Sukses


Hanya Sekali Bela Persebaya, Girangnya George Brown Dipanggil Timnas Indonesia U-24 untuk Asian Games 2022

Bola.com, Surabaya - Bek Persebaya Surabaya, George Brown, mendapat panggilan seleksi Timnas Indonesia U-24. Rencananya, tim itu akan jadi proyeksi untuk tampil dalam Asian Games 2022 di Tiongkok pada September 2023 ini.

George Brown tidak bisa menyembunyikan perasaan bahagianya mendapat kesempatan ini. Pasalnya, dia belum pernah sekalipun tercatat membela Timnas Indonesia, baik kelompok usia maupun senior.

“Alhamdulillah, ini panggilan kedua saya di Timnas Indonesia, sedikit kaget karena begitu mendadak sekali. Saya baru tiba siang tadi di pemusatan latihan. Semoga ini menjadi titik untuk menampilkan penampilan terbaik saya,” kata George.

Sebelumnya di bawah kepemimpinan pelatih Indra Sjafri, George pernah mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-19 tahun 2017 bersama sang adik Jack Brown untuk proyeksi Piala AFF dan kualifikasi Piala AFC-19. Namun, keduanya gagal lolos seleksi.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Janji George Brown

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by george brown (@georgepbrown)

George Brown kini menjadi satu-satunya pemain Bajul Ijo yang mendapat panggilan ini. Menariknya, pemain berdarah Inggris itu sebenarnya hanya tampil sekali membela Persebaya di BRI Liga 1 2023/2024.

Momen itu bahkan dijalaninya bukan sebagai starter. Dia baru masuk di babak kedua menggantikan Kasim Botan saat Persebaya menjamu Persikabo 1973 (4/8/2023). Laga itu berakhir dengan kekalahan 1-2.

“Dengan membawa nama Persebaya tentunya saya ingin memberikan yang terbaik, apalagi saya pernah dilatih oleh Coach Indra Sjafri. Semoga dipermudah,” ungkap George Brown.

3 dari 4 halaman

Jejak Karier

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by george brown (@georgepbrown)

Karier George Brown bisa dibilang dimulai dengan menjadi lulusan terbaik Manchester United Soccer School tahun 2016 bersama sang adik, Jack Brown.

Selanjutnya, karir George lebih banyak dihabiskan di luar negeri. Mulai dari membela tim kelompok usia di Inggris hingga menjuarai GLIAC Trophy di USA.

Sebagai informasi, GLIAC adalah kompetisi olahraga antar perguruan tinggi di daerah Barat Amerika Serikat. GLIAC berafiliasi dengan Divisi II NCAA (National Collegiate Athletic Association). George membawa kampusnya, Ashland University, menjadi kampiun.

Baru pada akhir 2022, dia menjalani trial di Persebaya dan mendapat tawaran kontrak untuk putaran kedua Liga 1 2022/2023. Musim lalu, dia tampil dalam lima pertandingan.

4 dari 4 halaman

Persiapan Timnas Indonesia U-24

Selain seleksi, skuad Timnas Indonesia U-24 rencananya juga akan diisi oleh para pemain Timnas Indonesia U-23 dan senior. Kedua tim itu kini sedang memiliki agenda kualifikasi Piala Asia U-23 2024 dan FIFA Matchday.

Regulasi usia cabang olahraga (cabor) sepak bola Asian Games 2022 bertambah setahun dari U-23 menjadi U-24 karena pesta olahraga Asia itu seharusnya berlangsung pada tahun lalu.

Setiap peserta, termasuk Timnas Indonesia U-24, diperbolehkan mendaftarkan 22 pemain, termasuk tiga nama senior. Aturan usia pemain maksimal kelahiran 1 Januari 1999.

Di Asian Games 2022, Timnas Indonesia U-24 masuk Grup F dan akan bersaing dengan Korea Utara, Kirgistan, dan Chinese Taipei. Pertandingan fase grup akan berlangsung pada 19-24 September 2023.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer