Sukses


3 Momen Menarik dari Laga Uji Coba Timnas Indonesia U-17 Vs Korea Selatan: Kembalinya Skuad Juara Piala AFF U-16 2022

Bola.com, Jakarta - Sejumlah fakta dan momen menarik tersaji pada pertandingan uji coba antara Timnas Indonesia U-17 melawan Korea Selatan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (30/8/2023).

Timnas Indonesia U-17 memang sudah terlihat mengalami perkembangan yang signifikan saat berjumpa Korea Selatan U-17. Penampilannya lebih disiplin dibandingkan laga-laga uji coba sebelumnya.

Hal itu setidaknya terlihat sepanjang babak pertama. Performa anak asuh Bima Sakti nyaris tanpa celah. Mereka pun bisa bermain disiplin dalam menjaga area pertahanannya dari gempuran lawan.

Sayangnya, kelengahan harus dibayar mahal oleh Iqbal Gwijangge dan kawan-kawan. Koordinasi barisan pertahanan saat menghadapi skema umpan silang membuat Timnas Korea Selatan U-17 bisa menciptakan gol.

Kegagalan Ikram Al Giffari mengantisipasi bola silang ini sukses dimanfaatkan Baek Ga-on pada menit ke-66 untuk memecah kebuntuan. Sepanjang pertandingan, ada sejumlah momen serta fakta menarik. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Didominasi Skuad Pemenang Piala AFF U-16

Daftar 11 pemain pertama yang diturunkan oleh pelatih Bima Sakti pada pertandingan ini memang didominasi wajah-wajah yang sudah tak asing bagi publik. Sebab, sebagian besar merupakan alumnus Timnas Indonesia U-16.

Tercatat, ada sembilan nama pemain jebolan skuad Timnas Indonesia U-16 yang sukses meraih gelar juara pada Piala AFF U-23 2022. Di sektor penjaga gawang, ada Ikram Al Giffari.

Lalu, empat bek jebolan Timnas U-16 ialah Rizdjar Nurviat, Sulthan Zaky, Iqbal Gwijangge, dan Habil Abdillah. Di lini tengah, ada Figo Dennis dan Kafiatur Rizky.

Sementara itu, dua pemain jebolan Timnas U-16 di lini serang ialah Riski Afrisal dan Ji Da Bin. Tercatat hanya ada dua wajah baru dalam daftar sebelas pertama ini, yaitu Givary Lotra dan Muhammad Aulia Rahman.

3 dari 4 halaman

Penalti Digagalkan Mistar Gawang

Pada pertandingan ini, Timnas Indonesia U-17 sempat mendapatkan hukuman penalti pada menit ke-77. Sebab, Amirul Amin Fisabillah melakukan kesalahan yang ceroboh saat mengawal pergerakan pemain lawan.

Dia mendorong pemain lawan hingga terjatuh. Wasit pun menunjuk titik putih tanda terjadinya pelanggaran. Sepakan sebelas pas ini pun dieksekusi oleh pemain bernomor punggung 24, Lee Jae-hwan.

Namun, sepakannya terlalu keras hingga membentur mistar gawang. Bola sebetulnya sempat memantul ke tanah sebelum membentur dada kiper Timnas Indonesia U-17, Ikram Al Giffari. Beruntung bola masih bisa diamankan dengan baik.

4 dari 4 halaman

Pergantian Pemain

Salah satu pemain Timnas Indonesia U-17 yang mencuri perhatian pada pertandingan ini ialah Krisna Sulistia Budianto. Penyerang sayap bernomor punggung 15 ini mulai bermain pada awal babak kedua.

Dia masuk bersamaan dengan Arkhan Kaka Putra Purwanto. Krisna bertugas untuk menyisir sisi sayap kanan. Dalam beberapa momen, dia mampu menciptakan peluang untuk mencetak gol.

Namun, performa pemain ini tampaknya tak memuaskan Bima Sakti. Sebab, pada menit ke-70, dia langsung ditarik keluar dan digantikan oleh Reno Salampessy.

Artinya, Krisna jadi satu-satunya pemain pengganti yang harus diganti pada laga ini. Tercatat, Krisna hanya membukukan 25 menit bermain pada laga uji coba melawan Korea Selatan U-17.

Video Populer

Foto Populer