Sukses


Demi Stadion GBT Jadi Venue Kandang Liga 1 Musim Depan, Persebaya Perlu Izin Kementerian PUPR

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya sedang berupaya untuk kembali menjadikan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, kandang untuk musim depan. Terdekat, mereka juga akan menggelar laga pramusim perayaan HUT Kota Surabaya akhir Mei ini.

Manajemen Persebaya Surabaya bersama suporter Bonek melakukan pertemuan dengan Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, di Balai Kota Surabaya, Selasa (9/5/2023).

Pertemuan ini membahas penggunaan Stadion GBT untuk laga uji coba dan Liga 1 musim depan. Stadion yang akan jadi kandang Persebaya memang menjadi bahasan yang cukup hangat di Surabaya dalam beberapa hari terakhir.

Sebelumnya, Kadisbudporapar Surabaya, Wiwiek Widayati, menyatakan kepada media penggunaan Stadion GBT untuk pertandingan sepak bola termasuk Persebaya Surabaya masih tanda tanya.

Penyebabnya, belum ada serah terima dari Kementerian PUPR ke Pemkot terkait dengan persiapan Piala Dunia U-20 2023 yang akhirnya batal terselenggara di Indonesia.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Wali Kota Surabaya Siap Membantu

Wali Kota Eri Cahyadi mengupayakan agar Persebaya Surabaya tetap bisa kembali menggunakan Stadion GBT.

“Kita di sini ingin mencari terobosan, agar Persebaya bisa melakukan pertandingan pramusim maupun Liga 1 di GBT,” kata Eri Cahyadi dikutip dari situs resmi Persebaya.

“Kebetulan tadi pagi saya ditelepon Waketum PSSI Zainudin Amali, bahwa GBT akan menjadi tuan rumah Timnas Indonesia melawan Palestina pada 14 Juni. Saya bilang ke Pak Waketum, kalau timnas bisa, Persebaya juga harus bisa main di GBT,” lanjutnya.

Persebaya memang harus melewati birokrasi yang tidak seperti biasanya untuk mendapat izin penggunaan Stadion GBT.

Sebagai informasi, pada November 2022 lalu, ada serah terima Stadion GBT dari Pemkot Surabaya ke Kementerian PUPR terkait persiapan Piala Dunia U-20. Saat ini, posisinya belum ada serah terima ulang.

“Karena itu, Kamis nanti saya bersama Mas Azrul, akan menghadap Kementerian PUPR, kami meminta izin untuk Persebaya bisa bermain di GBT,” ujar Eri Cahyadi.

Kondisi Stadion GBT sendiri masih perlu perbaikan, yakni proses jahit rumput sintetis yang belum tuntas. Namun, itu bukan menjadi halangan mengingat pada Juni mendatang Stadion GBT akan digunakan untuk pertandingan.

“Tinggal dicarikan waktu, dan penyesuaian jadwal. Kalau Persebaya tidak bisa pakai GBT, Timnas vs Palestina juga tidak bisa di GBT. Saya sudah diskusi dengan Pak Waketum, secara teknis dua-duanya bisa main di GBT,” ucap Eri.

 

3 dari 4 halaman

Segera Kembali Berlatih

 

Sementara di sisi lain, Persebaya Surabaya akan mulai latihan lagi pada Rabu (10/5/2023) untuk mempersiapkan diri menatap Liga 1 2022/2023. Ada beberapa laga uji coba yang akan mereka lakoni saat pramusim.

Pada 28 Mei 2023, rencananya Bajul Ijo akan menjalani uji coba melawan Bali United. Lalu pada 18 Juni 2023, mereka akan kembali menjalani partai uji coba di GBT melawan Persija Jakarta.

Sementara di luar jadwal uji coba di Surabaya, Persebaya juga akan melakoni uji coba di markas klub lain yang masih belum dipastikan.

4 dari 4 halaman

Persaingan di Liga 1

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer