Sukses


Bek Thailand yang Pernah Diserang Netizen +62, Mau Pensiun Setelah Lawan Timnas Indonesia U-22 di Final SEA Games 2023

Bola.com, Phnom Penh - Bek Timnas Thailand U-22 yang pernah diserang netizen Indonesia, Jonathan Khemdee, menyatakan akan pensiun setelah melawan Timnas Indonesia U-22 di babak final SEA Games 2023 Kamboja.

Khemdee bakal lebih dulu membela Thailand U-22 kontra Timnas Indonesia U-22 dalam partai puncak SEA Games 2023 di Olympic Stadium, Phnom Penh, pada Selasa (16/5/2023) malam WIB.

Khemdee tidak akan membela Thailand lagi setelah SEA Games 2023. Palang pintu berusia 21 tahun itu tetap bakal berkarier di level klub bersama Ratchaburi di kompetisi Negeri Gajah Putih.

"Halo semua penggemar sepak bola. Pertandingan ini akan menjadi penampilan terakhir saya untuk Thailand," tulis Khemdee dalam akun Instagramnya, @jkhemdee17, Selasa (16/5/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Ungkapan Jonathan Khemdee

Khemdee tidak menjelaskan secara spesifik mengenai penyebabnya pensiun dari Thailand. Sebagai hadiah perpisahan, pemuda berdarah Denmark itu ingin mempersembahkan medali emas.

"Saya ingin berterima kasih kepada semua orang yang mendukung dan mengikuti saya serta mendorong saya sepanjang waktu," imbuh Khemdee.

"Saya berharap saya bisa memenangkan medali emas untuk semua orang di Thailand dan menyelesaikan pertandingan terakhir saya untuk tim ini dengan baik," jelasnya.

3 dari 6 halaman

Provokator di SEA Games 2021

Transfermarkt mencatat bahwa Khemdee telah sebelas kali memperkuat Thailand U-22 atau U-23 sejak debutnya kontra Timnas Mongolia U-23 pada Oktober 2021.

Khemdee juga menjadi bagian dari Thailand U-23 ketika mengalahkan Timnas Indonesia U-23 1-0 lewat tambahan waktu pada semifinal SEA Games 2021 Vietnam.

Sesudah pertandingan, Khemdee dihabisi netizen Indonesia karena dianggap sebagai provokator yang membuat Timnas Indonesia U-23 harus kehilangan tiga pemainnya akibat kartu merah yaitu Firza Andika, Rachmat Irianto, dan Ricky Kambuaya.

4 dari 6 halaman

Akun Instagram Lenyap

Bahkan, akun Instagram Khemdee sempat lenyap karena dilaporkan oleh warganet Indonesia. Beberapa saat berselang, jebolan Liga Denmark membuat akun lagi mengungkapkan penyesalannya dan meminta maaf.

"Hati saya akan selalu untuk Thailand. Sejak partai pertama kontra Mongolia, saya mendedikasikan diri 100 persen untuk membuat keluarga saya dan penggemar sepak bola Thailand bangga. Ayo bawa pulang medali emasnya," ungkap Khemdee.

5 dari 6 halaman

Unggahan Jonathan Khemdee

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Jonathan Khemdee (@jkhemdee17)

6 dari 6 halaman

Bola.com di Kamboja

Sahabat Bola.com bisa menikmati sajian eksklusif liputan SEA Games 2023 Kamboja dengan mengklik tautan ini.

<p>SEA Games 2023 - Laporan Langsung dari Kamboja Bersama Abdul Aziz dan Gregah Nurikhsani (Bola.com/Decika Fatmawaty)</p>

Video Populer

Foto Populer