Sukses


Para Bintang Jepang, Vietnam, dan Irak yang Bikin Minder Timnas Indonesia pada Piala Asia 2023

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan menghadapi lawan-lawan berat pada Piala Asia 2023 di Qatar. Mereka adalah Vietnam, Irak, dan Jepang.

Piala Asia 2023 akan digelar pada 12 Januari 2024. Hasil drawing menempatkan Timnas Indonesia di Grup D bersama para raksasa.

Tiga lawan Timnas Indonesia memang bakal menjadi tembok besar yang menghalangi mimpi Merah Putih melaju ke partai puncak. Jangankan ke final, untuk lolos dari fase grup saja tidak akan mudah.

Jepang, Irak, dan Vietnam juga dihuni oleh banyak pemain bintang yang bisa bikin Timnas Indonesia minder. Siapa saja? Berikut ini ulasannya:

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Jepang

 

Jepang layak dijadikan sebagai tim terkuat di grup D, dan bahkan masuk favorit juara Piala Asia 2023. Selain dihuni oleh banyak pemain yang berkarier di Eropa, catatan impresif juga digoreskan tim berjulukan Blue Samurai ini.

Skuad Jepang bisa dibilang kombinasi pemain abroad dan juga kompetisi lokal. Bola.com menilai ada dua pemain yang bakal berperan vital buat anak asuh Hajime Moriyasu.

Yang pertama adalah Wataru Endo. Gelandang Liverpool yang juga berstatus kapten Jepang ini akan memainkan peran krusial di lini tengah.

Kemudian yang kedua ada Ritsu Doan, penyerang SC Freiburg. Doan mungkin tidak setenar Kaoru Mitoma ataupun Takumi Minamino, tetapi pemain berusia 25 tahun ini merupakan sosok berbahaya jika sudah berada di kotak penalti.

 

3 dari 4 halaman

Irak

Bagi Irak, Indonesia memiliki arti penting dalam perjalanan sepak bola. Ya, tim yang sekarang duduk di posisi 63 ranking FIFA ini juara Piala Asia 2007 saat Indonesia menjadi tuan rumah.

Singa Mesopotamia terbukti selalu menjadi tim yang sangat menyulitkan buat siapapun. Paham akan menghadapi dua tim Asia Tenggara, yakni Indonesia dan Vietnam, Irak berhasil 'lulus ujian' dengan menjuarai turnamen King's Cup di Thailand pada September tahun lalu.

Irak dihuni oleh banyak pemain abroad, khususnya di Eropa. Satu nama yang cukup familier adalah Zidane Iqbal, gelandang berusia 20 tahun yang pernah membela Manchester United dan kini berseragam FC Utrecht.

Tak kalah menarik, ada Ali Al-Hamadi, penyerang muda yang dipuja-puja fans AFC Wimbledon dan dihormati suporter lawan. Striker berusia 21 tahun itu sudah akrab dengan sepak bola Inggris karena sejak usia 1 tahun, bersama orang tuanya, sudah hijrah ke Kota Liverpool karena peperangan di negaranya.

 

4 dari 4 halaman

Vietnam

Nasib apes dialami Vietnam sebenarnya pada Piala Asia 2023. Kabarnya, ada 10 pemain inti yang mengalami cedera dan tak didaftarkan.

Namun demikian, bukan berarti kekuatan Vietnam melemah. Tim yang sampai ke 8 besar pada Piala Asia 2019 ini tetap dihuni oleh pemain-pemain berkualias.

Pertama, ada Nguyen Quang Hai. Pemain ini dijuluki Lionel Messi-nya Asia Tenggara. Tentu tidak sembarangkan kan julukan tersebut disematkan pada pemain berusia 26 tahun itu.

Kemudian ada pemain berpengalaman Nguyen Van Toan. Pemilik 57 caps ini beberapa kali menjadi momok buat Timnas Indonesia. Duetnya bersama Quang Hai bakal merepotkan pertahanan Skuad Garuda.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer