Sukses


Profil 3 Lawan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Babak Kedua: Ada Filipina, Irak, dan Vietnam

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia berhasil lolos ke putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia setelah menyingkirkan Timnas Brunei Darussalam. Berikutnya, Merah Putih akan berjumpa dengan Irak, Vietnam, dan Filipina.

Timnas Indonesia menang agregat 12-0 atas Brunei Darussalam dalam putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Dalam leg kedua di Hassanal Bolkiah National Stadium, Bandar Seri Begawan, pada Selasa (17/10/2023) malam WIB, Timnas Indonesia menghabisi Brunei Darussalam dengan enam gol.

Enam gol Timnas Indonesia ke gawang Brunei Darussalam dibuat oleh brace Hokky Caraka pada menit keenam dan ke-44, Egy Maulana Vikri pada menit ke-42, tendangan penalti Witan Sulaeman pada menit ke-47, Rizky Ridho pada menit ke-63, dan Ramadhan Sananta pada menit ke-82.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

<p>Piala Dunia U-17 - ilustrasi Piala Dunia U-17 2023 Indonesia (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

 

EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia U-17 2023 menayangkan pertandingan-pertandingan penyisihan hingga final di berbagai platform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang muda kelas dunia di Indosiar, SCTV, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Nikmati juga berita-berita eksklusif Piala Dunia U-17 di Bola.com, dengan mengklik tautan ini.  

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Satu Grup dengan Irak

Di Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Timnas Indonesia bakal satu grup dengan Timnas Irak, Timnas Vietnam, dan Timnas Filipina.

Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia akan digelar pada 16 November 2023-11 Juni 2024 dengan setiap tim bertanding enam kali lewat format kandang dan tandang.

Matchday pertama dan kedua Grup F akan berlangsung pada November 2023. Bila berhasil mendepak Brunei Darussalam, Timnas Indonesia dijadwalkan menghadapi tuan rumah Irak pada 16 November 2023.

Lima hari berselang, Timnas Indonesia bakal menjamu Filipina.

Selanjutnya, Skuad Garuda baru akan bertanding lagi pada 21 Maret 2024 dengan bertindak sebagai tuan rumah untuk meladeni perlawanan Vietnam.

Lantas, bagaimana profil para lawan Timnas Indonesia pada putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia?

3 dari 5 halaman

Irak Terkuat

Dari tiga lawan Timnas Indonesia pada putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Irak bisa dianggap sebagai tim terkuat.

Sepanjang 2023, deretan prestasi membanggakan tim Timur Tengah ini. Pertama, mereka meraih juara Arabian Gulf Cup dengan mengalahkan Oman lewat babak tambahan.

Irak juga meraih juara King's Cup setelah mengalahkan tuan rumah Thailand lewat drama adu penalti. Terakhir, mereka menempati peringkat tiga Jordan Tournament yang diikuti oleh Qatar dan Yordania.

Tiga kekalahan diderita sepanjang tahun ini, di mana dua di antaranya didapat saat menjalani laga persahabatan menghadapi Rusia dan Kolombia.

4 dari 5 halaman

Vietnam Musuh Bebuyutan

Berikutnya ada Vietnam, tim yang dalam beberapa tahun terakhir sering menjadi mimpi buruk Timnas Indonesia. Tim berjulukan The Golden Star ini jelas tak mudah dikalahkan.

Merujuk pada enam pertandingan ke belakang, penampilan Vietnam tak bisa dibilang memuaskan. Setelah tiga kali meraih kemenangan atas Hong Kong, Suriah, dan Palestina, mereka menelan tiga kekalahan beruntun.

Vietnam kalah dari China, Uzbekistan, dan terkini dari Korea Selatan. Mereka bahkan tak mencetak satu gol pun ke gawang lawannya.

 

5 dari 5 halaman

Filipina Bisa Merepotkan

Terakhir ada Filipina, tim yang bisa sangat merepotkan Timnas Indonesia. Apalagi performa mereka dalam tiga laga terakhir cukup memuaskan.

Setelah ditahan imbang 1-1 oleh Chinese Taipei, Filipina di luar dugaan mampu mengandaskan Afghanistan dan Kirgistan.

Agaknya Filipina benar-benar menyiapkan siasat untuk memahami sepak bola Timur Tengah, sebab dalam laga uji coba lainnya, mereka juga akan menjajal kekuatan Bahrain.

Pengalaman menghadapi tim bernuansa 'Arab' akan jadi bekal bagus jelang perjumpaan dengan Irak, tim terkuat di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer