Sukses


4 Hal Positif Timnas Indonesia di Fase Grup Piala Asia 2023: Selalu Bisa Cetak Gol, Assalamualaikum 16 Besar!

Bola.com, Doha - Timnas Indonesia mengakhiri perjuangan di babak grup Piala Asia 2023 dengan menempati peringkat ketiga. Tim Garuda memiliki tiga poin dari tiga pertandingan di Grup D dan tetap bisa lolos ke 16 besar Piala Asia 2023.

Berkat tiga poin itu dan hasil imbang antara Kirgistan melawan Oman, Indonesia lolos ke 16 besar.

Satu-satunya kemenangan Timnas Indonesia di Grup D Piala Asia 2023 diraih saat menghadapi Timnas Vietnam. Saat itu tim asuhan Shin Tae-yong menang dengan skor tipis 1-0.

Sementara pada dua laga yang lain, Timnas Indonesia menelan kekalahan. Tim Merah Putih kalah 1-3 dari Timnas Irak. Kekalahan dengan skor serupa kembali diderita Tim Garuda saat berhadapan dengan Timnas Jepang.

Penampilan Timnas Indonesia di sepanjang fase grup Piala Asia 2023 layak mendapatkan atensi lebih. Paling tidak, ada empat hal positif yang bisa dilihat dari skuad asuhan Shin Tae-yong di sepanjang fase grup ajang tersebut.

Gol-gol tersebut juga berperan penting dalam kelolosan Timnas Indonesia ke fase gugur.

----

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Selalu Cetak Gol

Dari tiga laga di fase grup Piala Asia 2023, Timnas Indonesia selalu bisa mencetak gol. Tim Merah Putih masing-masing mencetak satu gol di setiap laga tersebut.

Marselino Ferdinan mencetak gol ke gawang Timnas Irak. Asnawi Mangkualam membobol gawang Timnas Vietnam. Sementara Sandy Walsh mampu mencatatkan diri di papan skor saat menghadapi Timnas Jepang.

Itu adalah pencapaian pertama Timnas Indonesia di ajang Piala Asia, di mana mereka selalu bisa mencetak gol pada tiga laga di fase grup.

3 dari 5 halaman

Kalahkan Rival Regional

Kemenangan atas Timnas Vietnam dengan skor 1-0 yang diraih Timnas Indonesia jelas menjadi momen yang tak bisa dilupakan di sepanjang babak grup Piala Asia 2023.

Kemenangan itu memang cukup monumental. Itu adalah kemenangan perdana Shin Tae-yong atas Vietnam selama menjadi pelatih Timnas Indonesia.

Selain itu, kemenangan itu juga menjadi kemenangan perdana Timnas Indonesia atas Vietnam sejak semifinal Piala AFF 2016.

4 dari 5 halaman

Tidak Jadi Lumbung Gol

Timnas Indonesia disebut sebagai tim kedua terlemah di Piala Asia 2023 sebelum turnamen itu digelar. Ranking terkini FIFA menjadi patokan.

Namun, Timnas Indonesia mampu membuktikan mereka tak mudah untuk dikalahkan. Gawang yang dijaga Ernando Ari pun tidak menjadi lumbung gol.

Padahal, sebelumnya Timnas Irak dan Timnas Jepang diperkirakan bisa menyarangkan banyak gol ke gawang Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

5 dari 5 halaman

Bertarung dengan Maksimal

Satu hal positif lain yang ditunjukkan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 adalah etos kerja para pemain. Yakob Sayuri dan kawan-kawan tampak tak lelah untuk berjuang.

Bahkan, mereka kerap kali tetap tampil prima hingga akhir babak kedua. Gol menit akhir yang didapatkan saat melawan Jepang menjadi salah satu bukti akan hal itu.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer