Sukses


BRI Liga 1: Persebaya Tak Kekurangan Stok, Kiper Cadangan Juga Bisa Clean Sheet

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya tidak perlu risau dengan absennya Ernando Ari Sutaryadi. Kiper utama Bajul Ijo itu kini sedang membela Timnas Indonesia U-23 yang tampil di Piala AFF U-23 2023.

Persebaya masih memiliki kiper cadangan Andhika Ramadhani yang tak kalah impresifnya di bawah mistar. Dia sudah tampil dua kali selama BRI Liga 1 2023/2024, hasilnya Persebaya masing-masing sekali menang dan kalah.

Ernando sendiri membukukan clean sheet pertama Persebaya saat menang 1-0 atas Persita Tangerang (12/8/2023). Dia lantas harus absen saat menghadapi PSM Makassar (18/8/2023) dan itu jadi kesempatan bagi Andhika.

Andhika wajib meneruskan catatan clean sheet yang sudah ditorehkan oleh Persebaya. Apalagi, Bajul Ijo pernah melewati tujuh laga pertama dengan selalu kebobolan. Laga menghadapi PSM merupakan ajang pembuktian bagi Andhika Ramadhan

Andhika pun sempat tampil dalam satu laga saat Ernando cedera, yaitu ketika timnya takluk 0-1 kontra Persija Jakarta (30/8/2023). Rupanya itu tak jadi beban. Persebaya menang 1-0 atas PSM dan Andhika juga bisa membukukan clean sheet.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Jawab Kepercayaan

Kiper asli Surabaya itu mampu menjawab kepercayaan dari jajaran pelatih Persebaya. Dia berusaha untuk mengikuti instruksi pelatih interim Uston Nawawi maupun pelatih kiper Benyamin van Breukelen.

“Dari coach Benny tidak ada pesan khusus. Tidak ada yang dibedakan, semua rata, semua sama. Kami dari pemain pun juga menganggap persaingan di sini itu tidak ada senior atau junior,” ucap eks kiper Persebaya U-20 itu.

“Alhamdulillah dapat pesan dari coach Uston juga. Jangan pernah takut lawan siapapun, karena ini tempat kami, kami harus jaga,” imbuh penjaga gawang berusia 24 tahun itu.

3 dari 5 halaman

Koordinasi dengan Pemain Lain

PSM sebenarnya tampil agresif dengan membukukan total 16 tembakan dengan empat di antaranya tepat sasaran. Artinya, Andhika mampu memuntahkan semua tembakan yang mengarah ke gawangnya sehingga tidak kebobolan.

Koordinasi dengan pemain bertahan memang perlu dilakukan. Itu juga jadi kunci kerja sama yang apik antara barisan pertahanan Persebaya dengan Andhika di bawah mistar.

“Saya cuma bilang ke teman-teman, fokus sama hati-hati, selamatkan bola,” ujar kiper jebolan klub internal Persebaya tersebut.

4 dari 5 halaman

Debut Profesional

Andhika Ramadhani sendiri berhasil mendapat kesempatan debut di tim senior saat memasuki Liga 1 2021/2022 dan berstatus sebagai kiper ketiga setelah Satria Tama dan Ernando.

Meski berstatus pelapis, dia termasuk penjaga gawang yang mendapat banyak kesempatan main. Baru pada musim ini, dia jadi kiper kedua. Total, Andhika Ramadhani kini membukukan 25 penampilan di Liga 1 dan mampu menorehkan sembilan clean sheet.

Andhika kini disiapkan untuk kembali mengawal gawang Persebaya ke markas PSS Sleman, Sabtu (26/8/2023). Dia berpeluang dipercaya sejak menit pertama lagi mengingat Ernando belum rampung melakoni agenda Piala AFF U-23 2023.

5 dari 5 halaman

Tengok Posisi Persebaya di Papan Klasemen

Video Populer

Foto Populer