Sukses


Sering Juara dan Punya Prestasi Mentereng, Ini 5 Alasan Mengapa Persib Harus Rekrut Park Hang-seo sebagai Pelatih

Bola.com, Jakarta - Mantan pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo, tiba-tiba ramai diperbincangkan sebagai calon pelatih Persib Bandung. Masih menganggur, 'rival' Shin Tae-yong ini punya beberapa alasan mengapa ia layak menggantikan Luis Milla.

Pengunduran diri Luis Milla sebagai pelatih Persib Bandung bak petir di siang bolong. Bagaimana tidak, BRI Liga 1 2023/2024 baru berjalan tiga pekan.

Luis Milla harus mundur dari Persib Bandung karena orang tuanya sakit. Arsitek berusia 57 tahun itu perlu pulang ke Spanyol, dan dua asistennya, Manuel Perez-Cascallana dan Carlos Grande Rodriguez, juga ikut-ikutan cabut.

Beberapa nama kemudian muncul ke permukaan sebagai calon pengganti Luis Milla. Mario Gomez, Milan Radovic, hingga Djadjang Nurdjaman dikait-kaitkan dengan Persib.

Nah, Bola.com menilai justru Park Hang-seo layak untuk menjadi nahkoda baru di Persib Bandung. Apa saja alasannya?

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Sering Juara

Park Hang-seo cocok dengan Persib Bandung. Sebab, manajemen tim yang selalu mematok target tinggi tiap musimnya bisa dilatih oleh pelatih yang selalu berambisi juara dan kebetulan sering juara juga.

Namanya mencuat pada Asian Games 2002 ketika membawa Timnas Korea Selatan U-23 meraih medali perunggu. Masih di level tim nasional, ia juga membantu Vietnam meraih Piala AFF 2018.

Park Hang-seo juga pernah membawa Vietnam juara SEA Games.

Sementara di level klub, Park Hang-seo membawa Sangju Sangmu keluar sebagai juara K League 2. Adapun Changwon City juara Korea National League Championship.

Menariknya, Jeonnam Dragons yang kini jadi klub Asnawi Mangkualam, pernah dibawanya menjadi unner up di Korean League Cup 2008.

 

3 dari 5 halaman

Terkenal dengan Skema Pertahanan Terbaik

Selama masih di Vietnam, Park Hang-seo terkenal dengan pakem tiga bek tengah plus dua bek sayap. Skema itu terbukti membuat timnya sulit dikalahkan.

Sebaliknya, Persib Bandung justru jadi tim yang mudah dibobol. Tiga pekan BRI Liga 1 2023 dilalui, gawang mereka selalu bobol.

Lagipula, Persib di bawah Milla juga kerap mengusung formasi tiga bek, seperti 3-5-2 atau 3-4-3, sehingga nantinya tak akan lama bagi Park Hang-seo untuk beradaptasi.

 

4 dari 5 halaman

Punya Karakter

Banyak pelatih-pelatih Persib mundur karena adanya desakan dan tekanan dari berbagai pihak. Bobotoh umumnya akan melayangkan protes dan kritik kepada manajemen klub saat tim kesayangannya bermain buruk.

Manajemen Persib acap kali kalap menghadapi tekanan-tekanan tersebut, sehingga berujung pada pemecatan pelatih, meski seringkali pelatih dinyatakan mundur, bukan dipecat.

Nah, Park Hang-seo ini dikenal sebagai pribadi yang keras, emosional, tegas, dan cenderung tidak suka dikritik. Ini bisa jadi faktor X yang justru membuat Persib bisa fokus akan tujuan utamanya.

Manajemen Persib, di sisi lain, diketahui beberapa kali silang pendapat dengan pelatih. Park Hang-seo, pribadi yang cuek, keras, dan berkarakter sangat bisa membangun ulang kejayaan Persib tanpa harus dipusingkan dengan tekanan di media sosial.

5 dari 5 halaman

Posisi Persib saat Ini

Video Populer

Foto Populer