Sukses


Jebolan Manchester United Sebut BRI Liga 1 Cukup Kompetitif dan Sulit Diprediksi

Bola.com, Sleman - Evandro Brandao jadi salah satu pemain asing RANS Nusantara yang menjalani debut di BRI Liga 1 2023/2024. Pemain kelahiran Luanda, Angola itu mendapatkan kesan positif setelah bergabung dengan tim barunya.

Banyak hal yang membuat Brandao terkesan dengan sepak bola Tanah Air dan BRI Liga 1. Salah satunya soal antusiasme suporter yang begitu militan dalam mendukung tim kebanggaannya. Selain itu, dia juga menyebut persaingan di BRI Liga 1 cukup kompetitif dengan banyak dihuni pemain berkualitas.

"Yang membuat saya terkesan dengan sepak bola Indonesia adalah soal passion para pemain dan suporternya, mereka bersedia memberikan segalanya untuk menang serta kualitasnya bagus," ujar Evandro Brandao.

"Setiap tim juga berpotensi untuk menang dan semua pertandingan susah diprediksi. Kompetisi di Indonesia penuh kejutan dan ini sangat menarik," sambung pemain yang pernah memperkuat Manchester United (MU) U-18 itu.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Dukung Regulasi Pemain U-23

PT Liga Indonesia Baru (LIB) menerapkan sejumlah regulasi baru untuk Liga 1 2022/2023. Salah satunya terkait penggunaan pemain dibawah usia 23 tahun.

Dalam aturan ini, setiap klub wajib memainkan satu pemain U-23 sebagai starter selama minimal 45 menit. Syaratnya yaitu pemain U-23 yang maksimal kelahiran 1 Juli 2001.

Soal penerapan regulasi ini, Evandro Brandao mendukung penuh kebijakan dari operator kompetisi. Menurutnya, langkah tersebut sangat bagus buat regenerasi dan perkembangan sepak bola Indonesia.

"Menurut saya, banyak pemain Indonesia punya kualitas serta teknik yang sangat bagus dan tentu saja berpotensi untuk bertambah baik. Saya pikir pada beberapa tahun mendatang akan lebih baik karena saya melihat banyak pemain muda bermunculan," katanya.

"Di RANS Nusantara FC saja banyak pemain muda yang sudah menunjukkan kualitas mereka dan saya pikir pada masa depan akan mulai menunjukkan kehebatannya," tambah dia.

Adapun salah satu pemain yang dimaksud adalah Abdul Rahman. Penyerang berusia 21 tahun kini memang tengah dipanggil pemusatan latihan Timnas Indonesia U-23 di Jakarta jelang menghadapi Piala AFF U-23 2023. Abdul sekaligus jadi satu-satunya wakil RANS Nusantara yang dilirik Shin Tae-yong.

3 dari 5 halaman

Yakin Bisa Lebih Baik Lagi

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Evandro Brandão (@evandrob_47)

RANS Nusantara saat ini berada di papan tengah klasemen sememtara BRI Liga 1. Klub berjulukan The Prestige Phoenix itu menempati posisi ke 11 dengan tabungan sembilan poin. Hasil dari dua kemenangan, tiga imbang, dan kekalahan.

Pencapain yang tidak jelek-jelek amat ketimbang musim lalu. Hanya saja, RANS Nusantara tengah paceklik kemenangan dari empat laga terakhir yang dilakoni. Brandao pun bertekad membawa timnya kembali ke jalur kemenangan.

"Di dalam lapangan itu akan menjadi 11 pemain melawan 11 pemain. Kami harus bisa menunjukkan kekompakan kami dalam sebuah tim. Kami hebat dan percaya bahwa kami bisa mengalahkan tim mana pun," tandas pemain berpostur 181 cm itu.

"Kami percaya diri mengalahkan setiap lawan dan tentu kami akan melakukan segalanya untuk menang," pungkasnya.

4 dari 5 halaman

Jejak Karier

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Evandro Brandão (@evandrob_47)

Evandro Brandao direkrut RANS Nusantara pada Juni 2023 lalu. Kala itu, dia didatangkan bersama tiga legiun asing lainnya asal Portugal; Angelo Meneses, Francisco Carneiro Kiko, dan Tavinho Barros.

Pemain bernomor punggung 10 itu mencatat lima penampilan di BRI Liga 1 dan membukukan sebiji gol. Adapun gol yang diukir Brandao itu dicetak saat timnya bersua Borneo FC pada 4 Agustus 2023.

Sebelum hijrah ke Indonesia, pemilik nama lengkap Evandro Elmer de Carvalho Brandao itu sudah malang melintang di berbagai klub, mulai dari Liga Portugal, Hungaria, dan Angola. Semasa muda, Brandao juga pernah menimba ilmu di dua tim besar Eropa, yakni Manchester United U-18 dan Benfica U-19.

5 dari 5 halaman

Yuk Tengok Peringkat RANS Nusantara

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer