Sukses


Jejak Legenda Timnas Argentina di Indonesia: Mario Kempes dan Diego Maradona Sudah, Next Lionel Messi

Bola.com, Jakarta - Meski belum dikonfirmasi pihak PSSI, Twitter resmi Timnas Argentina telah mengumumkan pertandingan uji coba kontra Timnas Indonesia di Jakarta pada 19 Juni 2023.

Hari ini, melalui unggahan tersebut, Timnas Argentina diketahui bakal terlebih dahulu bersua Australia di Beijing, China, 15 Juni.

Setelah itu, Timnas Argentina baru akan terbang ke Jakarta untuk menghadapi skuad asuhan Shin Tae-yong.

Satu nama bintang Timnas Argentina, Lionel Messi tentu sangat ditunggu kehadirannya saat bertemu Timnas Indonesia.

Ini bakal jadi momen bersejarah buat sepak bola Indonesia mengingat karier Lionel Messi mungkin sudah tidak panjang lagi.

Jika Lionel Messi datang, maka akan melengkapi daftar legenda Timnas Argentina yang pernah datang ke Indonesia.

Sebelumnya ada Mario Kempes dan Diego Armando Maradona. Yuk scroll ke bawah untuk mengetahui ceritanya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Yuk Ikutan Kuis Tebak Juara Liga Champions

https://www.newshub.id/interactive2/4425
3 dari 4 halaman

Mario Kempes

Mario Kempes merupakan striker Timnas Argentina di Piala Dunia 1974, 1978, dan 1982. Bahkan ia menjadi pencetak gol terbanyak Piala Dunia 1978 yang digelar di Argentina. Mario Kempes menorehkan enam gol dalam gelaran tersebut dan membawa timnya menjadi juara dunia.

Sebelum hijrah ke Indonesia, Mario Kempes sempat menyatakan gantung sepatu pada 1995 saat membela Fernandez Vial. Namun, kemudian ia tergiur untuk menjajal peruntungan di Indonesia pada 1996 dan bergabung bersama Pelita Jaya.

Ia sempat diragukan bisa bersinar bersama klub milik Nirwan Dermawan Bakrie itu. Usia yang sudah tergolong tua dan postur tubuh yang tambun jelas sudah memperlihatkan bahwa dirinya bukan lagi seorang pesepak bola yang ideal.

Namun, pemain kelas dunia itu mampu memperlihatkan kualitasnya. Ia mencetak 10 gol dalam 15 laga yang dimainkannya. Namun, Mario Kempes hanya satu musim bermain di Indonesia dan memutuskan benar-benar gantung sepatu.

4 dari 4 halaman

Diego Maradona

Nama satu ini juga termasuk legenda Argentina. Diego Maradona adalah suksesor Kempes. Dia membawa Tim Tango menjuarai Piala Dunia 1986. Edisi itu turut dikenang dunia berkat gol “Tangan Tuhan” dari Maradona.

Jauh sebelumnya, Maradona rupanya pernah menghadapi Timnas Indonesia. Itu terjadi dalam ajang Piala Dunia U-20 1979. Saat itu, Timnas Argentina U-20 membantai Timnas Indonesia U-20 dengan skor 5-0.

Tapi, itu tak terjadi di Indonesia. Piala Dunia U-20 1979 digelar di Jepang. Lantas, kapan Maradona berkunjung ke Indonesia? Maradona pernah datang ke Indonesia pada 29 Juni hingga 2 Juli 2013 silam.

Dia mengunjungi Jakarta, Surabaya, dan Makassar. Maradona juga sempat memberikan seminar dan coaching clinic. Selama di Ibu Kota, Maradona tidak lupa menyambangi Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Sayang rangkaian kegiatan Maradona slama di Indonesia tidak berlangsung mulus. Sejumlah acara yang direncanakan dihadiri mantan pemain Napoli itu batal berlangsung. Begitu juga saat coaching clinic di SUGBK, Maradona tidak turun ke lapangan, tapi hanya bersedia berbagi tanda tangan. 

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer