Sukses


Perjalanan PSBS Biak Menuju Semifinal Pegadaian Liga 2 2023 / 2024: Tim Badai Pasifik Tampil Luar Biasa

Bola.com, Jakarta - PSBS Biak menjadi satu-satunya wakil Papua yang sukses melaju ke semifinal Pegadaian Liga 2 2023/2024. Lantas, bagaimana perjalanan klub berjulukan Badai Pasifik itu hingga ke empat besar?

PSBS Biak tampil begitu luar biasa sepanjang musim ini. Mereka bahkan tak tersentuh kekalahan pada 12 besar. Dari enam laga yang dijalani, Badai Pasifik meraih lima kemenangan plus sekali imbang.

Hasil positif didapat ketika berjumpa Gresik United, Persewar Waropen, dan Persipal. Menariknya, kemenangan itu diraih dengan skor identik yakni 1-0.

Tiga poin lainnya mereka torehkan saat bersua Persewar (5-2). Sementara itu, hasil imbang terjadi saat bertandang ke markas Gresik United. Pertandingan ini berakhir dengan skor sama kuat 1-1.

PSBS Biak pun mengunci posisi teratas klasemen akhir Grup Z 12 besar Pegadaian Liga 2 2023/2024 dengan raihan 12 poin. Mereka jauh meninggalkan para pesaing semacam Gresik United (8 poin), Persewar (6 poin), serta Persipal (4 poin).

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Superior Sejak Penyisihan Grup

Sejauh ini, pencapaian PSBS Biak tak mengejutkan. Sebab, tim besutan Regi Aditya itu sudah menunjukkan performa gemilang sejak fase grup. Saat itu, mereka juga keluar sebagai juara grup dengan koleksi 26 angka.

Perinciannya, meraih delapan kemenangan, dua hasil seri, dan dua kalah dari total 12 pertandingan yang dilakoni. PSBS Biak juga mencetak 23 gol dan kebobolan sembilan kali.

Adapun dua kekalahan itu terjadi saat bertemu Kalteng Putra. Ketika itu, PSBS menyerah dengan skor tipis 0-1. Hasil minor lainnya didapat saat bermain di kandang Persewar Waropen. Pada duel itu, PSBS juga kalah tipis 1-2.

 

3 dari 5 halaman

11 Laga Tak Terkalahkan

Sejak itu, PSBS Biak tak lagi menelan kekalahan. Ruben Sanadi dkk. sudah tidak terkalahkan dalam 11 pertandingan terakhir. 10 laga di antaranya berakhir dengan kemenangan dan sisanya imbang.

Catatan itu tentu menjadi warning tersendiri bagi tiga tim lainnya yang lolos ke semifinal Liga 2. Ketiganya yaitu Malut United, Semen Padang, dan Persiraja Banda Aceh.

Kans PSBS Biak promosi ke Liga 1 musim depan terbuka lebar. Asal, mereka bisa tetap tampil konsisten pada fase empat besar. Sederet pemain seperti Beto Goncalves, Fabiano Beltrame, Osas Saha, Mamadou Barry hingga Otavio Dutra akan sangat andalkan di semifinal.

4 dari 5 halaman

Skuad Mumpuni

Nama-nama yang disebut di atas memang jadi andalan PSBS Biak sejak awal musim. Kualitas para pemain ini tak perlu diragukan lagi. Mereka juga berstatus pemain naturalisasi.

Mamadou Barry, misalnya. Penyerang gaek berusia 37 tahun itu kini sudah mengepak delapan gol bersama PSBS Biak. Torehan itu lebih baik ketimbang duo striker, Beto Goncalves (5 gol) dan Osas Saha (2 gol).

Selain itu, PSBS Biak juga diperkuat sejumlah pemain berpengalaman lainnya. Mereka adalah Vendry Mofu, Fandry Imbiri, Nelson Alom, hingga sang kapten Ruben Sanadi.

 

5 dari 5 halaman

Jumpa Persiraja Lebih Dulu

Pada semifinal Pegadaian Liga 2 2023/2024, PSBS Biak dijadwalkan menjalani laga away lebih dulu. Mereka akan ditantang Persiraja Banda Aceh.

Duel Persiraja versus PSBS di semifinal leg pertama Liga 2 berlangsung pada 25 Februari mendatang. Laga itu akan digelar di Stadion Langsa, Aceh.

Empat hari berselang, giliran PSBS Biak yang mendapatkan kesempatam menjadi tuan rumah. Pertandingan leg kedua itu rencananya berlangsung di Stadion Mandala, Jayapura.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer