Sukses


BRI Liga 1: Persebaya Krisis Bek, Kasim Botan Siap Geser Posisi Hadapi Persis

Bola.com, Surabaya - Winger Persebaya Surabaya, Kasim Botan, berpotensi tampil sebagai bek kanan melawan Persis Solo, Rabu (13/12/2023). Sebab, tim Bajul Ijo kini sedang mengalami krisis pemain belakang untuk laga tunda pekan ke-18 BRI Liga 1 2023/2024 itu.

Situasinya, bek kanan Catur Pamungkas menerima kartu merah melawan Dewa United pada 30 September 2023. Akibat pelanggaran keras yang dilakukannya, dia mendapat hukuman larangan bertanding.

Nah, duel melawan Persis ini merupakan partai tunda, termasuk dalam pertandingan yang membuat Catur harus absen akibat sanksi. Tentu saja, posisi bek kanan akan lowong tanpa kehadiran Catur yang secara reguler bermain di posisi itu.

Tanpa Catur, Persebaya biasanya memainkan Kasim Botan yang notabene merupakan winger kanan.

“Insya Allah kalau pelatih mau taruh di mana saja, saya siap memberikan kemampuan terbaik saya buat tim,” ungkap Kasim Botan.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Andalan

Dalam banyak kesempatan, Kasim Botan mampu tampil apik menjaga sektor kanan pertahanan. Dia juga tidak mengalami kendala penyesuaian, hanya perlu lebih banyak bertahan saja dibanding saat menempati winger kanan.

“Di posisi baru saya siap adaptasi untuk posisi di bertahan, karena kita lihat sekarang musim ini pemain sayap cepat. Menurut saya, kami perlu itu untuk mengantisipasi pemain yang cepat,” imbuhnya.

Selain Kasim Botan, Persebaya sebenarnya memiliki opsi beberapa pemain lain yang juga bisa dimainkan sebagai bek kanan. Dua di antaranya adalah stoper Riswan Lauhin dan gelandang Ripal Wahyudi. 

3 dari 4 halaman

Krisis Lini Belakang

Di sisi lain, Persebaya pun mengalami krisis pemain belakang untuk menghadapi Persis. Ada dua bek lain yang pasti absen dalam pertandingan yang akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya tersebut.

Nama pertama adalah stoper Dusan Stevanovic. Bek asal Serbia itu harus absen sekitar satu bulan karena mengalami cedera engkel saat Persebaya bermain seri 0-0 melawan RANS Nusantara (1/12/2023).

Satu lagi adalah Reva Adi Utama. Dia tercatat menerima dua kartu kuning saat timnya kalah 0-4 dari Persik Kediri pada 27 Oktober 2023 dalam pekan ke-17. Artinya, laga pekan ke-18 melawan Persis akan terkena dampak, termasuk hukuman kartu yang berakibat larangan bertanding.

4 dari 4 halaman

Kerugian Besar

Situasi ini tentu menjadi kerugian buat Persebaya mengingat tiga bek itu sudah jadi andalan sejak awal musim. Apalagi, tak banyak opsi yang dimiliki Persebaya untuk mengisi posisi yang ditinggal tersebut.

Ditambah, Persebaya sedang dalam upaya bangkit dari hasil minor setelah tidak menang dalam tujuh pertandingan terakhir. Terakhir, Bajul Ijo harus puas dengan skor 1-1 saat menjamu Persija Jakarta pada pekan ke-22 (9/12/2023).

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer