Sukses


BRI Liga 1: PSS Sleman dan RANS Nusantara Bisa Terusir dari Stadion Maguwoharjo

Bola.com, Sleman - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana melakukan revitalisasi stadion-stadion di Indonesia dalam waktu dekat ini.

Total dari 22 stadion, 10 di antaranya yang akan menjadi prioritas renovasi yakni markas klub BRI Liga 1.

Adapun 10 stadion tersebut antara lain, Stadion Maguwoharjo, Stadion Pakansari, Stadion Patriot Chandrabhaga, dan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Kemudian Stadion Indomilk Arena, Stadion Wibawa Mukti, Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Stadion Jatidiri, Stadion Demang Lehman, Stadion B.J Habibie, serta Stadion Segiri.

Stadion-stadion ini bakal dipugar agar sesuai standar FIFA. Renovasi stadion di Tanah Air tersebut merupakan instruksi khusus dari Presiden Joko Widodo. Sedangkan proses renovasi sepenuhnya menjadi tanggung jawab dari Kementerian PUPR.

Sejauh ini baru ada beberapa stadion di Indonesia yang menempati standar FIFA. Sebut saja Stadion Manahan, Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Stadion Jakabaring, serta Stadion Kapten I Wayan Dipta.

 

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Sudah Bersurat

Soal rencana renovasi tersebut, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Stadion Maguwoharjo, Sumali membenarkan kabar tersebut.

Pihaknya bahkan sudah menerima surat pemberitahuan dari Kementerian PUPR beberapa waktu lalu.

"Iya benar, beberapa waktu yang lalu kami menerima surat pemberitahuan dari Kementerian PUPR," ujar Sumali kepada Bola.com, Rabu (20/9/2023) siang.

"Surat itu perihal permintaan data rangka rencana renovasi stadion," sambungnya.

 

 

3 dari 5 halaman

PSS dan RANS Nusantara Terusir?

Stadion Maguwoharjo dipakai menjadi home-base dua tim di BRI Liga 1 2023/2024. Selain PSS Sleman, stadion yang terletak di kecamatan Depok, Sleman itu juga digunakan oleh tim milik Raffi Ahmad, RANS Nusantara.

Seiring dengan pelaksanaan renovasi, klub yang stadionnya direnovasi harus mengungsi sementara waktu. Mereka dipersilakan untuk mencari stadion alternatif untuk menjamu lawan-lawannya.

"Ini kan kompetisi masih sampai April tahun depan jadi masih panjang. Ya, tentu akan geser kalau sudah mau dikerjakan renovasi dari PUPR dan kami harus mencarikan tempat tim untuk stadion sementara," kata Sumali.

"Kalau stadion mana ya monggo, nanti mereka mau di Stadion Mandala Krida atau Stadion Sultan Agung (SSA). Mungkin satu-satunya pilihan dan terdekat ya SSA Bantul yang ada lampunya," tambah dia.

 

 

 

4 dari 5 halaman

Banyak Catatan

Pada akhir tahun 2022 Stadion Maguwoharjo telah mendapat verifikasi dari Polda DIY serta Kementerian PUPR.

Saat itu, pengelola stadion ngebut melakukan pembenahan dengan melengkapi Standar Operasional Prosedur (SOP) dasar dan sejumlah perlengkapan lainnya.

Beberapa pembenahan stadion juga sudah dilakukan secara bertahap. Pihak UPT Stadion Maguwoharjo memprioritaskan hal-hal yang utama atau mendesak untuk memenuhi syarat layak pakai sebagai venue pertandingan Liga 1.

Salah satu yang menjadi catatan yaitu perihal lampu penerangan Stadion Maguwoharjo. Pasalnya, syarat layak penggunaan lampu lapangan dari PT LIB sebesar 1200 lux, sedangkan stadion berkapasitas kurang lebih 30 ribu penonton itu cuma berkekuatan 900 lux.

5 dari 5 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer