Sukses


BRI Liga 1: Erick Thohir Sebut Larangan Suporter Awaydays Berlaku 2 Tahun

Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Erick Thohir, mengatakan bahwa larangan untuk suporter tur tandang di sepak bola Indonesia, termasuk BRI Liga 1, berlaku selama dua tahun.

Erick Thohir mengungkapkan bahwa aturan itu tertuang dalam perjanjian antara PT Liga Indonesia Baru (LIB) dengan Polri dan pemerintah Indonesia bersama Presiden FIFA, Gianni Infantino.

"Aturannya kan jelas bahwa kesepakatan dua tahun ke depan antara PT LIB dan kepolisian bahwa tidak ada pendukung tamu yang datang," ucap Erick Thohir.

"Itu kesepakatannya selama dua tahun ke depan. Kesepekatan Indonesia dengan FIFA pun sama. Itu tertulis dalam surat dari Infantino," jelasnya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Fans Arema FC Nekat Datang ke Stadion Brawijaya

Terakhir, fans Arema FC nekat awaydays ke Stadion Brawijaya, Kediri, untuk mendukung Johan Alfarizie dkk. ketika melawan Persik Kediri pada 15 Juli 2023.

Keberadaan penggemar Arema FC tercium oleh suporter Persik. Keributan pun tidak terhindarkan. Dalam video yang beredar di media sosial, seorang suporter menjadi bulan-bulanan massa.

Padahal, PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah memberlakukan aturan larangan menonton untuk suporter tim tamu yang tertuang pada regulasi BRI Liga 1 musim ini.

3 dari 5 halaman

Penjelasan Erick Thohir

"Karena itu, ketika saya bernegosiasi dengan FIFA, mereka menyampaikan kalau Indonesia rusuh terus, apalagi masih ada hal-hal seperti itu, Indonesia akan dihukum kembali," imbuh Erick Thohir.

Erick Thohir turut menyinggung tragedi Kanjuruhan yang memakan 135 korban jiwa pada 1 Oktober 2023 dan rencana pemerintah merenovasi 22 stadion yang menelan biaya Rp1,9 triliun akibat kejadian itu.

"Sebab, tragedi Kanjuruhan itu belum lupa. Makanya, yang namanya merenovasi 22 stadion senilai Rp1,9 triliun itu untuk apa? Mendukung yang namanya akses," ucap Erick Thohir.

"Mendukung yang namanya VAR. Itu yang dilakukan. Jadi ini memang tahapan. Kembali, tentu apa yang sudah kami sepakati dengan PT LIB belum mencakup pengurangan poin untuk klub-klub. Tapi saya yakin tahun depan bisa dilakukan," katanya.

4 dari 5 halaman

Kasus Lain

Selain fans Arema FC, suporter lain juga bandel dengan masih melakukan tur tandang hingga pekan ketiga BRI Liga 1 misalnya penggemar Persebaya Surabaya yang kegep menonton di kandang Persis Solo pada pekan pertama.

Selain itu, juga pendukung Persis yang masuk ke markas PSS Sleman dalam pekan kedua, hingga suporter Persija Jakarta yang berbondong-bondong mendatangi homebase Persikabo 1973 pada pekan yang sama.

5 dari 5 halaman

Persaingan Musim Ini

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer