentu membeikan banyak manfaat. Oke secara gengsi bisa didapatkan karena mendatangkan tim juara dunia, tetapi apakah dengan melawan Argentina nanti tim nasional kita kemudian jadi hebat? Enggak kan?" tanya Kesit sembari mengakhiri pembicaraan.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer