Sukses


Pertarungan Lini per Lini PSIS Vs Persebaya di BRI Liga 1: Sama-sama Membahayakan

Bola.com, Semarang - PSIS Semarang berusaha ngotot untuk bangkit di BRI Liga 1 2023/2024. Klub berjulukan Laskar Mahesa Jenar itu bakal menjamu Persebaya Surabaya pada pekan ketiga di Stadion Jatidiri, Semarang, Minggu (16/7/2023).

Duel ini diprediksi bakal berlangsung menarik. Komposisi materi pemain kedua tim sama-sama memiliki kekuatan yang membahayakan.

PSIS Semarang memetik kemenangan di pekan pertama saat berstatus tuan rumah. Mereka unggul 3-1 saat menjamu Bhayangkara FC (3/7/2023). Namun, pada pekan kedua BRI Liga 1, PSIS kalah 0-2 saat melawat ke markas Persita Tangerang (8/7/2023).

Sedangkan Persebaya memiliki modal yang cukup apik untuk mencuri poin di Semarang. Klub berjulukan Bajul Ijo itu masih belum kalah dalam dua laga.

Sempat menang 3-2 di kandang Persis Solo (1/7/2023) dan ditahan imbang 1-1 oleh Barito Putera (8/7/2023).

Catatan itu membuat Persebaya berpotensi untuk memenangkan pertandingan kontra PSIS. Persebaya punya pengalaman mempermalukan tim tuan rumah.

Pertemuan terakhir kedua tim secara kebetulan juga terjadi di Stadion Jatidiri, Semarang, pada 29 Maret 2023. Hasilnya, Persebaya saat itu berhasil mempermalukan tuan rumah PSIS dengan skor 2-1.

Bahkan, Persebaya dua kali menundukkan PSIS di BRI Liga 1 musim lalu. Selain berhasil menang di Semarang, anak asuh Aji Santoso itu juga unggul 1-0 saat menjamu PSIS di Surabaya, 23 Agustus 2023.

Catatan head-to-head juga menunjukkan Persebaya dalam lima pertemuan terakhir kontra PSIS. Bajul Ijo mampu menang tiga kali, sedangkan Laskar Mahesa Jenar hanya menang sekali.

Duel ini menjadi ajang adu kekuatan demi meneruskan rentetan catatan kemenangan. Bola.com merangkum duel antarlini PSIS melawan Persebaya pada pekan ketiga BRI Liga 1 ini, simak ulasan berikut ini:

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Duel Langganan Timnas Indonesia di Bawah Mistar

Sudah menjadi rahasia umum bahwa sosok Ernando Ari Sutaryadi merupakan kiper andalan Persebaya sejak dua musim lalu. Nama ini sangat berperan penting dalam mengawal gawang Persebaya.

Ernando berstatus sebagai kiper Timnas Indonesia, yang tentu saja jadi pilihan utama di klubnya. Dia termasuk penjaga gawang muda dengan reflek yang apik sehingga sulit untuk dibobol. Menariknya, dia merupakan kiper asli Semarang.

Penjaga gawang PSIS Semarang, Muhammad Adi Satryo. (Dok. PSIS Semarang)

Sementara tuan rumah PSIS mengandalkan Adi Satryo, kiper yang baru direkrut dari Persik Kediri di awal musim ini. Adi Satryo sendiri merupakan kiper yang sangat berpengalaman di kasta teratas. 

Adi Satryo juga merupakan pemain yang berlangganan mendapat panggilan Timnas Indonesia. Kualitasnya akan menjadi tantangan bagi para pemain Persebaya untuk mencetak gol.

3 dari 6 halaman

Duel Pertahanan yang Solid dan Kukuh

Deretan lini belakang Persebaya sudah semakin solid. Arief Catur Pamungkas, Dusan Stevanovic, Kadek Raditya, dan Reva Adi Utama. Kombinasi pemain lawas dan anyar mampu melahirkan keamanan, meski mereka kini perlu kekompakan lagi.

PSIS punya pertahanan yang kukuh yang diisi Fredyan Wahyu, Lucao, Wahyu Prasetyo, dan Alfeandra Dewangga. Penampilan mereka cukup rapi di lini belakang meski telah kebobolan tiga gol dalam dua pertandingan terakhir.

 

Bek PSIS Semarang, Alfeandra Dewangga, tampil mengesankan saat membantu timnya mengimbangi Persija Jakarta dengan skor 2-2 pada BRI Liga 1 2021/2022. (Bola.com/M. Iqbal Icshan)

4 dari 6 halaman

Beda Warna di Lini Tengah

Terdapat perubahan komposisi gelandang di Persebaya. Para pemain reguler adalah Ripal Wahyudi, Ze Valente, dan Song Ui-young. Hanya Ze Valente saja yang tercatat sudah membela Persebaya sejak musim lalu.

Komposisi lini tengan PSIS Semarang bisa dibilang lebih kompak karena sudah diandalkan sejak musim lalu. Nama-nama macam Boubakary Diarra, Luthfi Kamal, dan Septian David Maulana, bakal membuat permainan jadi menarik.

 

Gelandang Persebaya Surabaya, Song Ui-young, saat berlatih bersama skuad Bajul Ijo. (Bola.com/Wahyu Pratama)

5 dari 6 halaman

Adu Tajam di Depan

Persebaya memiliki Sho Yamamoto, Paulo Victor, dan Bruno Moreira di lini depan. Ketiga nama ini masing-masing tercatat telah berpengalaman membela Persebaya dan menyumbang gol.

Paling membahayakan tentu saja Bruno Moreira. Dia telah kembali membela Persebaya setelah berkarier di Yunani. Hasilnya, winger asal Brasil ini sudah mencetak tiga gol hanya dalam dua pertandingan.

<p>Pemain PSIS Semarang, Taisei Marukawa saat laga pekan ke-10 BRI Liga 1 2022/2023 antara Persita Tangerang melawan PSIS Semarang di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, Rabu (14/9/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)</p>

PSIS pun tak kalah. Ada trisula Vitinho, Carlos Fortes, dan Taisei Marukawa. Dua nama terakhir tentu yang paling mendapat perhatian karena memiliki kemampuan dan pengalaman yang mumpuni di Liga 1.

Terakhir, keduanya tampil impresif saat Laskar Mahesa Jenar menang 3-1 atas Bhayangkara FC dalam pekan pertama (3/7/2023). Carlos Fortes sukses menyumbang satu gol, sedangkan Marukawa mencetak dua assist.

6 dari 6 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer