Sukses


Piala Asia 2023: Timnas Indonesia Butuh Gelandang Petarung dan Kuat Pegang Bola untuk Redam Agresivitas Jepang

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan menantang Jepang pada matchday terakhir penyisihan Grup D Piala Asia yang digelar di Stadion Al Thumama Qatar, Rabu (24/1/2024).

Laga ini bakal menjadi duel hidup mati bagi kedua tim. Di atas kertas, dari sisi peringkat FIFA, prestasi, dan materi tim, pasukan Shin Tae-yong jelas jauh di bawah Blue Samurai, julukan Timnas Jepang.

Namun bukan hal mustahil, Asnawi Mangkualam dkk. bisa menjegal langkah Jepang ke babak 16 Besar. Apalagi jika mengamati hasil buruk mereka ketika ditundukkan Irak 2-1.

Maka peluang sekecil apapun masih bisa dimiliki Timnas Indonesia. Lalu, apa yang harus dilakukan STY agar Timnas Indonesia mampu mengimbangi Jepang?

"Lini tengah harus lebih solid lagi. Indonesia butuh gelandang petarung. Mereka harus kuat merebut dan menguasai bola," kata Budiardjo Thalib, pelatih asal Makassar.

===

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Siapkan Tandem Ivar Jenner

Pada dua laga sebelumnya, lanjut Budiardjo, sosok Ivar Jenner punya peran sentral di sektor tengah. Berikutnya, STY harus memilih tandem terbaik bagi Jenner.

"Ivar Jenner punya mobilitas dan passing bola bagus. Dia juga kuat dalam perebutan bola. Tapi lebih afdol lagi, bila dia punya tandem sehati. Sehingga lini tengah Indonesia akan bisa mengimbangi Jepang," ujarnya.

3 dari 5 halaman

Lini Depan Lebih Garang

Sementara Agus Yuwono menyorot dua sektor bek dan striker. "Dua bek kita sedikit bermasalah. Performa Asnawi dan Pratama Arhan menurun. Kalau bisa mereka harus dirotasi," ucapnya.

Mantan jurutaktik Persik ini juga melihat daya dobrak Indonesia masih kurang menggigit. Di Piala Asia 2023 ini, Raphael Struick selalu jadi pilihan utama. Dia memang belum mencetak gol. Tapi dia berkontribusi atas kemenangan Indonesia atas Vietnam 1-0 di laga kedua lalu.

"Penyerang kita kurang tajam. Struick bagus. Marselino Ferdinan juga agresif. Tapi shot on goal keduanya masih kurang. Selanjutnya Indonesia harus lebih banyak melakukan tendangan ke gawang. Apakah itu dari Raphael, Marselino, atau pemain lainnya," tuturnya.

4 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan

Matchday 3 Grup D Piala Asia 2023

Rabu, 24 Januari 2024

  • Jepang Vs Timnas Indonesia
  • Stadion Al Thumama, Doha
  • Kick-off: 18.30 WIB
  • Live: RCTI
  • Live Streaming: Vision+
  • Link Live Streaming: https://www.visionplus.id/channel/2/rcti
5 dari 5 halaman

Klasemen Grup D Piala Asia 2023

Grup D

 Posisi Negara Main Menang Seri Kalah SG Poin
1  Irak  2  2  0  0  5-2  6
2  Jepang  2  1  0  1  5-4   3 
3  Indonesia  2  1  0  1  2-3  3
4  Vietnam  2  0   0  2  2-5  0
Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer