Sukses


Deretan Pelari Kencang di Timnas Indonesia: Banyak dari Tanah Papua

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia memiliki ciri khas permainan yang sudah cukup identik sejak dulu. Skuad Garuda kerap mengandalkan kecepatan dari para pemainnya.

Hal itu tak lepas dari postur tubuh para pemain Timnas Indonesia. Banyak dari mereka yang memiliki posur tubuh kecil. Apalagi jika dibandingkan pemain dari negara lain terutama Eropa.

Tak heran jika Timnas Indonesia kerap menghasilkan winger-winger luar biasa di berbagai era. Itu masih terjadi hingga era terkini.

Bola.com coba mengumpulkan enam pelari cepat yang pernah dimiliki Timnas Indonesia. Ada yang punya karier lama di Skuad Garuda, ada pula yang hanya singkat berseragam Tim Merah Putih. Berikut ini ulasan lengkap khas Bola.com.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

Boaz Solossa

Salah satu pemain terbaik dalam sejarak sepak bola Indonesia. Boaz dibekali kecepatan dan skill yang luar biasa.

Sepanjang kariernya membela Timnas Indonesia, sosok kelahiran 16 Maret 1986 itu pernah mencatatkan 48 caps dan 14 gol pada laga resmi.

Kini, Boas Solossa berstatus tanpa klub. Ia terakhir kali tercatat membela PSS Sleman di BRI Liga 1 2022/2023.

3 dari 7 halaman

Elie Aiboy

Kecepatan juga menjadi salah satu senjata sosok kelahiran Jayapura, Papua ini. Elie Aiboy juga dikenal licin ketika masih aktif bermain.

Elie pun cukup lama membela Timnas Indonesia. Ada 48 caps dan delapan gol yang melekat pada dirinya.

Elie Aiboy juga dikenal sebagai rekan duet sehati Bambang Pamungkas. Keduanya cukup lama bermain bersama, baik di level klub maupun Timnas Indonesia.

4 dari 7 halaman

Okto Maniani

Awal 2010 menjadi pertama kali kemunculan Okto Maniani. Saat itu, ada harapan besar untuk pemain satu ini terutama setelah ia tampil apik di Piala AFF 2010.

Pemain asal Raja Ampat, Papua tersebut memiliki kecepatan yang luar biasa. Sayang, kariernya di dunia sepak bola tak berjalan mulus.

Saat ini Okto Maniani bersusia 32 tahun. Ia tercatat menjadi bagian dari klub Liga 2, PSBS Biak.

5 dari 7 halaman

Muhammad Ridwan

Sosok asli Semarang, Jawa Tengah ini memiliki karakter yang menarik. Muhammad Ridwan bisa bermain di beberapa posisi di lini sayap, baik kanan ataupun kiri.

Ridwan pernah dimainkan di posisi bek kiri, winger kiri, gelandang kiri, bek kanan, gelandang kanan, atau winger kanan di Timnas Indonesia.

Pemain yang memiliki kecepatan dan kemampuan menggiring bola yang baik ini mampu mencetak lima gol dari 39 kali kesempatan membela skuad Garuda.

6 dari 7 halaman

Andik Vermansyah

Sosok yang pernah mendapatkan julukan Lionel Messi dari Indonesia ini memang sempat menghebohkan di awal kariernya.

Ia sempat mendapatkan trial di beberapa klub luar negeri, termasuk dari klub Jepang dan Amerika Serikat.

Sayangnya, Andik Vermansyah saat ini masih berstatus tanpa klub. Pemilik 30 caps dan dua gol untuk Timnas Indonesia ini gagal pindah ke Kelantan pada bursa transfer belum lama ini.

7 dari 7 halaman

Yakob Sayuri

Yakob Sayuri adalah harapan baru sepak bola Papua. Ia kini menjadi salah satu andalan Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong.

Kecepaatan dan kerja keras menjadi ciri khas pemain berusia 25 tahun tersebut. Sejauh ini, Yakob bahkan sudah mencatatkan 13 caps dan dua gol untuk Timnas Indonesia.

Selain itu, Yakob Sayuri punya kelebihan lain. Karakter permainannya mirip dengan Muhammad Ridwan yang bisa bermain di beberapa posisi.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer