Sukses


Membandingkan Nilai Pasar Skuad Timnas Indonesia dan Argentina: Bak Bumi dan Langit, Lionel Messi Bukan yang Termahal

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan menjamu Timnas Argentina pada laga FIFA Matchday, Senin (19/6/2023). Laga ini akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Laga tersebut tentu sangat penting buat Timnas Indonesia. Maklum, tim yang akan dihadapi, Timnas Argentina, berstatus sebagai juara Piala Dunia 2022.

Pasukan Shin Tae-yong bisa menjadikan laga tersebut sebagai pengalaman berharga. Selain itu, Tim Garuda juga bisa membidik hasil terbaik demi memperbaiki peringkat di ranking FIFA.

Lantas, seperti apa nilai pasar dari masing-masing pemain yang ada di skuad Timnas Indonesia dan Timnas Argentina? Berikut ini penjabarannya versi Bola.com yang mengacu kepada data Transfermarkt.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Argentina Tembus Rp10,4 Triliun

Timnas Argentina saat ini memiliki nilai pasar pemain dengan total 657 juta euro (Rp10,4 triliun). Jumlah itu terbagi dalam total 28 pemain.

Pemain dengan nilai pasar paling tinggi di skuad Timnas Argentina saat ini adalah Enzo Fernandez. Gelandang Chelsea itu punya harga 85 juta euro (Rp1,3 triliun).

Adapun Lionel Messi berada di urutan keempat dengan nilai pasar 45 juta euro (Rp714 juta). Messi berada di belakang Cristian Romero (60 juta euro) dan Julian Alvarez (50 juta euro) yang ada di posisi kedua dan ketiga.

Sementara itu, nilai pasar terendah yang ada di skuad Timnas Argentina dimiliki oleh Nicolas Otamendi. Pemain berusia 35 tahun itu memiliki nilai pasar sebesar 3 juta euro (Rp4,7 miliar).

3 dari 4 halaman

Timnas Indonesia Cuma Rp

Sementara itu, jumlah harga pasar pemain Timnas Indonesia hanya 8,7 juta euro (Rp138,1 miliar). Jumlah itu merupakan total dari 26 pemain yang dipanggil untuk dua laga FIFA Matchday Juni 2023.

Pemain dengan nilai pasar termahal yang ada di skuad Timnas Indonesia saat ini dimiliki Sandy Walsh. Pemain naturalisasi itu punya harga sebesar 2 juta euro (Rp31,7 miliar).

Adapun nilai pasar terendah dimiliki Ivar Jenner dan Rafael Struick. Kedua itu sama-sama punya nilai pasar sebesar 25 ribu euro (Rp397,1 juta).

4 dari 4 halaman

Sangat Wajar

Perbedaan mencolok dalam daftar nilai pasar yang dimiliki pemain Timnas Indonesia dan Argentina sangat wajar. Pemain Timnas Argentina mayoritas berkarier di Eropa bersama klub-klub elite.

Adapun mayoritas pemain Timnas Indonesia berkarier di dalam negeri. Tercatat hanya tujuh nama yang berstatus sebagai pemain aboard.

Selain itu, perbandingan yang dilakukan juga tak seimbang. Secara level saja Timnas Indonesia dan Argentina jauh berbeda.

Timnas Argentina merupakan juara dunia dengan posisi ranking satu FIFA. Adapun Timnas Indonesia jauh berada di bawahnya dengan posisi ke-149.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer