Sukses


Mengenal Uzbekistan, Calon Lawan Timnas Indonesia U-24 pada 16 Besar Asian Games 2022

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-24 akan bersua Uzbekistan pada laga 16 besar Asian Games 2022, Kamis (28/9/2023) sore WIB. Lantas, siapakah Uzbekistan, satu di antara tim yang terletak di kawasan Asia Tengah tersebut?

Duel Timnas Indonesia U-24 kontra Uzbekistan akan digelar di Shangcheng Sports Centre Stadium, Hangzhou. Timnas U-24 lolos ke-16 besar dengan status satu di antara peringkat tiga terbaik.

Di sisi lain, Uzbekistan merupakan juara Grup C Asian Games 2022. Sehingga skuad Garuda Muda wajib mewaspadai kualitas dari tim berjulukan White Wolves itu.

Lalu, seperti apa fakta menarik Uzbekistan yang bakal jadi lawan Timnas Indonesia U-24 pada 16 besar Asian Games 2022? Berikut ini lima di antaranya versi Bola.com.

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

Laju Mulus

Uzbekistan memiliki modal besar untuk menghadapi Timnas Indonesia U-24 pada 16 besar Asian Games 2022. Pasukan Timur Kapadze melaju mulus ke fase knock out.

Uzbekistan menyapu bersih dua laga penyisihan Grup C Asian Games 2022 dengan kemenangan. Uzbekistan mengalahkan Hong Kong sebanyak dua kali dengan hasil 1-0 dan 2-1.

 

3 dari 7 halaman

Sekali Juara

Asian Games 2022 menjadi edisi kedelapan buat Uzbekistan. Sejak berpisah dari Uni Soviet pada 1990, Uzbekistan tercatat sudah sekali meraih medali emas Asian Games.

Pencapaian itu diraih Uzbekistan pada 1994 ketika masih menggunakan tim senior. Adapun pencapaian terbaik dengan skuad U-23 adalah perempat final pada edisi 2006, 2010, dan 2018.

4 dari 7 halaman

Catatan Gemilang

Uzbekistan wajib diwaspadai Timnas Indonesia U-24. Jasurbek Jaloliddinov dkk. punya catatan positif dalam beberapa laga.

Uzbekistan selalu menang dalam tujuh laga terakhir yang dimainkan di berbagai ajang. Terakhir kali Uzbekistan kalah terjadi pada 27 Maret 2023 saat menyerah 0-3 dari Maroko.

 

5 dari 7 halaman

Mesin Gol Tajam

Uzbekistan memiliki pemain-pemain yang bisa diandalkan dalam mencetak gol. Timnas Indonesia U-24 wajib mewaspadai sejumlah nama yang ada di skuad Uzbekistan.

Mereka adalah Ulugbek Khoshimov, Jasurbek Jaloliddinov, dan Khusayin Norchaev. Ketiganya merupakan pemain paling tajam yang ada di skuad Uzbekistan pada Asian Games 2022 dengan koleksi delapan gol.

 

6 dari 7 halaman

Empat Pemain Abroad

Uzbekistan memiliki empat pemain yang berkarier di luar negeri. Mereka adalah Ibrokhimkhalil Yuldoshev, Khojimat Erkinov, Khusayin Norchaev, dan Ruslanbek Jiyanov.

Semuanya berkarier di klub elite Liga Rusia. Adapun sisanya merupakan pemain yang berkarier di klub elite Uzbekistan semisal FK Olympic Tashkent.

 

7 dari 7 halaman

Head to head

Sejauh ini, Timnas Indonesia U-24 belum pernah bersua Uzbekistan di ajang resmi. Selain itu, pertemuan Timnas Indonesia kontra Uzbekistan di berbagai kelompok umur terbilang minim.

Adapun Timnas Indonesia senior baru dua kali berhadapan dengan Uzbekistan di ajang resmi. Itu terjadi pada Kualifikasi Piala Dunia 1998.

Kala itu, kedua tim tergabung di Grup 5 Kualifikasi Piala Dunia 1998 zona Asia. Di grup tersebut juga ada Kamboja dan Uzbekistan.

Dari dua pertandingan menghadapi Uzbekistan pada ajang tersebut, Timnas Indonesia hanya mampu meraih sekali hasil imbang dan sekali kalah.

Persinggungan terakhir Timnas Indonesia versus Uzbekistan terjadi belum lama ini. Hal itu berlangsung pada Piala Asia U-20 2023 pada Maret lalu.

Saat itu, Uzbekistan memang menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Timnas Indonesia U-20 mampu menunjukkan perlawanan sengit, dan menahan Uzbekistan dengan skor 0-0.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer