Sukses


Bedah Kekuatan Antarlini Persib Vs Persikabo di BRI Liga 1: David da Silva Menambah Daya Dobrak Maung Bandung

Bola.com, Jakarta - Persib Bandung akan menjamu Persikabo 1973 dalam laga lanjutan pekan ke-12 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Sabtu (16/9/2023).

Di atas kertas, tentu Persib lebih unggul dibandingkan Persikabo. Saat ini tim berjulukan Maung Bandung ini berada di posisi ke 11 di klasemen sementara Liga 1 musim ini dengan raihan poin 15.

Sementara itu, Persikabo 1973 masih berada di zona degradasi yakni posisi ke 17 dengan raihan poin sembilan dalam 11 laga yang sudah dilalui.

Tim yang dibesut Aji Santoso itu memang sedang terseok-seok setelah dalam lima laga terakhir tidak pernah menang, empat kali kalah dan satu kali berakhir imbang.

Sebaliknya, Persib sebagai tuan rumah sedang percaya diri, dimana dalam lima laga terakhir, satu kali kalah, dua kali imbang, dan dua kali menang.

Terlebih, Persib bermain di kandang sendiri sehingga akan menambah percaya diri tampil dihadapan pendukungnya secara langsung. Karena itu duel Maung Bandung vs Laskar Padjadjaran ini akan berjalan cukup ketat antar lini.

Berikut ulasan menarik tentang duel antarlini antara Persib versus Persikabo 1973 versi Bola.com.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Lini Belakang

Persib Bandung tentunya akan memasang pemain bertahan andalannya, Nick Kuipers untuk menghadapi Persikabo 1973 nanti. Pemain asal Belanda ini memang sangat diandalkan sejak Persib diracik Robert Rene Alberts.

Musim ini, pemain bernomor punggung 2 di Persib ini absen dua pertandingan dalam 11 pertandingan yang sudah dilalui Persib. Bahkan dalam sembilan kali penampilannya, Nick Kuipers tidak pernah tergantikan, yakni main full 90 menit.

Kepiawaian Nick Kuipers dalam mematahkan serangan setiap lawannya memang tidak diragukan lagi. Dengan postur tubuh yang memadai sangat membantu untuk mengadang serangan lawan.

Sementara itu, Persikabo dipastikan akan menurunkan Nikola Kovacevic. Pemain asal Serbia ini cukup diandalkan di lini belakang. Bahkan sejak awal musim hingga bergantinya pelatih, Nikola kerap bermain full 90 menit dalam 11 laga yang sudah dilalui Persikabo musim ini.

Bahkan, dalam 11 kali penampilannya, pemain dengan tinggi 1,92 m ini pernah menyumbang gol yakni saat laga perdana lawan RANS Nusantara FC, walaupun akhirnya harus kalah 1-2.

3 dari 5 halaman

Lini Tengah

Di lini tengah, Persib akan menurunkan gelandang andalannya, Marc Klok. Pemain naturalisasi kelahiran Belanda ini tak pernah terlewatkan dalam membela Persib kecuali terpanggil ke Timnas Indonesia.

Dalam 11 laga yang sudah dilalui Persib, Marc Klok hanya absen satu kali dan sudah menyumbang empat gol serta empat assist. Bahkan dalam tiga laga terakhir, Bojan Hodak mempercayainya sebagai kapten tim.

Sementara itu, Persikabo kemungkinan akan mengandalkan Kaishu Yamazaki di lini tengah. Pemain asal Jepang itu, memang tidak pernah absen memperkuat Persikabo di musim ini.

Namun, dalam 11 laga yang sudah dilalui, pemain bernomor punggung 7 di Persikabo itu hanya tiga laga tampil 90 menit, masing-masing saat lawan Persita Tangerang, Persebaya Surabaya, dan Dewa United.

4 dari 5 halaman

Lini Depan

Di lini depan, Persib sedikit lega sebab David da Silva sudah siap kembali tampil lebih lama dibandingkan laga sebelumnya lantaran mengalami cedera lutut.

Walau demikian, pelatih Bojan Hodak masih memiliki Ciro Alves yang bisa diandalkan sebagai daya gedor Maung Bandung. Bahkan Ciro kini sudah mengoleksi 4 gol, sementara David da Silva tiga gol.

Dan Persikabo kemungkinan akan mengandalkan Yandi Sofyan di lini depan untuk menghadapi Persib nanti. Meski tidak pernah tampil 90 menit, eks pemain Persib ini cukup diandalkan di tubuh Laskar Padjadjaran tersebut.

Saat ini pemain bernomor punggung 99 di Persikabo tersebut sebagai top scorer sementara di tim kebanggaan warga Bogor, Jawa Barat ini yakni empat gol.o

Empat gol Yandi, masing-masing ia ciptakan brace saat menang 3-1 atas Bhayangkara FC, imbang 2-2 lawan Persita Tangerang, dan imbang 1-1 lawan Dewa United.

Adik dari eks striker Persib, Zaenal Arif ini tentunya diharapkan Aji Santoso memiliki motivasi berlipat saat tampil lawan mantan klubnya, Persib Bandung.

5 dari 5 halaman

Lihat Persaingan Persib dan Persikabo di Musim Ini

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer