Sukses


Legenda Persipura Akui Timnas Indonesia di Bawah Shin Tae-yong Upgrade Kelas Level

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 tampil apik di Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Dua laga di grup tersebut sukses dimenangkan oleh Garuda Muda.

Pada laga pertama, Chinese Taipei dihantam dengan skor telak 9-0. Sementara pada pertandingan kedua, Turkmenistan juga dikalahkan dengan skor telak 2-0.

Dua kemanangan itu sudah cukup membawa Timnas Indonesia U-23 berlaga di puataran final Piala Asia U-23 2024. Sesuatu yang sebelumnya belum bisa dicapai Garuda Muda.

Legenda Persipura Jayapura yang pernah lama memperkuat Timnas Indoneisa, Ricardo Salampessy memiliki analisis mengenai penampilan Skuad Garuda Muda di Kualifiikasi Piala Asia U-23 2024.

"Kalau melihat apa yang ditampilkan dalam dua pertandingan, saya rasa sudah sangat baik, dari segi taktik apa yang pelatih berikan kepada tim sudah berjalan baik sesuai apa yang diinginkan," kata Ricardo Salampessy kepada Bola.com, Rabu (13/9/2023) sore melalui sambungan telepon.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Adaptif

Ricardo Salampessy juga memuji kualitas Shin Tae-yong sebagai pelatih. Ia merasa pelatih asal Korea Selatan itu pintar dalam beradaptasi dengan lawan.

"Kemudian mau pakai formasi apapun gaya bermain tetap sama. Perubahan yang terjadi di dalan tim, Shin Tae-yong cukup pintar menyesuaikan gaya bermain dengan lawan," jelasnya.

Shin Tae-yong memang memasang formasi yang lebih ofensif ketiika melawan Chinese Taipei yang dianggap lebih lemah. Sementara ketika berhadapan dengan Turkmenistan, formasi yang dipasang lebih defensif.

"Saat melawan Chinese Taipei, Timnas Indonesia U-23 bermain lebih ofensif, kemarin pas lawan Turkmenistan mereka bermain lebih menunggu dan counter cepat," jelasnya.

3 dari 4 halaman

Peningkatan

Ricardo Salampessy kemudian menyebut Timnas Indonesia U-23 mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Transisi permainan Skuad Garuda Muda juga sangat bagus.

Satu hal yang menjadi perhatian Ricardo Salampessy. Saat ini para pemain Timnas Indonesia U-23 tak gampang kehilangan bola ketika ditekan lawan.

"Secara tim peningkatannya luar biasa, permainan kelihatan cukup baik, dari menyerang ke transisi bertahan cepat sekali. Juga jarang kelihatan ada jarak antarlini. Pemain nyaman pegang bola, sirkulasi bola bagus, kesalahan passing juga minimal," katanya.

"Cukup banyak peningkatan dan saya rasa arah Timnas ke depan akan lebih baik," tandas Salampessy.

4 dari 4 halaman

Daftar Peserta Piala Asia U-23

1. Qatar

2. Yordania

3. Korea Selatan

4. Vietnam

5. Jepang

6. Uzbekistan

7. Irak

8. Uni Emirat Arab

9. Thailand

10. Australia

11. Arab Saudi

12. Timnas Indonesia U-23

13. Kuwait

14. Tajikistan

15. China

16. Malaysia

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer