Sukses


Marian Mihail Bicara Performa hingga Target PSS di BRI Liga 1 2023 / 2024: Pemenang Fokus Kepada Diri Sendiri!

Bola.com, Sleman - Hampir empat bulan Marian Mihail menjabat sebagai pelatih PSS Sleman. Juru taktik asal Rumania itu menjabat sebagai head coach Super Elang Jawa per April 2023, menggantikan posisi Seto Nurdiyantoro.

Hasil racikan taktik dan strateginya untuk PSS Sleman sudah cukup terlihat. Setidaknya pada tujuh pekan BRI Liga 1 2023/2024 yang sudah berlangsung.

Hasilnya memang belum begitu memuaskan, tetapi dari segi permainan Kim Jeffrey Kurniawan dkk. terus menunjukkan peningkatan.

Chemistry antarpemain juga mulai terlihat. Ini diperlihatkan penggawa PSS dalam laga terakhir saat melawan Persikabo 1973. Pada laga ini, Tim Elang Jawa berhasil menggilas Laskar Padjajaran dengan skor tipis 3-2, Selasa (8/8/2023).

Hasil positif itu menyudahi tren lima laga tanpa kemenangan PSS di BRI Liga 1. Sekaligus menjadi kemenangan kedua Super Elang Jawa di pentas liga musim ini.

Marian Mihail pun sangat bersyukur dengan tiga poin yang didapat timnya di kandang Persikabo 1973. Tambahan tiga poin membuat PSS untuk sementara duduk di peringkat 12 dengan tabungan sembilan poin. Hasil dari dua kemenangan, tiga imbang, dan dua kekalahan.

Marian Mihail sedikit bercerita soal kemenangan penting yang diraih PSS Sleman pada pekan lalu. Berikut petikan wawancaranya:

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Soal Kemenangan PSS

Selamat coach atas kemenangan kedua PSS Sleman pada pekan lalu. Bagaimana Anda melihat pertandingan terakhir yang dijalani?

Ya, game yang bagus secara keseluruhan. Dalam pertandingan lain melawan Persis Solo dan PSIS Semarang, kami juga sangat dekat untuk menang, tetapi tidak begitu efisien.

Saya senang dengan kemenangan ini, tetapi yang terpenting saya senang dengan sikap para pemain selama pertandingan ini.

Mereka banyak berlari, saling membantu, mereka menginginkan kemenangan. Ini adalah semangat tim yang saya tunggu dari mereka.

Kami juga memiliki empat pemain yang tidak bermain reguler hingga saat ini, Ibrahim Sanjaya dan Bayu Setiawan di lini pertahanan, Hokky Caraka dan Esteban Vizcarra di lini ofensif. Game yang bagus untuk kami secara keseluruhan.

3 dari 5 halaman

Progres Mulai Terlihat

Sektor penyerangan PSS Sleman tampaknya membaik di pertandingan terakhir? Bagaimana Anda melihatnya?

Ya, kami lebih efisien dan juga lebih kreatif. Jonathan Bustos melangkah untuk menunjukkan kelasnya dan menjadi pemimpin tim.

Dalam dua pertandingan terakhir dia menggunakan teknik, dribel, dan visi permainannya di paruh lapangan ofensif dan kita bisa melihat bahwa dia mencetak dua gol, memberikan assist dan umpan kunci untuk rekan satu timnya.

Esteban Vizcarra pada pertandingan pertamanya bermain 90 menit, saya senang karena dia telah menjadi profesional yang sangat baik sampai sekarang, selalu serius dalam latihan, menjadi panutan bagi rekan satu timnya.

Pengalaman dan kualitas Vizcarra dan Bustos juga membantu Hokky untuk mengekspresikan dirinya dengan lebih baik.

Apa pendapat Anda tentang Hokky Caraka?

Hokky Caraka pemain muda yang sangat berbakat dan telah menunjukkan sikap profesional, terlatih dengan baik dan memiliki kesabaran saat tidak bermain.

Peluang muncul dan di pertandingan pertamanya sebagai starter, dia melakukan apa yang harus dilakukan oleh seorang striker, mencetak gol.

Jika dia terus bekerja keras, tetap rendah hati, dan meningkatkan permainannya, dia mungkin akan menjadi pilihan reguler Timnas Indonesia di masa depan.

Situasi dan gol pertamanya mengingatkan saya kepada Ibrahim Bayesh, yang melakukan debutnya di Liga Premier Irak pada usia 16 tahun dalam pertandingan melawan Al Shorta. Ketika itu dia juga mencetak gol.

Bayesh kini menjadi salah satu pemain terbaik Irak, pemenang, pemain terbaik, dan pencetak gol terbanyak di Piala Teluk Arab 2023. Seperti Bayesh di Irak, Hokky juga berpotensi menjadi salah satu pemain terbaik Indonesia.

 

4 dari 5 halaman

Optimistis Mencapai Target Musim Ini

Apa target PSS Sleman pada musim ini?

Kita tidak boleh lupa PSS Sleman adalah tim dengan staf pelatih dan pemain multikultural.

Berbeda misalnya dengan Madura United atau Persita Tangerang yang kebanyakan pemain berasal dari Amerika Selatan dan pelatihnya Amerika Selatan atau Persija Jakarta, RANS Nusantara yang kebanyakan pemainnya Eropa dan pelatihnya Eropa.

Kami juga memiliki 11 pemain baru musim ini, tujuh di antaranya berada di starting eleven pada pertandingan terakhir. Pada awalnya yang penting adalah membuat tim yang kompetitif, artinya tim yang bisa memainkan sepak bola yang bagus.

Untuk membuat tim pemenang, tim yang bisa memenangkan setiap pertandingan setiap pekannya, sangat berbeda, butuh waktu. Ini adalah hasil lembur, bukan semalam.

Tujuan yang ditetapkan untuk PSS musim ini adalah finis di posisi lima besar dan saat ini, sebelum pekan kedelapan, kami hanya berjarak tiga poin dari tim di posisi ke-5, yaitu Bali United, dengan 26 pertandingan lagi, saya yakin kami bisa. pasti di jalur yang benar.

Beberapa orang mengatakan bahwa posisi Anda dalam bahaya? Apa tanggapan Anda tentang hal itu?

Mereka dapat berbicara. Selalu lebih mudah menghancurkan daripada membangun. Saya punya kutipan untuk mereka, "Pemenang fokus kepada diri mereka sendiri, pecundang fokus kepada orang lain."

5 dari 5 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer