Sukses


Hasil Piala Asia 2023: Tajikistan Temani Qatar ke 16 Besar, Posisi Timnas Indonesia di 3 Terbaik Masih Aman

Bola.com, Jakarta Posisi Timnas Indonesia di daftar peringkat tiga terbaik Piala Asia 2023 hingga Senin (22/1/2024) malam masih aman.

Situasi ini setelah tuan rumah Qatar mengalahkan China 1-0 pada matchday terakhir Grup A di Khalifa International Stadium, Al Rayyan, Doha. Gol tunggal Qatar dicetak oleh Hassan Al-Haydos pada menit ke-65.

Hasil ini sebenarnya tak berpengaruh pada tuan rumah. Qatar sudah dipastikan lolos ke 16 besar dengan status juara grup setelah menang dalam dua laga sebelumnya kontra Tajikistan (1-0) dan Lebanon (3-0).

Sementara itu, China menduduki posisi ketiga di grup tersebut dan masih punya peluang untuk lolos ke fase knock out Piala Asia 2023 lewat jalur peringkat tiga terbaik dengan modal 2 poin. 

Tapi, masuknya China ke jalur peringkat 3 terbaik tak akan berpengaruh pada Timnas Indonesia. Skuad Garuda unggul karena mengantongi tiga poin.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Hasil Tajikistan Vs Lebanon

Sementara itu, Tajikistan secara dramatis menumbangkan Lebanon 2-1 di Jassim Bin Hamad Stadium.

Tajikistan menang lewat dua gol comeback pada injury time yang dicetak oleh Parvizdzhon Umarbayev (80') dan Nuriddin Khamrokulov (90+2).

Tajikistan unggul jumlah pemain setelah Kassem Al Zein mendapat kartu merah. Pertandingan ini berjalan panas, banyak terjadi pelanggaran dan friksi antarpemain sehingga tambahan waktu sampai 16 menit. 

Hasil Tajikistan versus Lebanon tak berpengaruh pada posisi Indonesia di 3 terbaik

3 dari 5 halaman

Posisi Indonesia di 3 Terbaik

  1. Bahrain: Poin 3, selisih gol -1
  2. Indonesia: Poin 3, selisih gol-1
  3. China: Poin 2, selisih gol 0
  4. Oman: Poin 1, selisih gol -1
  5. Suriah: Poin 1, selisih gol -1
  6. Palestina: Poin 1, selisih gol -3

Catatan: Posisi empat besar mendapat jatah ke-16 besar

4 dari 5 halaman

Menunggu Grup B

Berikutnya, status Timnas Indonesia di tiga terbaik bakal bergantung pada pertandingan matchday 3 Grup B, yang berisikan Australia, Uzbekistan, Suriah, dan India.

Australia yang akan menghadapi Uzbekistan sudah dipastikan lolos ke fase 16 besar Piala Asia. Sementara Suriah (1 poin) dan India (0 poin) bakal saling bentrok.

Skenario terbaik buat Timnas Indonesia adalah Suriah bermain imbang melawan India. Jikapun India yang menang, maka semua bergantung pada jumlah gol yang mereka ciptakan dan akan dibandingkan dengan produktivitas gol Timnas Indonesia.

 

5 dari 5 halaman

Menunggu Grup C

Grup C juga bisa menentukan nasib Timnas Indonesia. Laga Palestina melawan Hong Kong akan sangat krusial.

Skenario terbaiknya, Palestina dan Hong Kong bermain imbang dengan skor minimal 0-0. Namun jika satu di antara kedua tim tersebut menang, sulit buat Timnas Indonesia lolos.

Jika Palestina menang, maka poinnya akan menjadi 4, sama dengan Uni Emirat Arab. Posisi Timnas Indonesia akan terancam karena hanya mengoleksi 3 poin saja dengan produktivitas 2 gol dan selisih gol -1.

Sementara itu, jika Hong Kong menang, maka poinnya akan 3, sama dengan Indonesia, tinggal kemudian berharap Hong Kong cuma mencetak 1 gol saja, dan Timnas Indonesia bisa mencetak minimal 1 gol.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer