Sukses


Prediksi Arema FC Vs PSS Sleman di BRI Liga 1: Misi Sulit Tim Singo Edan Keluar dari Papan Bawah

Bola.com, Jakarta - Arema FC dihadapkan empat laga berat pada pengujung putaran pertama BRI Liga 1 2023/2024. Ada dua tim papan atas Borneo FC dan Madura United yang bakal dihadapi.

Selain itu, juara BRI Liga 1 musim lalu, PSM Makassar, menjadi lawan Tim Singo Edan. Namun yang terdekat, Arema FC bakal berjumpa dengan PSS Sleman di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Sabtu (30/9/2023).

Jika melihat posisi di klasemen, PSS lebih baik dibandingkan Arema. Meski empat pertandingan beruntun gagal menang, PSS Sleman masih berada di urutan ke-10 klasemen sementara Liga 1.

Adapun Arema FC, masih terjebak di zona degradasi, tepatnya urutan ke-16 dengan 10 poin. Namun, bukan berarti Tim Singo Edan ingin menyerah begitu saja.

Sejak ditangani pelatih Fernando Valente, Tim Singo Edan lebih berkembang. Arema FC meraih delapn poin dalam lima laga terakhirnya. Tidak terlalu buruk bagi tim papan bawah.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

Target Keluar dari Zona Degradasi

Justru PSS Sleman dijadikan Arema sebagai target awal untuk memangkas jarak dan segera keluar dari zona degradasi. Sebab, Arema FC berjarak empat poin dari Persita Tangerang yang satu tingkat di atasnya.

"Kami sudah bekerja keras minggu ini. Ini kami jadikan awal untuk kembali berproses. Kami akan bermain dengan tim yang baru dan berusaha memberikan hasil yang terbaik," tegas pelatih Arema, Fernando Valente.

Ini jadi sinyal jika Tim Singo Edan akan menampilkan komposisi pemain yang berbeda. Lantaran pada laga sebelumnya, performa Arema kurang greget saat takluk 1-3 di markas Persebaya Surabaya.

 

3 dari 7 halaman

Gustavo Almeida Kembali Tampil

Kebetulan, saat ini dua stoper Ichaka Diarra dan Bagas Adi sudah pulih dari cedera. Selain itu, striker haus gol, Gustavo Almeida, sudah kembali dari sanksi akumulasi kartu.

"Lihat nanti apa yang akan terjadi. Karena laga ini sangat penting. Kami membutuhkan poin untuk memperbaiki posisi di klasemen," lanjut mantan pelatih Shakthar Donetsk U-19 tersebut.

Namun, optimisme Arema bukan berarti memandang PSS sebelah mata. Fernando paham jika PSS bukan lawan ringan.

"Mereka tim bagus. Sama seperti Borneo FC, Persebaya atau lainnya. Pada laga ini, kami bisa mengerti di level mana permainan Arema. Tentu kami harus belajar. Kekalahan bukan berarti semua yang dilakukan salah. Begitu juga saat menang, tidak selalu benar. Kami masih berproses," terang pelatih 64 tahun itu.

 

4 dari 7 halaman

PSS Tak Ingin Kecewakan Suporter

Sementara itu, di kubu PSS Sleman menganggap duel kontra Arema FC merupakan laga yang penting. Bahkan sebelum berangkat ke Bali, sesi latihan PSS dihadiri banyak suporter. Fans memberikan dukungan semangat agar Tim Super Elja bisa menekuk Arema.

Lantaran sudah empat laga berlalu tanpa kemenangan. Sehingga Kim Kurniawan dkk. diharapkan bisa membuat Arema sebagai tumbal untuk kembali meraih tiga poin.

"Sejauh ini kami sudah menghadapi tim besar. Borneo, Persebaya, PSM, Madura United dan lainnya. Selanjutnya, bertanding melawan tim yang berjuang dari posisi bawah. Posisi mereka sebenarnya tidak harus di sana," ujar pelatih PSS, Marian Mihail.

"Arema adalah tim yang punya kualitas dengan pelatih bagus. Pertandingan yang berat. Namun, terima kasih fans sudah datang mendukung ke tempat lathan agar kami bisa menang. Karena laga ini suatu yang spesial untuk mereka," jelas pelatih PSS, Marian Mihail.

 

5 dari 7 halaman

Waspadai Semangat Arema

Seperti diketahui, kedua tim tersebut punya basis suporter besar. Beberapa tahun terakhir, dua suporter hubungannya merenggang. Sehingga ada gengsi tersendiri bagi kedua tim untuk memberikan kemenangan bagi pendukungnya.

Pelatih PSS mengingatkan agar anak buahnya waspada dengan semangat Arema untuk lepas dari papan bawah. Apalagi, sejak pergantian pelatih, Tim Singo Edan lebih bisa bersaing.

"Pergantian pelatih membuat Arema selalu tampil baik. Hanya saja, ada beberapa masalah keberuntungan, sehingga mereka dapat hasil yang buruk. Nanti Arema pasti memperlihatkan pertandingan yang bagus dan membuat laga ini menjadi seru," tegas pelatih asal Rumania tersebut.

 

6 dari 7 halaman

Perkiraan Susunan Pemain:

Arema FC (4-4-): Julian Schwarzer (kiper); Achmad Maulana, Ichaka Diarra, Bagas Adi, Mikael Tata (belakang); Ginanjar Wahyu, Ariel Lucero, Charles Raphael, Dendi Santoso (tengah); Gustavo Almeida, Dedik Setiawan (depan).

Pelatih: Fernando Valente.

PSS Sleman (4-3-3): Anthony Pinthus (kiper); Ibrahim Sanjara, Leonard Tupahamu, Thales Natanel, Abduh Lestaluhu (belakang); Kim Kurniawan, Kei Sano, Jonathan Bustos (tengah); Ricky Cawor, Hokky Caraka, Riki Dwi Saputro (depan).

Pelatih: Marian Mihail

Prediksi Bola.com:

Arema FC 55 - 45 PSS Sleman

7 dari 7 halaman

Simak Persaingan Musim Ini:

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer