Sukses


Pertarungan Pelatih Vietnam Vs Timnas Indonesia di Piala Asia 2023: Memori Pahit Philippe Troussier

Bola.com, Doha - Piala Asia 2023 sudah memasuki matchday kedua. Timnas Indonesia akan melanjutkan perjuangannya pada Jumat (19/1/2024) malam WIB.

Timnas Indonesia akan menghadapi sesama tim Asia Tenggara, Timnas Vietnam. Pertandingan itu akan digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar.

Timnas Indonesia dan Timnas Vietnam sama-sama mengincar kemenangan pada laga nanti. Hanya tambahan tiga poin yang akan tetap menghidupkan peluang mereka untuk lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Sebab, keduanya sama-sama menelan kekalahan pada laga perdana fase grup. Timnas Indonesia kalah 1-3 dari Timnas Irak. Sementara Timnas Vietnam menyerah dengan skor 2-4 dari Timnas Jepang.

Bola.com memiliki ulasan mengenai pelatih dari kedua tim. Berikut adalah ulasan khas kami mengenai Philippe Troussier dan Shin Tae-yong.  

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Memori Pahit Philippe Troussier

Timnas Vietnam memiliki pelatih kepala bernama Philippe Troussier. Pelatih asal Prancis ini bukanlah sosok sembarangan.

Troussier pernah menukangi beberapa tim besar Asia. Termasuk Timnas Jepang dan Timnas Qatar. Pelatih berusia 68 tahun itu juga pernah menjadi juru taktik di Marseille.

Namun, Philippe Troussier memiliki memori yang tak menyenangkan saat menghadapi Timnas Indonesia. Hal itu terjadi pada babak grup Piala Asia 2004.

Timnas Qatar yang ditangani Troussier mampu dikalahkan oleh Timnas Indonesia dengan skor 2-1. Budi Sudarsono dan Ponaryo Astaman menjadi pencetak gol Garuda saat itu.

Menariknya, tak lama setelah kekalahan itu, Philippe Troussier didepak dari posisinya sebagai pelatih kepala Timnas Qatar.

3 dari 4 halaman

Shin Tae-yong dan Hantu Bernama Vietnam

Shin Tae-yong sudah menjadi pelatih kepala Timnas Indonesia sejak awal 2020. Namun, ada satu tim yang sampai sejauh ini masih menghantui Shin. Tim yang dimaksud adalah Timnas Vietnam.

Shin Tae-yong sudah berhadapan dengan Timnas Vietnam sebanyak empat kali di level senior. Sialnya, empat laga itu gagal dimenangkan oleh Timnas Indonesia.

Dengan perincian dua kekalahan dan dua laga berakhir imbang. Menariknya, dalam empat pertandingan itu, Timnas Indonesia selalu gagal membobol gawang Vietnam.

Hal serupa tentu tak boleh terulang pada laga nanti. Jika gagal lagi mengalahkan Vietnam, akan semakin banyak keraguan yang mengarah pada Shin Tae-yong. 

4 dari 4 halaman

Jadwal Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Senin  (15/1/2024) pukul 21.30 WIB

Timnas Indonesia Vs Irak

Jumat (19/1/2024) pukul 21.30 WIB

Vietnam Vs Timnas Indonesia

Rabu (24/1/2024) pukul 18.30 WIB

Jepang Vs Timnas Indonesia

 

Video Populer

Foto Populer