Sukses


Peta Persaingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia: Jalan Panjang nan Terjal Harus Dilalui Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan segera dimulai, termasuk di zona Asia. Timnas Indonesia akan bertarung sejak babak pertama pada ajang tersebut.

Tim Garuda akan menghadapi tim tetangga, Brunei Darussalam pada laga tersebut. Leg pertama akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (12/10/2023).

Lima hari kemudian, Brunei Darussalam akan mendapatkan giliran menjamu Timnas Indonesia pada leg kedua. Laga itu akan digelar di kandang kebanggaan mereka, Stadion Nasional Hasanal Bolkiah, Bandar Seri Begawan.

Dua pertandingan itu seharusnya bisa dimenangkan Timnas Indonesia dengan mudah. Saat ini, level Brunei jauh berada di bawah Tim Merah-Putih.

Selain itu, catatan pertemuan kedua tim juga memberikan keunggulan bagi Timnas Indonesia. Kunjungan terakhir Garuda ke kandang Brunei terjadi pada fase grup Piala AFF 2022 dengan kemenangan 7-0 untuk tim asuhan Shin Tae-yong.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Perjalanan Panjang nan Terjal

Timnas Indonesia harus menjalani jalan panjang nan terjal untuk mencapai putaran final Piala Dunia 2026. Ajang itu akan digelar di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Setelah melewati Brunei Darussalam, Timnas Indonesia akan bersaing di babak kedua. Grup F yang berisi Irak, Vietnam, dan Filipina sudah menanti Skuad Gruda.

Timnas Indonesia minimal harus menjadi runner-up Grup F untuk bisa melaju ke babak ketiga. Pada fase tersebut lah tiket ke Piala Dunia 2026 mulai ditentukan.

Sebanyak 18 tim yang lolos dari babak kedua akan dibagi menjadi tiga grup, dan setiap grup terdiri dari enam tim. Mereka akan bertanding satu sama lain dengan sistem kandang dan tandang.

Dua tim teratas dari Grup A hingga Grup C bakal lolos langsung ke Piala Dunia 2026.

3 dari 5 halaman

Masih Berlanjut

Sementara itu, enam tim peringkat ketiga dan keempat dari babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, masih harus menjalani pertandingan pada babak keempat.

Mereka dibagi menjadi dua grup yang masing-masing terdiri tiga tim. Tiga tim di Grup A dan tiga tim di Grup B lagi-lagi akan bertanding satu sama lain.

Tim-tim tersebut bakal berduel satu kali di tempat netral. Pemenang tiap grup lolos ke Piala Dunia 2026, dan runner-up tiap grup bakal menjalani laga babak kelima.

Runner-up tiap grup pada babak keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia akan bertanding kandang dan tandang untuk menentukan perwakilan Asia pada play-off antar konfederasi.

Pada play-off tersebut negara-negara kuat sudah menanti wakil Asia. Termasuk negara-negara dari Amerika Selatan yang mungkin saja sebelumnya sudah menjadi langganan bermain di Piala Dunia.

4 dari 5 halaman

Negara-Negara Favorit

Peserta Piala Dunia 2026 akan bertambah menjadi 48 negara. Sebelumnya peserta pada ajang itu hanya 32 negara.

Hal itu memnbuat jatah tiket untuk wakil Asia pun bertambah menjadi delapan setengah. Satu di antaranya berasal dari laga play-off antarkonfederasi.

Negara-negara seperti Jepang, Korea Selatan, Iran, Arab Saudi, Australia, dan Qatar, jelas menjadi favorit. Namun, dengan bertambahnya tiket untuk wakil Asia, negara-negara lain pun jadi memiliki kesempatan lebih besar.

Uzbekistan, China, Uni Emirat Arab, dan Suriah yang selama ini menjadi kuda hitam bisa saja lolos ke Piala Dunia 2026. Termasuk peluang-peluang negara lain seperti Timnas Indonesia.

5 dari 5 halaman

Babak Pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

  • Afganistan Vs Mongolia
  • Maladewa Vs Bangladesh
  • Singapura Vs Guam
  • Yaman Vs Sri Lanka
  • Myanmar Vs Makau
  • Kambodia Vs Pakistan
  • Chinese Taipei Vs Timor Leste
  • Indonesia Vs Brunei Darussalam
  • Hong Kong Vs Bhutan
  • Nepal Vs Laos

Video Populer

Foto Populer